Bisakah Harga Mobil Listrik Lebih Murah dari Mobil Bensin?



mobil listrik hyundai ioniq
(Foto:feber.se) mobil listrik hyundai ioniq

Bisakah Harga Mobil Listrik Lebih Murah dari Mobil Bensin – Mobil listrik menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi emisi karbon yang semakin mengkhawatirkan, yang sebagian besar dihasilkan oleh kendaraan bensin. Tak hanya mesin ramah lingkungan, berbagai teknologi canggih juga disematkan dalam model listriknya.

Harga Mobil Listrik Mahal

Namun, dengan adanya teknologi yang ada pada mobil listrik justru membuat harga jualnya semakin tinggi. Meskipun beberapa negara ada yang memberi insensif agar harga jualnya lebih murah dari harga normal. Itu dilakukan oleh pemerintah setempat yang mendukung pengurangan emisi karbon yang dihasilkan di beberapa kota-kota besar.

Meskipun terjadi penurunan harga baterai, tentu bukan berarti harga jualnya ikut turun. Hyundai memprediksi jika harga tersebut masih akan bertahan (tetap mahal). Kondisi seperti ini tidak akan bertahan, tergantung dengan keadaan pasarnya.

Mengenai Hyundai sendiri, produsen mobil asal Korea Selatan ini dinilai telat masuk ke dalam industri mobil listrik. Sementara produsen lainnya sudah duluan menyiapkan model listriknya, seperti Toyota dengan Sienta Hybrid atau Nissan yang sudah punya dua model, seperti Leaf dan e-Note. Hyundai baru akan meluncurkan model listriknya tahun depan.

Tanggapan Hyundai

Wakil Presiden Senior Hyundai Lee Ki-Sang mengatakan

“Tak ada tanda-tanda yang menunjukkan harga mobil lsitrik akan turun, walaupun sejauh ini memang turun tapi harga  mobil bakalan terus berada disitu”

Baca juga : Regulasi Ban Serep Akan Diubah, Mobil Listrik Welcome to Indonesia ?

Be the first to comment

Leave a Reply