Berapa Konsumsi Bahan Bakar Motor MotoGP ? Kenapa Bisa Habis Bensin ?

Berapa Konsumsi Bahan Bakar Motor MotoGP ? Tentunya akan menarik dibahas. Kalau kita dengan motor harian kita full tank bisa dipakai seminggu dengan konsumsi bbm 63 km per liternya power skuitk adalah 8 HP. Nah berapa konsumsi BBM untuk motor prototype yang bisa melaju di angka 300 kpj itu? Tenaga MotoGP adalah 260 HP(Horse Power)… tenaga motor MotoGP bisa ratusan kali lipatnya kubikasi juga 1000cc dan bensin yang boleh dimuat di tangkinya adalah 22 liter saja.Johann Zarco Motogp

Berapa Konsumsi Bahan Bakar Motor MotoGP

Jumlah bahan bakar yang dibatasi memang membuat tim harus pas dalam memperkirakan pemakaian bensin. Bahkan dibantu piranti elektronik canggih buat memperkirakan dan harus memakai gaya balap yang bagaimana. Jarak tempuh yang bisa dicapai mesin MotoGP dengan power 260 HP adalah di kisaran 110 hingga 120 kilometer untuk 22 liter bahan bakarnya.

Trek lurus panjang bikin boros

Sirkuit dengan kecepatan tinggi seperti Red Bull Ring yang butuh akselerasi kuat di trek lurus nan panjang dipastikan akan membuat bahan bakar mengucur deras. Lebih banyak bahan bakar yang dibutuhkan.
tangki dibawah jok

Posisi penempatan bahan bakar

Untuk penempatan bensin posisi yang paling ideal adalah dibawah jok. Tujuannya adalah masalah titik berat. Yang kedua untuk mencegah pergeseran berat mendadak saat berubah arah(meliuk-liuk). Ada semacam spons di tangki MotoGP, jadi tidak akan membuat tumpahan bahan bakar terlalu banyak.

Suhu Bensin

Bahan bakar memang terbatas sesuai aturan namun tim juga memikirkan perlakukan yang ideal. Aspek suhu bensin juga menentukan dengan suhu ideal 15 derajat. Kondisi ini adalah diukur pada saat dari satu jam sebelum balapan. Semua tim pastinya ingin mengisi bahan bakar dengan suhu sedingin mungkin. ada alasan bagus tersendiri apa itu?.

Berapa Konsumsi Bahan Bakar Motor MotoGP

Bobot 22 liter bensin dengan suhu 15 derajat celcius adalah 16,5 kilogram. Jika suhu meningkat misal 25 derajat, berat 22 liter bensin tetap tidak berubah, namun volumenya akan sama dengan bensin sejumlah 22.209 liter, Dimana itu tidak akan sesuai dengan kapasitas tangki yang 22 liter.
Dengan hanya selisih 5(lima) derajat aja, volumenya akan setara 21.791 liter. Jadi dengan suhu “ideal” tadi memungkinkan untuk mengisi lebih banyak bahan bakar di tangki dengan kapasitas 22 liter. Nah rupanya itu tugas tim sampai serumit itu untuk mempertimbangkan bensin saat pengisian saja waktu dan suhunya.
Berapa konsumsi Bahan bakar motogp

Faktor bensin MotoGP bisa boros

Hal apa saja yang pengaruhi boros tidaknya pemakaian bahan bakar motor MotoGP

  • Gaya balap( cara memutar handle gas motor)
  • Berat badan rider
  • Pemetaan yang dipilih rider ( mapping engine)
  • Aerodinamika. fairing yang buruk akan butuh power banyak dan bensin juga ngocor
  • Banyak spin roda saat keluar tikungan saat akselerasi. Juga membuat boros bensin.

Berapa konsumsi Bahan bakar motogp

Kenapa Bisa Habis Bensin ?

Sepeda motor MotoGP harus melahap 28 lap di Sirkuit Misano dengan total jarak tempuh 118.3 km. Semua tim pastinya sudah menghitung dengan tepat berapa bahan bakar yang dibutuhkan selama race. Kan lucu jika habis bensin jelang garis finish. Kan disitu tidak ada jual bensin eceran. Nah yang terjadi dengan Zarco saat di Misano 2017 sesaat sebelum garis finis motor Yamaha Tech3 bahan bakar habis. Zarco kemudian mendorong motor dengan berat 157 kilogram itu hingga finish di posisi 15. Tentunya dengan penjelasan diatas anda sudah tahu jawabnya… Any Questions ?

 

Related Articles

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page