Categories: MotoGP

Pit Beirer : KTM Setara Ducati?

RiderTua.com – KTM menjadi penantang pertama Ducati yang sangat mendominasi MotoGP pada musim 2023. Ketika Pit Beirer (Direktur Motosport KTM) ditanya, di manakah fokus selama pengembangan? Dia menjawab, “Detail secara total, MotoGP sudah sangat mendekati puncak. Perkembangannya sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir, sehingga sulit untuk menemukan kembali ‘roda’nya.”

“Sebuah langkah pengembangan besar akan melibatkan risiko tidak lagi hanya tertinggal 0,3 atau 0,4 detik seperti musim lalu, tetapi mungkin lebih jauh lagi. Pembalap kami secara umum senang dengan RC16. Apa yang kita semua inginkan, seperti grip yang lebih kuat, menikung sedikit lebih baik, dan rem yang lebih stabil. Kami telah menyempurnakan detail di area ini,” imbuh Pit.

Pit Beirer : KTM Setara Ducati?

Bagaimana performanya dalam balapan? “Setiap departemen diharuskan membawa sesuatu, seperti elektronik, mesin, sasis, suspensi. Kami jelas telah melakukan peningkatan pada performa mesin. Tapi kita harus memadukannya dengan elektronik. Dalam hal ‘berbelok’, kita juga memerlukan sasis dan penyesuaian lainnya. Yang terakhir ini, sekali lagi harus bekerja sempurna dengan ban. Secara keseluruhan, kami telah melakukan banyak perubahan kecil yang saling mempengaruhi dan overlap dengan yang lain” jawab Pit Beirer.

Pembalap mana yang Beirer dengarkan dengan cermat selama pengembangan? “Dengan pengetahuannya tentang Ducati, Jack Miller telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motor kami, terutama pada musim semi lalu. Dia juga memberi kami beberapa tips tentang apa yang diinginkannya ketika mengembangkan elektronik. Kami dapat langsung mengimplementasikan beberapa hal, yang lainnya merupakan proyek jangka panjang,” ungkap bos asal Jerman itu.

Jack Miller – Pecco Bagnaia

Pit menambahkan, “Meskipun kami mengalami hari-hari yang sulit bersama musim lalu dalam hal hasil, motor ini sudah menunjukkan ciri khasnya di banyak area. Jack tahu apa yang diinginkannya. Dia adalah aset dan membuat kami lebih baik. Di sisi lain, kami memiliki Brad Binder yang tampil apik selama musim 2023. Tugas kita adalah memberinya alat sedemikian rupa sehingga dia merasa nyaman dengannya. Pedro Acosta perlu beradaptasi sekarang. Augusto Fernandez perlahan mulai mendapatkan keinginan dan idenya tentang apa yang dia butuhkan.”

Banyak pengamat menilai KTM sebagai saingan berat Ducati, bahkan ada yang bilang memiliki kedudukan yang sama. Bagaimana bos balap KTM itu melihatnya? “Targetnya tentu saja menjadi penantang pertama. Ducati melakukan pekerjaan luar biasa. Ada beberapa pembalap kelas atas di antara 8 pembalap mereka seperti Francesco Bagnaia, Enea Bastianini, Fabio di Giannantonio, Jorge Martín, Franky Morbidelli dan dua saudara Marc dan Alex Marquez. Tentu saja merekalah yang harus dikalahkan,” jelas Pit Beirer.

Dia melanjutkan, “Namun kami sudah berada pada posisi yang baik. Tahun lalu kami memposisikan diri kami sebagai musuh terberat mereka. Sekarang kita harus melihat bagaimana Honda dan Yamaha dengan konsesi yang mereka dapatkan. Aprilia melakukan tugasnya dengan sangat baik. Pertama ita harus mendapatkan posisi penantang pertama. Kita harus terus bekerja keras. Sudah jelas, kami ingin menantang Ducati. Mari kita lihat apa yang terjadi. Kami telah mempersiapkan dan mengambil langkah lebih lanjut. Apakah itu cukup? Kami akan bisa melihatnya dalam beberapa minggu mendatang. Tapi saya bisa berjanji bahwa kami bekerja keras.”

Martin – Binder – Pecco

Pabrikan Jepang memerlukan beberapa balapan sebelum konsesi berlaku, bukan? “Hal ini dapat terjadi dengan sangat cepat. Bukan berarti catatan waktu mereka terpaut jauh. Hanya sedikit meraih podium, dan Honda satu kali menang di GP Austin. Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk melawan. Keuntungan terbesar mereka, mereka dapat melakukan tes dengan pembalap sesering yang mereka mau dan di mana pun mereka mau,” ujar Pit.

Bos balap KTM itu menuturkan, “Namun kami tidak ingin membuang-buang energi lagi untuk masalah konsesi. Aturannya sekarang jelas dan sama untuk semua orang. Kami tidak tertarik untuk mendapatkan kembali konsesi kami. Itu berarti kami mengalami musim yang sangat buruk. Kami sangat dekat dan saya merasa tim kami tidak pernah sekuat ini. Kami hanya perlu mempelajari hal-hal tertentu yang belum kami ketahui. Teka-teki menjadi semakin lengkap dan semakin menyenangkan untuk mengerjakan proyek kami.”

Apakah personel ‘kunci’ baru bergabung selama musim dingin? “Kami mampu kembali memperkuat diri di bidang elektronik. Tapi kami sudah berada dalam posisi stabil tahun lalu. Kita dapat melanjutkan dengan tim ini,” pungkas Pit Beirer.

This post was last modified on 1 Februari 2024 09:07

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024

Sergio Garcia : Saya Belum Masuk Radar Mana Pun!

RiderTua.com - Tak ada yang menyangka, pendatang baru tim MT Helmets - MSI,  Sergio Garcia (Boscoscuro) berhasil memimpin klasemen Kejuaraan…

2 Mei 2024

Wuling Hanya Sediakan Satu Varian Untuk Cloud EV

RiderTua.com - Wuling Cloud EV kini sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia beberapa bulan setelah modelnya diperkenalkan ke publik. Mobil…

2 Mei 2024

Warna Baru Yamaha Aerox 155, Tampilan Makin Elegan

RiderTua.com - Hong Leong Yamaha Motor, distributor sepeda motor di Malaysia luncurkan skutik sporty NVX 155 atau Aerox 155 dapat…

2 Mei 2024