Proyek Rahasia Yamaha YZR500 Single-Crank Tahun 2000 Yang Tak Pernah Terungkap !!!

Duel dua tim pabrikan besar Jepang sudah terjadi sejak lama. Pertarungan yang tidak pernah surut. Perebutan gelar bergengsi di kelas MotoGP 500 cc ternyata sengit juga. Tepatnya pertengahan 1980 perang itu dimulai. Mesin kedua pabrikan itu memang terlihat sama (mesin V4). Namun ada perbedaan mendasar pada kedua engine mereka. Honda NSR500 menggunakan single crankshaft( tunggal), sementara Yamaha YZ500 menggunakan dua contra-rotating crankshaft. Namun proyek rahasia Yamaha YZR500 Single-Crank tetap menjadi misteri hingga kini.

Proyek Rahasia Yamaha YZR500 Single-Crank
Yamaha YZR500

Bahkan Insinyur Yamaha infonya putus asa melawan Honda dan bisa menang lagi. Sehingga mereka mengambil cara mudah dengan menanamkan fitur performa motor paling vital dari Honda NSR500. Jelang akhir tahun 1990 Yamaha melakukan hal itu. Memiripkan dengan konsep mesin Honda. Dengan bergabungnya Max Biaggi dan Carlos Checa dari Honda ke Yamaha tahun 1999, Yamaha tambah yakin bisa kalahkan Honda dengan mesin dan rider yang berasal dari Honda juga. Yup Yamaha menyuntikkan teknologi single-crank pada YZR500 sama dengan Honda.

Motor YZR500 yang mirip mesin Honda itu diuji coba di Eropa pada musim panas 2000 oleh rider Marlboro Yamaha  Max Biaggi dan Carlos Checa, kurang dari 18 bulan sebelum GP 500 berakhir, namun menariknya motor itu tidak pernah turun dalam balapan. Entah bagaimana akhirnya Yamaha berhasil menjaga rahasia proyek nya itu…. Sampai sekarang !!

Max Biaggi dan Carlos Checa Yamaha
Max Biaggi dan Carlos Checa Yamaha

Kelebihan Mesin NSR dibanding YZR

Engine single crank NSR mengurangi efek gyroscopic, Ini membuat sepeda motor lebih mudah saat menikung. Mesin single crank NSR juga membuat grip ban depan lebih baik. Dan kelemahan dari mesin Yamaha adalah tidak adanya cengkraman bagian depan Biaggi dan Checa sering mengalami crash akibat front end.. kurang grip. Dan mereka menyimpulkan masalah ada pada konfigurasi mesin YZR, bukan sasisnya.

Namun hingga saat ini mesin baru yang mencontoh dari Honda yang mereka sebut dengan proyek YZR500 0WL ( Yamaha Zinger 500cc  nol WL) hingga saat ini menjadi misteri… Bahkan ketika jurnalis menanyakan kepada Nakajima apakah masih ada foto- foto YZR 0WL dia tertawa dan berkata, “Mungkin 50 tahun dari sekarang …”

Yamaha YZR 500cc Marlboro Wayne Rainey
Yamaha YZR 500cc Marlboro Wayne Rainey

Comments Via Facebook

comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*