HRC : BMW lebih besar dari Honda…kenapa Gak total ke MotoGP…???

Pabrikan motor BMW memang terbilang besar juga..pernah punya tim Formula 1 juga… tapi kenapa gak kunjung turun di MotoGP sebagai tim Pabrikan…dan hanya sebagai “Claiming Rule Teams (CRT)” saja dengan menurunkan engine BMW S 1000 RR doang ..?

Hal ini dipertanyakan oleh tim Honda MotoGP… kenapa tidak ikut meramaikan dengan totalitas..membangun motor prototype seperti M1 , RCV dan Ducati GP…??? well sebuah ajakan atau tantangan nih dari HRC…???

Related Articles

59 COMMENTS

  1. karena bagi bmw motogp itu buang2 duit, mending wsbk, karena ngefek langsung ke penjualan street bike mereka. berkaca dari ducati yang gagal total meskipun punya rider sekelas vr46, membuat bmw perpikir 1000X untuk terjun total di motogp dalam musim dekat ini. tapi mereka pernah menyatakan akan terjun total di motogp kelak jika melandri sudah menjadi kampiun di wsbk dengan BMW S 1000 RR-nya… bonuse kok ajinomoto pak rete????

    • bagi pabrikan raksasa arena balapan adalah pengembangan teknologi yg akan di terapkan terhadap motor produksinya…maka wajar saja jika tim sekelas HRC menghabiskan dana puluhan juta dolar pertahun di motogp.
      Balapan WSBK berpengaruh pada penjualan produk?? saya rasa tidak terlalu signifikan..bahkan Ducati yg kuat di WSBK penjualan di kandang sendiri (Italy) masih di bawah japanese brand …apalagi aprilia masih sekedar penggangu.
      Gengsi Utama masih di MotoGP dan efek psikologis penjualan masih ada di MotoGP.

      • @ ranjang ternoda
        Gengsi Utama masih di MotoGP dan efek psikologis
        penjualan masih ada di MotoGP

        —-——–————————————————
        itu di indonesia….
        diluar??

        lihat kasus dimasa yamaha menang beberapa kali oleh vr46,
        nyatanya tidak mempengaruhi penjualan diluar negri(di spanyol yamaha tutup pabrik), tp malah signifikan di indonesia sampai type tertentu berhasil menjadi raja ms di indonesia…

      • @ranjang
        ya iya la……….wsbk memang gak ngaruh pd penjualan produk, krn honprett selalu k.o…….lah honprett raja jualan bebek itik soang unggas….yg nyambungnya ke mtgp……..aneh kan……..hahahahha.
        Tngok juga doong jualan si kawak di kelas moge,lalu… suzy, yamy…dll.
        Mbok ya lepasin dulu kacamata jualan honprett di dalam negeri.

      • Balap WSBK berpengaruh pada penjualan produk? saya rasa itu ada pengaruhnya, hanya di Indonesia aja yg ga berpengaruh dgn produk SuperBike itu sndiri…
        siapa yg tau penjualan SportBike 600 dan SuperBike 1000 di luaran, bisa karna quantity nya tergolong kecil jika dibandingkan dgn market bebek disini, makanya tidak kelihatan… 😆
        kalo utk di indo sndiri penggemar SportBike macam itu uda ga berpengaruh… 😆

      • bagi pabrikan raksasa arena balapan adalah pengembangan teknologi yg akan di terapkan terhadap motor produksinya…maka wajar saja jika tim sekelas HRC menghabiskan dana puluhan juta dolar pertahun di motogp.
        —————————————————————————————————————-
        Kalau di Indonesia teknologi apa yg di pakai buat motor produksinnya ???

      • @all
        contoh chase nya nyebut penjualan di Italy ya so pasti moge dong…kok malah nyamber ke bebek Indonesia??
        “bahkan Ducati yg kuat di WSBK penjualan di kandang sendiri (Italy) masih di bawah japanese brand …”” <<< kurang dipahami ye…di Italy smua brand jualan bebek??
        contoh penjualan paling laku di europe adalah BMW R1200GS touring bike.,kawasaki 1400 ,NC 700 …ndak ada yg di pakai di WSBK tu..

      • @ranjang ternoda
        weleh plintat plintut……ala fbhonprett. Sampe mewek di warung sebelah…….rupanya komen saya sukses membakar kembali.

        well……..tadi bacot nya “Balapan WSBK berpengaruh pada penjualan produk?? saya rasa tidak terlalu signifikan.” LALU dengan plin plannya bacot yg ini :”contoh penjualan paling laku di europe adalah BMW R1200GS touring bike.,kawasaki 1400 ,NC 700 …ndak ada yg di pakai di WSBK tu.”….

