Categories: MotoGP

Miguel Oliveira : Barcelona Trek ‘Low Grip’ Harus Mampu Mengatur Ban

RiderTua.com – Di MotoGP musim 2023, GP Catalunya adalah salah satu balapan akhir pekan terbaik bagi Miguel Oliveira. Pembalap yang saat itu membela tim RNF itu menempatkan RS-GP yang berusia 1 tahun di barisan depan dalam kualifikasi (posisi ke-3) dan finis ke-5 dalam balapan yang dimenangkan oleh rekan semereknya Aleix Espargaro dari tim pabrikan Aprilia.

Kini Oliveira mengendarai RS-GP spek 2024 terbaru di bawah bendera Trackhouse Racing, finis ke-8 di Jerez merupakan hasil balapan terbaiknya musim ini.

Miguel Oliveira : Barcelona Trek ‘Low Grip’ Harus Mampu Mengatur Ban

Sementara Aleix Espargaro dan kemudian Maverick Vinales mampu beradaptasi dengan cepat pada RS-GP24 nya, Oliveira belum merasa nyaman dengan motor yang secara aerodinamis lebih canggih itu. Namun performa dirinya dan Aprilia di Barcelona tahun lalu membuat balapan akhir pekan ini menawarkan peluang bagus untuk melakukan terobosan.

Pembalap berusia 29 tahun itu menjelaskan, “Selalu menyenangkan datang ke Barcelona. Ini adalah trek yang menjadi bagian dari hari-hari awal saya membalap, saya selalu membalap di Barcelona. Saya punya kenangan indah di sini bersama Aprilia sejak tahun lalu dan mudah-mudahan bisa membuat kenangan yang lebih berkesan di musim ini.”

Miguel Oliveira – TrackHouse – Qatar

Oliveira melanjutkan bahwa Barcelona adalah trek yang cukup teknis, harus banyak memperhatikan tikungan pertama karena bisa kehilangan banyak waktu di sana. Lalu ada ‘fast section dan double right corner’ di sektor terakhir. “Karena ini adalah trek dengan low grip, kita harus selalu mengatur ban agar tetap kompetitif hingga akhir balapan. Saya sangat percaya diri untuk Barcelona,” ungkap Oliveira.

Di sisi lain, rekan setimnya Raul Fernandez sekarang mengendarai motor spek 2023 yang membawa Aleix Espargaro dan Maverick Vinales merayakan kemenangan ganda Aprilia (finis satu-dua) di GP Catalunya tahun lalu.

Raul yang hasil terbaiknya musim ini adalah finis ke-10 (GP Amerika), mengatakan, “Saya merasa sangat beruntung bisa menjalani 4 balapan di Spanyol (Jerez dan Barcelona). Yang ini spesial, terutama untuk Aprilia karena tahun lalu mereka meraih hasil 1-2 di sini. Jadi bagi saya, sangat menyenangkan bisa balapan di Barcelona karena mengetahui bahwa motor kami bekerja dengan luar biasa di sirkuit ini.”

“Jujur, saya sangat senang balapan di sana setelah kami menemukan lebih banyak kemajuan lagi di Le Mans. Saya senang dengan situasi saat ini dan saya akan pergi ke Barcelona untuk menikmati balapan akhir pekanm karena menurut saya kami bekerja dengan baik,” pungkas rider berusia 22 tahun itu.

Manajer tim Trackhouse Wilco Zeelenberg mengungkapkan, “Melihat kembali apa yang kami capai di sana tahun lalu, ini membuat kita bertanya-tanya di mana potensinya dan apa yang bisa kami capai tahun ini? Terutama karena kami telah menjalani beberapa balapan bagus baru-baru ini. Meskipun Miguel tidak bisa menyelesaikan balapan terakhir di Prancis, secara konsisten kami cepat dan ingin mengambil langkah maju. Menurutku Barcelona adalah tempat yang baik untuk melakukan itu.”

“Kemenangan Aleix di sana tahun lalu sungguh luar biasa dan performa yang sangat kuat, namun balapan yang dilakukan Miguel tahun lalu di Barcelona juga sangat bagus. Raul akan menjalani salah satu balapan kandangnya di Spanyol, jadi itu akan membantu memberikan motivasi ekstra dan kami sangat tertarik untuk melihat apa yang mampu dilakukan kedua pembalap tersebut minggu ini,” pungkas manajer berusia 57 tahun asal Belanda itu.

Seperti sebagian besar pembalap lainnya, Oliveira dan Fernandez belum memastikan tempat mereka di grid MotoGP 2025.

This post was last modified on 23 May 2024 16:23

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil Race 2 WSBK Emilia-Romagna 2024

RiderTua.com, Misano World Circuit Marco Simoncelli - Hasil Race 2 WSBK Emilia-Romagna 2024 ... Balapan kedua (Race 2) Emilia-Romagna berlangsung…

16 June 2024

Hasil Superpole Race WSBK Emilia-Romagna 2024

RiderTua.com, Misano World Circuit Marco Simoncelli - Hasil Superpole Race WSBK Emilia-Romagna 2024 .. Toprak Razgatlioglu mencetak hasil luar biasa…

16 June 2024

Dominique Aegerter : Motor Yamaha Berasap, Kita Sedang Mencari Penyebabnya

RiderTua.com - Balapan Dominique Aegerter berakhir pada lap 11 dari 21 lap race pertama di Misano karena kerusakan mesin pada…

16 June 2024

Shineray Temax T15 : Bebek Sporty ini Punya Stang Mirip Motor Naked

RiderTua.com - Shineray, pabrikan otomotif asal China telah meluncurkan produk baru bergaya bebek underbone unik. Shineray Temax T15 punya bentuk…

16 June 2024

Chery Tiggo 8 Pro Max Dites Tabrak Oleh ANCAP, Ini Hasilnya

RiderTua.com - Chery sebenarnya masih memiliki satu mobil baru lainnya yang belum diluncurkan di Indonesia, yaitu Tiggo 8 Pro Max.…

16 June 2024

Kawasaki Indonesia Hadirkan Warna Baru Z900RS dan Z900RS Cafe

RiderTua.com - Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kembali menghadirkan moge dengan gaya retro, Kawasaki Z900RS dan Z900RS Cafe untuk model 2025.…

16 June 2024