Perhatikan Jeep Humvee Seharga 3 Milyar Ini Jatuh dari Langit

Untuk mendukung mobilitas pasukan banyak kendaraan tempur digunakan tentara untuk melaksanakan misi nya salah satu kendaraan yang terkenal dari pasukan Amerika adalah Jeep Humvee ( untuk versi komersialnya adalah Hummer), kendaraan pasukan tempur ini harganya mencapai $220,000 atau setara dengan 2,9 Milyar.
Namun bagaimana jika 3 buah unit jeep ini hancur sia-sia ? kejadian itu terjadi pada saat sedang dilakukan latihan militer dan beberapa kendaraan termasuk Jeep tadi diterbangkan dari pangkalan militer Hohenfels di Jerman dan saat kendraan itu dikeluarkan dengan cara diterjunkan bebas dari sebuah pesawat transport Hercules C-130, terjadi insiden yang tidak di inginkan parasutnya sepertinya mengembang namun sepertinya ikatan yang menjadi penguat saat jeep humvee tadi diterjunkan sepertinya terlepas dan jatuh, bisa dibayangkan akibat kesalahan itu berapa Milyar uang terbuang sia-sia ? Karena sudah pasti tiga Humvee yang jatuh beberapa ratus kaki tadi menghujam ke tanah ( lihat fotonya).

Sebenarnya spesifikasi dari peralatan untuk menurunkan sebuah Humvee dari  udara adalah tiga parasut G-11B dimana masing-masing berdiameter  30,5 meter dan berat  125 kg di ikat ke Humvee, sementara bantalan seperti sarang lebah serta potongan balok kayu ringan ditumpuk di bawah kendaraan demi menyerap goncangan saat pendaratan di tanah.

Tentunya kejadian ini adalah Human error atau bisa jadi ketidak disiplinan oknum militer yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Dan infonya Sersan yang bertanggung jawab atas muatan dikenai tuduhan penghancuran sarana pemerintah dan pengecekan atau prosedur inspeksi yang tidak sesuai. Kerusakan total diperkirakan sekitar setengah juta dolar Amerika, dan jika parasut itu juga rusak, maka pria itu bisa dikenakan hukuman sampai 10 tahun penjara.

 


Video itu adalah kejadian saat latihan parade militer terpenting di NATO yang disinyalir diabadikan oleh anggota tentara Brigade Lintas Udara 173 dan bisa kita simak komentar lucu dari militer yang mengabadikan moment jatuhnya kendaraan militer tersebut.

Jeep Humvee adalah mobil pengintai militer Angkatan Darat AS edan sudah digunakan sejak 1985 memiliki kapasitas ruang bakar 6.200 cc dengan konvigurasi V8 dimana kendaraan kekar ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 152 HP(Tenaga Kuda)  dengan kecepatn maksimun 100 kilo meter per jam tentunya merupakan lambang kekuatan motor medan berat sejati, namun dengan sia-sia diremukkan di tanah.

1 Comment

Leave a Reply