        PADAHAL kau jg bacot ini “Gengsi Utama masih di MotoGP dan efek psikologis penjualan masih ada di MotoGP.”………..lah dipake gak itu bebek itik unggas soang honprett di mtgp? Kan ada iklan risol di ternak2kannya….

        jadi…udah beberapa orang yg komen kalo wsbk itu PENGARUH LANGSUNG ke penjualan streetbike, cnth: bmw jualan sprot bike BMW S1000R (gak hanya turing bike skrg) dan pamor kawak zx10r naik, belum lagi aprilia …………….sama dgn pengaruh mtgp di INA utk kelas bebek maupun sprot kecil JUGA mgkn penjualan brand di negara lain….cnth USA, yg jualan moge BRAND duc yg make si hayden.

        Problemnya dgn kau adalah MINDSET MS nya itu kuat……padahal kau tadi bacot soal PENGARUH WSBK dan mtgp ke penjualan. JAdi logikanya, kalo MSnya tinggi berarti WSBK berpengaruh, kalo MS tidak tinggi/naik/menang maka WSBK itu gak berpengaruh.
        Hahahah hahahah……..lagi2 kacamata MS dan honprett menang dimana.

        Pengaruh ke penjualan itu yg penting jualannya NAIK………coi…itu aja udah cukup, gak perlu harus MS menang siapa……….hahahah hahahah

      • @ranjang ternoda

        di SBK yang juara justru Aprillia bukan Ducati om…. kalo lu ambil 1 sample negara doank mah gak ngepek dan cenderung subjektif. alangkah lebih baiknya ente membeberkan negara2 eropa dan amerika khusus superbike nya di penjualan kemudian share dimari. kalo cuma komeng doank mah namanya ngelawak om…

        😉

  2. (sulit merobohkan dominasi pabrikan jepang di motogp karna yamaha dan honda sudah lama di motogp) sepertinya BMW belum perlu terjun dimotogp disebabkan regulasi yang berubah-ubah tiap tahunnya dari mesin ganti kapasitas cc,perangkat elektronik yang mahal,dan masalah sponsor yang sulit,jika pun dipaksakan BMW akan menghabiskan dana riset yang besar dan belum tentu langsung kompetitif, kawasaki dan suzuki saja mundur,sekarang BMW masih sebagai supplier mesin ke tim CRT bisa dikatakan sebagai penjajakan andai niat terjun ke motogp, paling tidak untuk Riset teknologi motor yang turun di wsbk ato motor produksi massal mereka,ingat tim ilmor motogp yang urung tampil di motogp yang disebabkan masalah riset yang besar dan kesulitan sponsor walaupun ilmor adalah perusahaan besar yang ternama di ajang balap F1, F1 Mclaren,sepertinya pabrikan yang bisa masuk ke motogp itu Aprillia dan pasti bisa kompetitif CMIIW

  3. karna motogp itu sekedar gimmick, proyek mercusuar yg hasil risetnya gak akan pernah sampe ke produksi masal karna terkendala masalah harga…wani piro..? Lebih baik konsen ke WSBK.. Hasilnya BMW S1000R,ninja jauh lebih baik dari CBR 1000RR

    • oii banyak pengaruhnya! liat kontrol traksi, ABS, piston tempa, diasil, sistem injeksi, teknologi motogp mungkin bukan yg pertama karena kebanyakan diadopsi dari F1, tp teknologi yg dipake motogp menjadi populer diterapkan di motor masal, liat panigale terinspirasi dari desmo, m1 dari r1, cbr dari rcv, gsr dari rgv, ingat (terinspirasi) tak mungkin semua teknologi motogp deterapkan di motor masal,

  4. ajang WSBK juga jadi ajang riset lo… Lebih bagus malah karna hasilnya bisa diaplikasikan ke produk premium masing2 karna gak terlalu mahal

    • lhaa.. itu dual injector per cylinder sama Honda Electric Steering Damper (HESD) salah satu aplikasi turunan langsung dari protype RCV lho yang dipake CBR series yang dipake di jalan raya maupun kejuaraan superbike/supersports.
      jadi toh turunan teknologi motogp bisa langsung diaplikasi buat motor jalan raya dan buat balap di sirkuit..

  5. mungkin alasannya, krn bmw sadar kalo si ymh dan hnd sudah jauh di depan pengembangannya kalo soal mtgp, krn udah ikut puluhan tahun. Jadi mau mengejar ketertinggalan itu butuh effort super besar.
    Dan belum lagi bmw mungkin tidak terlalu menyukai rules yg ada di mtgp, yg ujung2nya jg menyedot dana terlalu banyak.

