Tips Hemat BBM…

Bahan bakar minyak memang tak terbarukan makin lama makin menipis..untuk membuatnya kembali butuh waktu lama… diperkirakan bila jumlah pemakaian tetap seperti sekarang akan habis /masih bisa dipakai sampai 120 tahun lagi.. mungkin cara yang bijak adalah dengan menghemat pemakaiannya sebisa yang mampu kita lakukan… termasuk cara kita berkendara… kalau satu orang bisa menghemat 20% pemakaian BBM dikali ribuan orang berapa BBM yang tidak akan terbuang percuma…? berikut tips menghemat BBM…

Dasarnya kita harus punya niat..komitmen untuk “berhemat” selain itu harus rutin merawat kendaraan kita( servis rutin)…

  1. Jangan memanasi motor terlalu lama..apalagi mesin sekarang sistim pelumasannya bagus.. cukup beberapa menit saja..(bukan 30 menit loh πŸ™‚ )
  2. Servis rutin apalagi medan yang anda lalui berdebu…kenapa…? debu akan menyumbat saluran filter udara (kotoran halus) hal ini akan mengurangi jumlah udara yang masuk dan akibatnya BBM lebih banyak yang terhisap (efek choke) ..
  3. Saat berhenti dilampu merah lama,perlintasan kereta api,drive thrue,antri di POM dll matikan mesin… sia-sia kan..!
  4. Berkendara dengan kecepatan seperlunya rata-rata 60 kpj atau maksimal 80 kpj akan menghemat 21% pemakaian BBM… (kecepatan diatas 100 kpj lebih banyak BBM yang dibakar…)
  5. Jangan salahkan motor boros jika berat motor anda bertambah akibat penggunaan accecories yang banyak misalnya penambahan jangkar kapal πŸ˜€
  6. Cara berkendara yang penuh perhitungan antara waktu rem dan buka gas… gas polll-rem-gas poll- rem… berulang ulang akan lebih boros… perhitungan kondisi jalan sangat bermanfaat misalnya waktu macet dan lengang..terutama matic..angkatan pertama butuh RPM tinggi too…?
  7. Selanjutnya pilih medan :Β  jalan datar lebih hemat dibanding tanjakan.. jalan offroad atau berpasir akan lebih boros 30% dibanding jalan aspal…
  8. Tidak berlaku bagi yang masih disubsidi ortu πŸ˜†

Related Articles

31 COMMENTS

  1. mantab

    9. tangan disekolahin, klo sering betot gas mah percuma mo irit (ga berlaku ma speed freak)

    10. pas dirundung macet, setelahnya jangan langsung betot gas, diurut, selain menghemat BBM juga membikin awet mesin

    11. gunakan alat transportasi alternatif

  2. kok gak ada tips pilih motor 4tak jangan 2tak… ini sudah menghemat 50% lho.. trus pilih injeksi jangan yg karbu… katanya lbh irit 30% .. kenapa gak pilih merk motor irit meski 1sendok teh tp khan lumayan kalau dikumpulkan

  3. kalo matiin motor di lampu merah liat-liat dulu ada polisi apa enggak, kalo ada polisi pikir dua kali deh, bisa ditilang dengan alasan macem-macem

  4. tambahan: jangan pake rem kalau ga perlu πŸ™‚
    eits jangan suudzon dulu, maksudnya kita harus bisa memperkirakan kondisi jalan didepan misal kalau dari jauh kita prediksi kendaraan didepan berhenti atau ngerem maka kita tentukan kapan mulai kurangi gas, so kendaraan yang makin n makin pelan bisa mengurangi pengereman mendadak.
    jangn melakukan akselerasi sebagai gantinya buka aja handle gas sekedar rpm naik dan biarkan dengan gas tersebut(tidak menambah lagi bukaan gas) mesin masih mampu untuk menaikkan rpmnya, begitu selanjutnya untuk gigi yang lebih tinggi.

  5. 7. Selanjutnya pilih medan : jalan datar lebih
    hemat dibanding tanjakan.. jalan offroad
    atau berpasir akan lebih boros 30%
    dibanding jalan aspal…
    8. Tidak berlaku bagi yang masih disubsidi
    ortu
    #################################

    kalau yg masih disubsidi istri…..?
    piye pak rt…
    wkwkwk

  6. Manfaatkan engine brake.
    Pilih rute tersepi
    Jika perjalanan dengan high speed nguntit di belakang mobil. Efek hambatan udara berkurang
    Pake motor keren dengan jok boncenger empuk. Dan todong boncenger suru bayar bensin

  7. “Jangan salahkan motor boros jika berat motor anda bertambah akibat penggunaan accecories yang banyak misalnya penambahan jangkar kapal πŸ˜€ ”

    waduh klo kasus saya sih motor std banget ….. tapi badan saya yang beratnya kayak jangkar wkwkwkwkwkwkw πŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives