Apa Itu Parc Ferme di MotoGP ?

Parc ferme MotoGP Qatar
Parc ferme MotoGP Qatar

Parc Ferme atau Parc fermé, secara harfiah dalam bahasa perancis artinya “closed park” atau” Area Parkir Tertutup” adalah area parkir terbatas bagi kendaraan balap, tujuannya agar tidak ada yang bisa lagi mengubah kendaraannya.
Namun sejatinya jika di dunia balap ada dua jenis Parc Ferme yaitu Pre-Race Parc Ferme dan Post-Race Parc Ferme atau bisa disebut tempat parkir khusus sebelum dan setelah balapan.

Sebelum balapan kendaraan balap tadi akan di cek apakah ada penyimpangan dengan regulasi dan demikian juga setelah balapan juga sehingga lokasi parkir ini dibuat tertutup (Parc Ferme/ Closed Parking) bagi siapapun kecuali petugas.
Parc Ferme MotoGP adalah mengacu pada area di Pit Stop/  Pit Line  yang dibuat sebagai tempat parkir motor para pembalap yang naik podium dan akan diwawancarai oleh media. 

MotoGP parc Ferme
MotoGP parc Ferme

Berikut penampakan Parc Ferme di MotoGP

Parc Ferme MotoGP
Parc Ferme MotoGP
Jorge Lorenzo, Movistar Yamaha MotoGP, Yamaha di parc ferme
Jorge Lorenzo, Movistar Yamaha MotoGP, di parc ferme

Arti Lain untuk istilah dalam balap Formula1 menyebutkan bahwa Parc Ferme adalah area dimana mobil balap diparkir setelah sesi Kualifikasi (pre-race) dan setelah balapan(post-race), kru dari tim tidak diperbolehkan memasuki area ini dan dalam pengawasan ketat. dengan adanya Parc ferme ini tim tidak bisa memodifikasi mobilnya sebelum dan setelah balapan, agar panitia bisa secara mudah cek kondisi kendaraan setelah dan sebelum sesuai dengan regulasi atau tidaknya( berat dan spesifikasinya).

Ubahan yang boleh dilakukan di area parkir khusus ini adalah saat ada perubahan kondisi balap misalnya saat wet race atau “perubahan dalam kondisi iklim”, misal sesi kualifikasi kering(Dry Race) sedang dalam lomba terjadi (Wet Race) basah, atau sebaliknya. Dalam kondisi ini FIA memberi izin kepada tim untuk melakukan perubahan yang sesuai dengan setup jenis lomba.

Parc fermé Formula1
Parc fermé Formula1

Be the first to comment

Leave a Reply