Categories: Sepeda Motor

2018 Suzuki V-Strom 1000 SE ABS

Dikelas adventur produk Suzuki telah berkiprah selama hampir 15 tahun, awalnya diluncurkan dengan penampilan yang identik dan berkelanjutan seperti ini hingga tahun 2012. Saat itulah Suzuki memutuskan untuk memasukkannya lagi melalui revisi ekstensif(secara menyeluruh), sementara yang versi 1000cc dibiarkan tanpa ada perubahan dan secara bertahap dihentikan(discontinue) di beberapa negara karena masalah kesesuaian dengan undang-undang emisi. Pada tahun 2014 Suzuki kembali dengan V-Strom 1000 yang terbaru, atau lebih tepatnya mesin tetap dan hanya frame yang diperbarui dan dilengkapi dengan piranti baru. Kali ini dua V-Stroms tidak terlihat sama.
V-Strom 2017 mempertahankan desain bentuk “paruh burung” di bagian depan , sebagai penghormatan untuk varian DR Big 750 dan 800 cc yang melaju di Dakar pada tahun 1980an dan 90an , bagian ini bertujuan untuk fokus pada penyegaran desain, sekaligus meningkatkan perlindungan aerodinamis.


Mesinnya tidak ada perubahan jadi masih menghasilkan tenaga 99 hp (74 kW) sama seperti sebelumnya. Namun Suzuki memperkenalkan sistem kontrol traksi pertamanya dengan V-Strom 1000 tahun 2014 dan ini berlanjut sampai ke model baru, dapat disesuaikan dalam tiga tingkat (termasuk fungsi tidak aktif).
Hadiah spesial untuk big V-Strom terbaru ini adalah hadir dengan advanced cornering ABS, atau seperti yang disebut Suzuki, Motion Track Brake System yang mengandalkan five-axis inertial measurement unit (IMU) untuk memastikan pengereman yang optimal bahkan di area mid-corner. Sistem ini juga menggabungkan fungsi gabungan, di mana masukan dari rem belakang secara otomatis bekerja di mana diperlukan untuk berkontribusi terhadap hasil berkendara yang paling aman. Memang agak aneh meski Suzuki berinvestasi di IMU yang canggih, tapi sepertinya mereka tidak memasangkannya dengan kontrol traksi juga.


Kit pendukung standar adalah slipper clutch dan sistem bantuan easy start dan low rpm assist terlihat menyebar pada line-up Suzuki.
Di sisi lain, V-Strom 650 memasuki generasi ketiga dengan penampilan baru, tepatnya ditransfer dari model yang lebih besar. Menciptakan identitas keluarga rupanya apa yang ditargetkan Suzuki, sehingga 650cc mendapat desain dan panel instrumen yang sama persis dengan 1000cc.
Secara mekanis V-Strom lebih kecil atau kurang lebih sama dengan model saat ini, karena tidak ada perubahan yang dilaporkan pada frame, suspensi dan rem. Mesin telah disetel dengan permintaan terbaru, dengan mengubah camshaft ke roadster SV 650 terbaru dan mengatur sistem intake dan knalpot motor secara tepat.
Suzuki juga menggabungkan kontrol traksi yang sama dengan V-Strom 1000cc , easy start dan low rpm assist kit, terpadu dengan ABS yang digunakan pada seri 650cc  saat ini.
Tambahan baru yang diperkenalkan pada V-Strom adalah versi XT, yang bedanya hanya pada roda yang kompatibel dengan ban tubeless. Baik versi 1000cc dan 650cc XT dipasang hand guards dan plastic engine protector sebagai standar, namun sama sekali tidak memiliki perbedaan lainnya jika dibandingkan dengan yang model standar.

SPECIFICATIONS
TYPE Sport Touring
BORE 100 mm
STROKE 66 mm
COMPRESSION RATIO 11.3:1
COOLING Liquid
DISPLACEMENT 1037 cc
ENGINE TYPE V Twin
STARTER Electric
VALVE CONFIGURATION DOHC
TRANSMISSION 6 speed
FRONT TIRE 110/80 R19M/C 59V
REAR TIRE 150/70 R17M/C 69V
SEAT HEIGHT 850.9 mm
FUEL CAPACITY 20 liter
WET WEIGHT 231.8 kg

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024