    • @Jaos
      Bisa jadi kang untuk saat ini Motogp masih Honda dan Yamaha dan sangat sulit diusik
      BMW mayoritas produknya premium
      , lebih tertarik promosinya ke film atau media yang lain
      Untuk Motogp dianggap tak terlalu mendongkrak penjualan karena di negara dunia ke tiga seperti di sini sulit untuk mendapatkan produknya karena jaringannya tak sekuat Honda dan Yamaha yang notabene mayoritas jualanya adalah motor harian dengan cc kecil

      • sebenarnya profit si bmw relatif lebih besar dikit dari si hnd. Dan brand bmw jauh lebih kuat drpd brand hnd. Jadi kalo promosi merk udah gak masalah besar…dan gak perlu race2 macam mtgp atau wsbk.
        Masih saya tetap perkirakan, itu krn sangat sukar dan harus siap sedia resources yg berlimpah utk mengejar kemajuan si ymh dan hnd yg udah puluhan thn race di mtgp…sementara si bmw selama ini fokus di mtr2 non-sprot bike murni….kan di wsbk jg baru join.

        nampaknya tantangan si shuhei (gak tau ya sumber dimana, malas nyari hahahah) ke bmw lebih kepada menutupi keegoan si hnd risol yg lebih mementingkan pengembangan mtr drpd jualan mtgp oleh dorna yg mengharapkan grid penuh dgn peserta. Hnd jg sadari gak secepat itu bmw bisa ngejar mereka maupun si ymh. Itu wajar kalo pabrikan mentingin pengembangan BUKAN jualan acara mtgpnya itu sendiri (serunya mtgp) yg diinginkan dorna. Ini benturan dua kepentingan. Lagipula anggota MSMA lain macam si ymh dan duc jg setuju dgn si hnd punya usul…………

        Kalo fbhonprett memang cuma bisa melihat dari MS di sini yg isinya bebek unggas itik soang skutik doang makanya tega bacot wsbk gak pengaruh kejualan produk……lah si cbrnya gak menang2…….hahahah……..sementara gambaran lbh besarnya di’sortir’ dgn sengaja.

    • @Jaos
      Bisa jadi kang untuk saat ini Motogp masih Honda dan Yamaha dan sangat sulit diusik
      BMW mayoritas produknya premium
      , lebih tertarik promosinya ke film atau media yang lain
      Untuk Motogp dianggap tak terlalu mendongkrak penjualan karena di negara dunia ke tiga seperti di sini sulit untuk mendapatkan produknya karena jaringannya tak sekuat Honda dan Yamaha yang notabene mayoritas jualanya adalah motor harian dengan cc kecil
      Jika salah silahkan dikoreksi

  6. Tanpa perlu ikutan motoGP pun sudah terbukti kalo produk BMW lebih keren dibanding Honda. Bandingkan BMW S 1000 RR dg CBR 1000 rr ato RCV ….keren BMW S 1000 RR kan…
    Aprilia juga keren performa jg mumpuni…. Kawasaki jg sangar dg ZX10r nya & performanya jg nggilani…

  7. bmw: yo weddi aku rek… lah honda jual jutaan bebek di seluruh dunia. untung nya gueddde banget.. lah aku njual motor gede…paling laku berapa sih di banding bebek…

  8. Wah.. HRC lagi sombong.. (mentang2 punya One Heart. di Indonesia).. liat aja tuh senyum Shūhei Nakamoto yang terkesan …..*

    BMW gak punya pabrik motor di Indonesia bro…
    Trending topiknya: Punya pabrik motor di Indonesia = Sukses di ajang balapan (motogp)

    *koreksi klo salah

  9. Persaingan nih… pabrikan sodara aja yg uda lama terjun masih keteteran…
    BMW s1000r, mngkin byk yg tau motor ini punya power paling besar dibanding semua motor2 superbike dikelasnya (factory), tapi siapa yg tau peforma scr keseluruhanya bigimana…
    jika hanya memperbesar output power mungkin gampang buat semua pabrikan, mau bikin brp HP… tp gak segalanya power besar bakal jd calon Raja…
    BMW ngintip2 sambil belajar x, belum byk pengalaman main nyemplung aja nanti kelelep ndan…

  10. BMW itu kan brand imagenya udah kuat sama halnya seperti harley davidson jadi klo mereka ke motogp cuma sekedar ikut meramaikan aja beda ama pabrikan jepang yang menjadikan motogp sebagai ajang menaikan brand image mereka.

  11. pernah baca tapi lupa di artikel mana…., kalau BMW tidak mau turun di motogp karena motogp telah dirusak oleh Honda dan juga termasuk yamaha….
    dengan kondisi motor motogp honda dan yamaha sekarang, butuh dana yang sangat-sangat besar untuk dapat sekedar kompetitif dengan honda dan yamaha.

    • yah dorna juga galau mulu…gonta ganti…mustinya ketika hrc minta 800..semua nentang donk….ini malah ikut2an…yamaha juga unjuk pamer kekuatan…yah klop lah yamaha dan honda….kasian pabrik kecil kaya suzuki dan kawasaki…nah enaknya nih….rules yg skrg dipatok hingga 5-10 tahun kedepan,,,jadi aman kana research semuanya….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives