Recall Besar-Besaran Rem Brembo Akibat Cacat Piston Brake Master Silinder !!!

2
Recall Besar-Besaran Rem Brembo
Recall Besar-Besaran Rem Brembo

Siapa yang tidak kenal pabrikan penghenti laju Brembo yang dipakai di motor sport dan motor balap bahkan di MotoGP. Kali ini mereka mengalami cobaan dengan produknya akhirnya mereka melakukan Recall besar-besaran Rem Brembo akibat masalah Brake Master Silinder .

Brembo master cylinder unit

Masalah ini bersumber dari unit yang sudah sangat terkenal yaitu silinder master PR16 radial Brembo (master cylinder yang sering dipasangkan dengan kaliper Brembo M50 ). Dimana ternyata bagian ini kemungkinan bisa retak pada bagian dalam di pistonnya. Kondisi ini bisa menyebabkan rem depan tidak berfungsi.

Material yang dibuat untuk piston material yang digunakan pada master cylinder, bisa retak saat digunakan pada trek balap. Atau karena seringnya intervensi ABS, atau saat motor jatuh, artinya bahannya kurang joss. Jika piston retak, rem depan tidak berfungsi dengan benar saat proses pengereman dan unjungnya rem depan gagal total.

Master silinder rem brembo

Bahan piston dari sejenis plastik biang keroknya

Pihak Brembo mengidentifikasi bahwa piston yang ‘cacat’ itu terbuat dari sejenis plastik (polifenilena sulfida), dan untuk memperbaiki kondisi ini akan diganti dengan piston berbahan aluminium digunakan sebagai penggantinya.

Seperti artikel sebelumnya dampak cacat produksi ini menimpa pabrikan motor yang memakai part Brembo yaitu Aprilia. Yaitu RSV4 tahun produksi 2016-2017 dan Aprilia Tuono 1100 produksi 2017. Dengan total 1856 unit harus diperbaiki sesuai laporan pada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), karena adanya retak pada piston silinder master ini.

Ducati dan KTM juga di Recall..?

Karena kemungkinan pabrikan roda dua lain juga ada yang memakai paket rem yang menggunakan bahan piston rem master yang sama maka ada dugaan merk lain akan menyusul. Dalam beberapa minggu akan ada banyak merek lain, termasuk Ducati dan KTM(mungkin). Bagaimana jika part ini dibeli di toko sebagai aftermarket masih belum jelas juga. Namun kedepan akan bisa lebih terang benderang info ini.

sumber

2 COMMENTS

Leave a Reply