Toyota-Mazda Siap Bangun Pabrik di Amerika Utara



Aliansi mobil Listrik Toyota Mazda
logo toyota mazda

Toyota-Mazda Siap Bangun Pabrik di Amerika Utara – Tak hanya bersanding dengan Daihatsu, Toyota mulai menjalin kerjasama dengan Mazda. Dan dari hasil tersebut, kedua produsen mobil ini sepakat untuk membangun pabrik perakitan mobil di Amerika Utara di kuartal pertama tahun 2018.

Baca juga :Tiga Merek Mobil Paling Memuaskan Konsumen 2017

Nilai Investasi Yang Besar

Namun, keduanya masih belum memastikan lokasi untuk membangun pabrik yang menghabiskan investasi sebesar 1,6 miliar dolar AS. Pembangunan pabrik ini bertujuan untuk menambah kapasitas produksi agar memenuhi semua permintaan di AS yang tinggi.

Selain lokasi, masalah kedua yang juga dihadapi adalah kebijakan Presiden AS Donald Trump. Jika Amerika Utara benar-benar keluar dari perjanjian perdagangan bebas tiga negara (AS, Kanada, Meksiko), maka semua rencana yang dibuat Toyota-Mazda akan ‘gatot’ alias gagal total.

Pabrik tersebut rencananya akan digunakan untuk merakit mobil SUV Mazda dan Toyota Corolla. Sementara pabrik milik Toyota yang berlokasi di Kanada juga akan digunakan untuk merakit SUV-nya.

Ini sangat relevan karena tren pasar di AS, konsumen disana lebih menyukai mobil-mobil SUV yang multi fungsi. Tren ini sekaligus menggeser pesona mobil sedan yang beberapa tahun lalu menjadi idola disana.



Be the first to comment

Leave a Reply