Kenapa Setiap motor jatuh… boncenger selalu jatuh ke arah berlawanan?

image

Sudah tiga kali ini saya mendengar berita kecelakaan yang menimpa boncenger dan berakibat fatal dan saya selalu bertanya2 kenapa pasti berakhir tragis justru pada boncenger.dan rider yang didepan kadang cuma lecet.!
Kejadianya diawali dengan jatuhnya motor karena hilang keseimbangan dan jatuhnya keluar badan jalan..tapi kenapa boncenger jatuhnya selalu kebalikan dari arah jatuhnya motor dan sudah pasti khan kalau dari arah belakang datang kendaraan lain?… wih…..ngerii.. kenapa hal ini bisa terjadi..?? Reflek yang membahayakan?? Sering terjadi kasus kecelakaan diatas….

32 Comments

  1. biasanya itu bagi sebagian boncenger yg pasif gan .. ..
    gak mau pegangan,gak ergonomi,gak flaxible jg .. ..
    contohnya klo biker belok,boncenger tetep tegak.. ..
    maybe yes maybe no .. .. just comment piss ^_^

    • Boleh juga… dari tiga kecelakaan kasus pertama: 2 diantaranya boncenger laki2 dewasa..kasus kedua: anak kecil..tetangga sendiri..kasihan bro…

  2. ane pernah jatoh berdua sama pacar, ane jatoh..dia loncat
    ane lecet2, dia selamat tanpa ada lecet sama sekali…refleknya dia canggih :mrgreen:

  3. kalo boncenger itu yang diblakang yah????
    trus kalo anak2 yang didepan pengemudi,apa namanya….. ❓ :mrgreen:

  4. hem… mungkin karna gaya gravitasi
    coba pak rt berdiri trus ada yg nyapu (nyepak) kakinya dari belakang, pasti gdubraknya kebelakang berlawanan arah juga to

  5. mungkin dlm logi ka si boncenger kalo umpama motor jatuh ke kiri dia pasti kekanan dalam artian mungkin aja dia takut tertindih motor tersebut atau emang reflek dia untuk meloncat dan paling gampang kanan gt kali ya….dan kalo jatuh sebelah kanan juga sama sebaliknya…

    tapi kasihan juga boncenger ya….harusnya si pengendara tu lbh hati2 memastikan kalo mau menyalip lihat kondisi jgn asal bejek gas aja…hmmm

    mungkin itu kang…:)

  6. banyak kemungkinan,seperti yang udah diutarakan pada opini2 diatas,pertama,kesigapan pembonceng tidak sekritis pengendara,karena tidak setiap pembonceng ikut memantau kondisi di depan (arah laju) kendaraan yang dinaikinya. Kedua seperti halnya tadi kasus nyepak kai Pak RT dari belakang,he3 momen stabil pembonceng ada di titik nol yaitu sentral vertikal dari atas kebawah menuju titik tumpu beban (dalam hal ini ban motor),pas pengendara hendak terjatuh karena gerakan motor yang tiba2 (misal selip-roda depan atau sliding-roda belakang) atau ketika pengendara berusaha menghindari sesuatu di depan yang mengakibatkan gerakan motor secara tiba-tiba,ini juga akan menimbulkan suatu momen dadakan secara horizontal yang ‘memukul’ stabilitas momen vertikal yang ‘tidak siap’ sehingga efeknya akan membuat pembonceng jatuhnya seringkali berlawanan dengan arah jatuhnya motor maupun pengendara,sementara pengendara cenderung searah jatuhnya dengan motor karena ‘lebih siap’ sehingga momen horizontal keduanya searah (berbanding lurus). Ketiga ya nasib pemboncengnya mungkin lagi apes,hahahaha….. 🙂

  7. perkiraan 8 dari 10 boncenger kurang atau tidak waspada..
    waktu mengalamin kecelakaan terakhir, lawan yang jadi pengendara cuma patah jari kelingking dan jari manis tangan kanan, sedang boncenger patah tulang paha kaki kiri dan engsel pergelangan tangan kanan bergeser..
    kalo aye sendiri cuma patah tulang 4 jari selain jempol di tangan kiri.. :mrgreen:

      • yach pegimana lagi mbah walo sudah hati2 dan pakai safety gear, sudah takdir 🙂
        maklum pengendaranya sepertinya mabuk.. aye kecepatan sedang kondisi jalan gak menanjak cuma 10 derajat..
        kondisi lawan ngebut dari arah yang lebih tinggi, tau daerah kutorejo sebelum pacet kan? tuh jalan kan rada menanjak.. 🙂
        alhamdulillah cuma bengkok shockbreaker depan dan lampu hancur+spido pecah.. sedang motor lawan hancur nyaris ngga berbentuk dengan ban depan nyaris angka 8 😀
        karena lawan pakai tornado kalo ga salah, rangka depan menekuk ke dalam.. ada bagusnya juga pake motor batangan berat :mrgreen:
        kejadian seminggu sebelum lebaran idul fitri kemarin..
        jarene mercon.. RA TAKON… :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*