[Diskusi]Helm jatuh apakah harus ganti…??

Wong masih bagus kok diganti yo eman bin sayang to… Ada anjuran untuk mengganti helm setidaknya setiap 5 tahun, apalagi  setelah jatuh dengan dampak yang lumayan serius. walaupun helm  tidak tampak kerusakannya, dikhawatirkan akan merubah struktur fungsi keamanan dari helm itu sendiri (stereofoam-nya)apalagi bila dari luar tampak berubah bentuk ..

Kenapa Jatuh Harus ganti…?? Hal ini tampaknya sebuah anjuran yang ‘meragukan’ karena datangnya dari produsen helm sehingga terkesan biar helm mereka laku.. 😀 .tapi tunggu dulu ada penjelasan ilmiah atau teknisnya nih… dimana setelah terjatuh struktur helm(bagian dalam) itu bisa jadi tidak sempurna untuk melindungi kepala kita dari benturan selanjutnya,sehingga kita tidak disarankan juga untuk membeli helm bekas karena kita tidak tahu riwayatnya…jatuh dari ketinggian 3 meter membuat helm tidak layak pakai… sayang kalau helm mahal… tapi lebih sayang nyawa kita too..

Trus faktor apa yang menentukan helm harus cepat diganti…tentu saja intensitas pemakaiannya sering dipakai tidak,sering kena panas..? semakin sering dipakai makin pendek usianya….

BTW sudah berapa tahun usia helm anda…??

Related Articles

47 COMMENTS

  1. tergantung keparahannya, menurutku si kalau masih bisa digunakan untuk jalan pelan2 ya ga usah diganti, tinggal di rapikan 😀 kalau dipake untuk balap ya perlu yang berkualitas teman 🙂 salam kenal yah

  2. harus ganti parete,,, sya pernah mengikuti pelajaran safety riding,,, di situ helm tu di ibaratkan busa sterofom (bahan peredam di dlam helm),, sedangkan kepala kita itu di ibaratkan telur,, dan otak kita adalah isi telur,,,

    selanjutnya telur diletakkan di tengah antara sterofom trus di taruh di dalam kotak. lalu kotak berisi telur & sterofom tsb di jatuhkan pada ketinggian skitar 2 m… setelah di jatuhkan apa yg terjadi??? telur tidak pecah parete….

    namun pas di jatuhkan untuk kedua kalinya dari ketinggian yang sama,,, telur di antara sterofom tersebut pecah,,, mengapa??? karena pada saat jatuh yg pertama permukaan sterofom sudah cacat,,, tidak rata karena benturan telur pda saat jatuh,,,

    yah kira2 otak kita akan seperti itu bila tetap mengggunakna helm yg pernah jatuhhh,,,,

    http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/07/seperti-toyota-mobil-listrik-nasional-di-beri-merek-ahmadi/

    • saat jatuh pertama apakah menag tidak terlihat ada kerusakan? baik kotak ataupun sterofoam?
      jika terlihat maka ganti helm jika sudah mengalami kerusakan/retak dan cat yabg kusam/retak2 karena itu indikasi helm mulai rapuh karena sinar matahari.

      umur helem yg saya gunakan kira2 10 th. dg kondisi jarang terkena sinar matahari.

  3. Semua produk pasti ada usia pakainya, apalagi kalau helm sering jatuh trus udah gak nyaman lg ya segera ganti demi keamanan dan kenyamanan pengguna sendiri

  4. baru setahun trakir… belum pernah jatuh, nanti kalo ada rejeki lebih beli yang baru. hehehe…. 😀

    • Ada solusi mas backstage,
      Pake helm in produknya AHM, insha اَللّهُ aman.

      Motor dikunci triple.

  5. helm ane udah 15 tahun pak RT bekas kaka ane.
    tapi kebanyakan masyarakat lita belum sadar pake helm.
    pake helm cuma biar gak di tilang polisi aja. kalo gak ada polisi ya gak pake helm.
    contohnya di daerah ane di tasikmalaya. kalo dari pagi sampai sore helm tuh wajib pake. tapi kalo udah lewat jam 18.00 polisinya juga cuek,gak pake helm rempet 3 juga gak apa apa.
    ini fakta loh pak RT.

  6. kalo baca di buku helm baik yang beli (merk KYT) atau yang dapet hadiah dari Yamaha… ada tulisannya gitu pak TUa…

  7. idealnya ganti aja. helm yang bagus bukan berarti tahan pecah kalo jatuh. walau jatuh gak terlihat rusak bisa saja sudah ada retak halus tak terlihat mata.

  8. tingkat retak struktur dalam yg tak terlihat emang susah diketahui

    sharing aja…stiker atau apalah yg nempel di helm, mungkin juga ngerubah sifat struktur material helm (perlu pembuktian ilmiah, lem stiker yg merubah dan tidak merubah sifat material helm)

  9. di daerah ane,ada tikungan buta yang dijaga polisi,kalo orang gak pake helm gak pernah ditilang,tapi kalo ngelanggar marka ditilang,ditanyain polisinya jawabny sante “kalo gak pake helm kalo mati cuma sendiri,kalo ngelanggar marka matinya ngajak2 orang”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives