Ternyata ini Rahasia Kecepatan Marc Marquez di Jerez


ktm indonesia

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez memang kurang begitu bersinar kala gelaran awal seri GP musim ini bergulir tampak tenggelam oleh keperkasaan pembalap baru Yamaha Maverick Vinales, namun ternyata tim dan pembalap bersatu padu meramu paket motor yang ciamik buat menghadang laju pembalap Yamaha itu, namun tentunya banyak kendala yang harus dilalui dan memang tidak mudah, beberapa piranti yang cocok buat Dani dan Cal tidak begitu saja cocok dipakai ke motor Marc Marquez karena jelas gaya balap ketiga pembalap Honda ini beda sama sekali.
Lalu rahasia atau kunci kecepatan apa yang membuat Marquez “pulih” dan bisa bertarung di barisan depan lagi di Jerez?

Kunci utama membaiknya kecepatan Marc adalah dengan modifikasi di bagian knalpot baru dimana Dani Pedrosa telah mencicipi knalpot terupdate itu di Austin, dan  Cal Crutchlow juga menghabiskan sebagian besar akhir pekan di Jerez untuk melkukan langkah itu… dan untuk diterapkan ke motor  Marquez  butuh banyak persiapan, dan setelah mencobanya ternyata motor Marc mengalami banyak perubahan di torsi tambahan dan feeling dengan motor semakin membaik… Torsi ini berhubungan dengan akselerasi RC213V, walau sebelumnya tidak semudah itu untuk menerapkan knalpot barunya karena baik buat Cal Crutchlow akan beda dengan gaya balap Marc

“Tentu pertama kalinyaakan membutuhkan banyak pekerjaan, memang benar Cal memanfaatkannya(setup) selama akhir pekan… Aku punya basis sendiri dan  ketika saya mencobanya, itu benar-benar diluar gaya balap saya, namun Tim menyesuaikan segalanya. Mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa dan kami menghabiskan hampir setengah hari dengan knalpot baru…. Kita perlu mengevaluasinya dan mereka perlu percaya bahwa kita dapat menyesuaikan semua hal selama akhir pekan perlombaan atau masih perlu lebih banyak putaran untuk lebih mengerti.”

Lebih jauh klagi Marc mengungkapkan dimana bedanya dengan knalpot lama yaitu pada saat akselerasi sedikit membantu… lebih halus tapi sepertinya ada torsi lagi di sana.. dan masalah yang dihadapi di seri sebelumnya kini bisa dimengerti dengan sedikit lebih baik.

Selain itu adalah faktor ban depan yang lebih kaku disinyalir sebagai hal kedua yang membuat  Marquez semakin membaik dia lebih suka dengan ban itu dan merasa nyaman dan positif dengan ban “lama” karena menurutnya  lebih stabil, baik dalam waktu pengereman atau saat menikung..

Marc Marquez dapat meninggalkan Spanyol  dengan perasaan aman karena sudah bisa mempersempit jarak defisit kejuaraannya lebih jauh lagi, namun dengan knalpot HRC yang terbaru tampaknya meningkatkan feeling dan percaya diri dan ada hubungannya dengan throttle (gas)RC213V 2017, dimana awal musim dia keluhkan hal itu.. artinya dengan temuan baru ini dipperkirakan performanya akan membaik di seri berikutnya..wah..lawan kudu waspada nih..

 

2 Comments

  1. Tuh kan mm93 dgn teamnya itu su dpt solusi mkanya mtornya tra godek2 lg macam tra mau diajak lari kah

Leave a Reply