Bawa Mobil Matik Jalan Jauh, Perhatikan Ini Agar Aman di Jalan

Dalam melakukan perjalanan jauh khususnya mudik bagi pemilik mobil pribadi, tentu yang diperhatikan yaitu memeriksa kondisi mobil. Namun bagi pemilik mobil transmisi otomatis alias matik perlu adanya perhatian lebih, jika dibandingkan dengan yang manual. Bawa Mobil Matik Jalan Jauh Perhatikan Ini Agar Aman di Jalan

Baca juga: Tips Aman Berkendara Saat Hujan Biar Selamat Sampai Tujuan Bro

Sistem Kelistrikan

Dalam hal ini, mobil matik perlu dicek apakah sistem kelistrikannya masih berfungsi dengan baik, khususnya pada komponen aki. Karena jika aki sampai tekor, maka mobil tidak bisa di-starter ataupun didorong. Bisa dibayangkan betapa repotnya jika hal tersebut sampai terjadi di tengah perjalanan.

Oli dan Rem

Selain aki, kondisi oli juga perlu diperhatikan, apakah ada kebocoran oli atau tidak. Jika kebocoran oli dibiarkan, maka transmisinya bisa selip.

Tak lupa, perhatikan kanvas rem dan sistem pengereman. Karena intensitas pengereman pada mobil matik lebih sering dilakukan daripada mobil manual. Akibatnya kanvas rem sering habis lebih cepat dari mobil manual.

Memiliki mobil matik atau manual sih sebenarnya sama saja. Kalo kita rajin mengecek kondisi mobil meskipun tidak untuk jalan jauh juga tak ada salahnya. Jika mobil dirawat bagus maka hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi di jalan misalkan mogok. Emang repot sih dan harus sedikit menyisihkan dana untuk biaya servis berkalanya. Namun agar perjalanan kita nyaman dan aman terkendali itu sih sebanding banget.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page