Kalau Lelah di Jalan, Jangan Malu-Malu ke Rest Area

Yang namanya berkendara pasti sangat melelahkan. Apalagi jarak tempuh yang sangat jauh tentu membuat stamina para pengemudi bisa turun setiap saat. Kalau dipaksa, malah akan jauh lebih membahayakan, bahkan sama buruknya dengan keadaan pengemudi yang mabuk. Kalau Lelah di Jalan Jangan Malu-Malu ke Rest Area

Manfaatkan Rest Area

Untuk itulah pengemudi sebaiknya beristirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan. Paling tidak carilah rest area atau SPBU terdekat. Mengisi bensin sekaligus melepas penat sebentar sambil makan atau minum. Fasilitas SPBU dan area pujasera/food court biasanya tersedia di setiap rest area. Namun jangan berhenti untuk beristirahat di sembarang tempat. Waspada tindak kriminal ada dimana-mana.

Itu merupakan pilihan tepat yang baik, daripada memaksakan diri berkendara dalam keadaan terlalu lelah. Kondisi capek dan lelah mengemudi di jalan bisa berakibat buruk. Tak hanya bagi pengemudi, tapi juga semua penumpangnya.

Memang berkendara dalam jangka waktu lebih dari 3-4 jam lebih (tak berhenti sama sekali), tak hanya berakibatkan kondisi fisik yang kecapekkan tapi juga berakibat tingkat kewaspadaan mulai menurun.

Baca juga: Tips berkendara di malam hari.

Berkendara dalam kondisi fit

Dalam berkendara sangat dibutuhkan konsentrasi yang tinggi. Apalagi saat di malam hari, daya konsentrasi harus dobel. Tentu harus ekstra waspada dengan kendaraan yang terkadang tak dilengkapi dengan lampu utama.

Selain harus meningkatkan kewaspadaan, menjaga kondisi tubuh agar tetap prima dan keterampilan berkendara juga dibutuhkan saat mengemudi. Jika kondisi badan tidak fit terkadang akan susah untuk berkonsentrasi. Selalu sediakan obat, vitamin serta obat gosok (efek hangatnya bisa untuk merelaksasi tangan, leher dan kaki yang pegal) di tas anda Sobat !

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page