Categories: MotoGP

MotoGP 2018 Nasib Valentino Rossi dan Team Yamaha

Musim balap 2017 kurang begitu menggembirakan buat Tim Yamaha Movistar semua bersumber dari paket mesin yang kurang kompetitif tahun ini, soal skill rider tentunya tidak diragukan lagi Valentino dan Vinales bahkan sempat berada di depan paruh pertama musim ini dan Honda merasa Tim Yamaha merupakan ancaman utama musim ini.
Namun apa yang terjadi justru tim Ducati yang mampu memberikan perlawanan di paruh kedua musim dan tim Yamaha terlihat melempen.

Rossi Tech3 Zarco

Mesin M1-2016 lebih perkasa

Dalam beberapa latihan dan Race memang Yamaha versi lama lebih bandel dengan segala cuaca baik trek kering maupun trek basah selalu memiliki kecepatan yang mumpuni, Tim Yamaha Tech-3 selalu berada dekat dengan Tim pabrikan atas dan menjadi juara tim independen ( satelit).
Hal ini sudah merupakan bukti bahwa motor tahun lalu masih punya ‘sesuatu’ yang tidak boleh dibuang untuk musim balap 2018.
Bahkan Valentino Rossi ngotot jajal ulang motor M1-2016 lagi minggu ini sebagai awal persiapan pembentukan paket motor 2018 artinya memang ada sesuatu dari M1 lama yang akan dibawa untuk musim depan, dikombinasikan dengan paket 2017 dan penyempurnaan dengan solusi teknis terbarukan, pakai yang bagus dan buang yang kurang kompetitif.
Seperti Honda yang melakukan perubahan total dan radikal terhadap mesin RC213V karena versi lama kurang bagus dan ditinggalkan dan memakai versi terbarukan jika ingin punya masa depan di 2017 dan terbukti tahun ini.

Ducati Yamaha Motogp

Siklus performa tim balap papan atas

Tim papan atas seperti Yamaha, Honda dan Ducati sepertinya punya siklus prestasi ( diluar skill rider) dimana jika tahun ini secara teknis kalah akan bergantian bangkit tahun depannya karena tentunya kekurangan saat ini dievaluasi dan diperbaharui untuk tahun depannya lagi.
Yamaha pastinya punya senjata rahasia untuk mengatasi masalah ini berangkat dari data yang sudah terkumpul selama musim bergulir, sehingga tahun depan prediksikan akan jauh lebih bagus dari tahun ini.
Dan sepertinya Zarco akan dibekali mesin pabrikan agar masukan data sama banyaknya dengan yang dimiliki Honda ( Cal Crutclow) dan Ducati (Petrucci).

Valentino Rossi

Kado terakhir buat Valentino Rossi

Satu poin yang tak bisa dikesampingkan adalah kemungkinan ini adalah musim terakhir Valentino Rossi. Prediksinya adalah Yamaha dan Rossi akan berusaha maksimal untuk memberikan kado perpisahan terindah buat keduanya. Baik Rossi dan Yamaha akan All Out meracik paket yang kompeitif buat 2018.

Jadi dengan berdasarkan temuan kelemahan tahun ini akan bisa di tutupi untuk tahun depan dengan pertimbangan tiga hal tadi.

 

This post was last modified on 29 November 2019 05:51

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Penjualan Mobil Hybrid Suzuki Catatkan Hasil yang Positif

RiderTua.com - Suzuki telah mencatatkan hasil penjualan mobil yang cukup bagus selama bulan Maret 2024 di Indonesia. Tercatat ada kenaikan…

27 April 2024

Toyota Hadirkan Dua Mobil Listrik Terbarunya!

RiderTua.com - Toyota kini memiliki sejumlah mobil listrik yang dijualnya di pasar global. Salah satunya bZ4X yang menjadi andalannya di…

27 April 2024

Toyota Alphard Kini Lebih Irit Bahan Bakar Dengan Teknologi Hybrid

RiderTua.com - Mobil hybrid Toyota di Indonesia kini cukup banyak modelnya dan dijual dalam harga yang bervariasi pula. Kebanyakan modelnya…

27 April 2024

Jorge Martin : Motor Tidak Ada Getaran!

RiderTua.com - Meski berada di posisi ke-5 dalam timesheet pada latihan hari Jumat di Jerez, Jorge Martin merasa dirinya jauh…

27 April 2024

Chery Tingkatkan Kapasitas Produksi Omoda E5!

RiderTua.com - Penjualan mobil Chery selama beberapa bulan terakhir di Indonesia masih cukup bagus. Terlebih bagi mobil listrik terbarunya, Omoda…

27 April 2024

Dua Motor Ducati Baru yang Segera Meluncur di Indonesia!

RiderTua.com - Seperti yang kita tau, Ducati punya pilihan model yang cukup fantastis dan desainnya keren-keren. Nanti pada tanggal 3-5…

27 April 2024