Categories: Otomotif

Sejarah Kunci Mobil Dari Yang Biasa Sampai Yang Paling Canggih

Sejarah Kunci Mobil Dari Yang Biasa Sampai Yang Paling Canggih – Kunci mobil menjadi salah satu benda paling penting. Karenanya jika sampai hilang, maka tak ada pilihan lain selain harus membuat kunci pengganti. Ternyata ada sejarah dibalik kunci mobil ini, mulai dari kunci yang biasa-biasa saja, sampai kunci yang sudah lebih modern. Seperti apa kisah dibaliknya?

Baca juga : Sejarah Mitsubishi, Dulu Perusahaan Pembuat Kapal Laut, Sekarang Buat Mobil
kunci-remote-bmw-seri-7-terbaru

Metamorfosis Kunci Mobil

Dimulai tahun 1949, mobil Chrysler merupakan mobil yang sudah menggunakan kunci yang cukup modern di masa itu. Ketika kunci dicolokkan lalu diputar maka mobil langsung menyala.

Tahun 1965 Ford mengenalkan kunci kontak dua sisi, yang hingga sekaranmg masih digunakan pada model-model saat ini.

Tahun 1980, Chevrolet mengembangkan kunci mobil yang bisa mencegah mobil dicuri orang lain. Dan Chevy menambahkan kode resistor di setiap kunci mobil yang dibutuhkan saat akan menyalakan mobil. Sepertinya, perkembangan kunci kontak mobil sudah mengalami peningkatan secara signifikan pada tahun ini.

Baru pada 1987, kunci mobil berbentuk remote dikenalkan Cadillac. Untuk mengunci dan menutup mobil tinggal tekan tombol. Ternyata tren ini mulai diikuti oleh model lain di tahun 1990-an.

Tetapi Lexus mencari cara lain dengan memotong kunci tersebut menggunakan laser, sehingga sulit diduplikat. Mercedes-Benz mengenalkan ‘Switchblade’ yang dapat mengunci mobil dari jauh. Teknologi switchblade ini juga dipakai VW pada semua mobil produksinya.

Chevrolet kembali mengembangkan inovasi kunci mobil pada tahun 1993 dengan mengenalkan Passive Keyless Entry. Mobil bisa terkunci dan membuka dengan sendirinya tanpa menekan tombol.

Mercy sempat mengembangkan kunci mobil mirip kartu kredit di tahun 2003, sayangnya pengembangan ini tak dilanjutkan karena tak tahan lama. Hingga mereka mengembangkan bentuk kunci yang lebih baik.

Tahun 2004, kembali Chevrolet mengembangkan model kunci yang canggih yaitu model remote yang bisa menyalakan mobil dari jarak jauh.

Dan pada tahun 2016 lalu, BMW mempunyai model kunci mobil yang dilengkapi layar sentuh berukuran kecil  yang canggih sekali. Kunci tersebut digunakan pada Seri 7 dan hanya dengan melakukan perintah, mobil bisa menyala atau mati sendiri.

This post was last modified on 4 Januari 2018 21:23

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Marco Bezzecchi Mengalami Masalah Serius Namun Dia Mampu Memperbaikinya

RiderTua.com - Pada latihan Jumat sore, Marco Bezzecchi mengalami crash dengan Ducati Desmosedici GP23 miliknya di tikungan 1 sirkuit Jerez.…

27 April 2024

Penjualan Mobil Chery Naik Drastis di Q1 2024!

RiderTua.com - Chery mungkin menjadi salah satu merek mobil asal Negeri Tirai Bambu yang sempat diremehkan ketika pertama kali hadir…

27 April 2024

Penjualan Mobil Hybrid Suzuki Catatkan Hasil yang Positif

RiderTua.com - Suzuki telah mencatatkan hasil penjualan mobil yang cukup bagus selama bulan Maret 2024 di Indonesia. Tercatat ada kenaikan…

27 April 2024

Toyota Hadirkan Dua Mobil Listrik Terbarunya!

RiderTua.com - Toyota kini memiliki sejumlah mobil listrik yang dijualnya di pasar global. Salah satunya bZ4X yang menjadi andalannya di…

27 April 2024

Toyota Alphard Kini Lebih Irit Bahan Bakar Dengan Teknologi Hybrid

RiderTua.com - Mobil hybrid Toyota di Indonesia kini cukup banyak modelnya dan dijual dalam harga yang bervariasi pula. Kebanyakan modelnya…

27 April 2024

Jorge Martin : Motor Tidak Ada Getaran!

RiderTua.com - Meski berada di posisi ke-5 dalam timesheet pada latihan hari Jumat di Jerez, Jorge Martin merasa dirinya jauh…

27 April 2024