Inilah Kenapa Valentino Rossi Tidak Masuk 10 Besar FP Jumat

Valentino Rossi GP Australia 2017 foto yamahamotogp com
Valentino Rossi GP Australia 2017 foto yamahamotogp com

Seri GP Australia dimulai dengan ditandai sesi latihan jumat seperti biasa calon kuat perebutan gelar dunia yaitu Marc Marquez dan Andrea Dovizioso berebut posisi tercepat agar lolos di sesi kualifikai besok sabtu.
Disisi lain tim Yamaha dengan dua pembalapnya menarik juga untuk ditahu kenapa performa mereka seakan hilang terbawa oleh kencangnya angin laut sirkuit Phillip Island?

Maverick Vinales mempunyai tugas khusus untuk memangkas kesenjangan gap nilai sebanyak 30 poin agar bisa merangkak ke posisi dua klasemen pembalap. Memang angin di sirkuit Australia kencang, dan salah satu tantangan alam yang harus dihadapi di seri ini, walau begitu Vinales sempat menjadi tercepat kedua sebelum merubah set up motornya. Pembalap Spanyol itu di sesi latihan bebas pertama/ FP1 berada di tempat kelima, catatan waktu 1’29.781 dan selisih 0.179 detik dari Marc Marquez. Dan di latihan bebas kedua tetap berada di posisi ke lima setelah sempat mengalami kecelakaan di tikungan 8 namun bisa kembali ke motor, dan catatan waktu terbaiknya adalah 1’29.423 detik lebih lambat 0.198 detik dari pembalap pertama.

Maverick Vinales GP Australia 2017 foto yamahamotogp com
Maverick Vinales GP Australia 2017 foto yamahamotogp com

Bagaimana dengan Valentino Rossi setelah alami kecelakaan minggu lalu saat GP Jepang namun tidak membuat cederanya kambuh dia mengawali GP Australia dengan baik, meskipun ada rasa sakit di bahu kanannya, akibat kecelakaan pada minggu lalu itu, sempat masuk 10 besar tercepat namun di akhir  FP1 hanya bisa posisi ke-13 dengan waktu 1’30.553 detik dan lebih lambat 0,951 detik dari pebalap terdepan, Rossi masih berkutat pada set up Yamaha-nya.Lanjut di FP2 memperbaiki catatan waktunya dengan 1’29.977, walau tidak bisa masuk di 10 besar, namun jarak dengan rider tercepat menjadi  0,752 detik.

“Sayangnya posisi itu sangat buruk. Penting untuk mencoba dan tetap berada di dalam top 10 hari ini, karena di sini, di Phillip Island kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dengan cuaca besok, namun demikian setelah banyak melakukan setup feeling dengan motor lumayan bagus. Saya mencoba ubahan yang lain di akhir sesi dengan ban yang lebih lembut, agar memiliki potensi lebih baik, tapi sayangnya ternyata saya tidak terlalu menyukainya, terutama di tikungan cepat, jadi karena hal itulah saya tidak bisa memperbaiki kecepatan saya dan masuk dalam 10 besar. Banyak yang harus kita lakukan, pilihan ban depan dan belakang masih banyak kemungkinan, jadi saya harap kondisinya akan bagus besok(sabtu).” Kata The Doctor

Jadi ternyata Valentino Rossi masih belum menemukan ban yang cocok buat melaju di trek Phillip Island masih banyak pilihan ban, terutama ban asimetrik dan kemungkinan kondisi cuaca saat race nanti perlu beberapa setingan.

Related Articles

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page