Categories: MotoGP

Stefan Pierer : MV Agusta Pabrikan Baru Gantikan Suzuki untuk MotoGP 2027?

RiderTua.com – “Ya, untuk tahun 2027 saya tidak menutup kemungkinan kami akan memasuki MotoGP dengan MV Agusta sebagai brand kami sendiri,” jelas Stefan Pierer CEO Pierer Mobility AG juga memiliki merek KTM, GASGAS, dan Husqvarna.

Ketika diumumkan di GP Austria pada Agustus 2022 bahwa tim satelit Tech3 milik Herve Poncharal akan bersaing di MotoGP dengan KTM RC16 tetapi akan memakai merek GASGAS pada tahun 2023, ini adalah keputusan pemasaran yang jeli dari pabrikan asal Austria tersebut.

Dengan tindakan ini, anggaran sebesar 8,3 juta euro (Rp 141 miliar) dapat dialihkan dari GASGAS untuk tim Tech3 dan merek ini yang telah dihidupkan kembali oleh Pierer, dapat dipresentasikan dan dipromosikan ke seluruh dunia, seperti kemenangan pembalap pabrikan GASGAS Sam Sunderland di Reli Dakar 2022. Tapi GASGAS tidak tampil sebagai merek tersendiri pada kejuaraan dunia merek tahun ini, karena motor V4 1000 cc identik dengan motor KTM yang ditunggangi Brad Binder dan Jack Miller.

Stefan Pierer : MV Agusta Homologasi Sendiri untuk MotoGP 2027?

Stefan Pierer (CEO Pierer Mobility AG dan KTM AG) saat ini juga memiliki 25,1 persen saham MV Agusta Motor dan akan mengambil alih kepemilikan saham mayoritas di sana pada tahun 2026. Dia sedang mempertimbangkan untuk mempromosikan merek MV Agusta (38 gelar Kejuaraan Dunia Pembalap, 37 Gelar Kejuaraan Dunia Pabrikan) menuju Kejuaraan Dunia MotoGP 2027 dengan pengembangannya sendiri.

Sumber Gambar: www.mvagusta.com

Pada titik tertentu, para insinyur di IRTA dan Dorna harus menentukan apa yang harus dilakukan oleh sebuah pabrikan sepeda motor agar dapat menerima lampu hijau untuk homologasinya sendiri bagi pabrikan baru seperti MV Agusta di kelas premier.

Pertama, teknisi yang bertanggung jawab dari Dorna dan IRTA, Corrado Cecchinelli dan Danny Aldridge harus menuliskan apa yang dapat didefinisikan sebagai produk baru. Di buku FIM kita dapat menemukan petunjuk di bawah Pasal 2.4.1. dikatakan bahwa sepeda motor itu harus berupa prototipe.

Dan anggota asosiasi produsen MSMA harus memutuskan sendiri dan bersama-sama tentang persetujuan merek baru. Kemudian Komisi Grand Prix (terdiri dari pejabat dari Dorna, IRTA dan FIM) harus memberikan persetujuannya sebagai otoritas tertinggi. Namun kalau urusan teknis biasanya mengikuti spesifikasi MSMA.

Di tim GASGAS Tech3, KTM cukup menggunakan mesin RC16 setelah melakukan re-branding dengan nama GASGAS, seperti yang juga dilakukan Pierer Group di Moto3 dengan Husqvarna dan CFMOTO.

Untuk melakukan hal ini, semua komponen di MotoGP harus identik dan memiliki konstruksi yang sama. Namun hak konsesi tidak berlaku untuk merek seperti GASGAS karena motor tersebut diklasifikasikan dan dihomologasi sebagai KTM dan merek ini telah meraih terlalu banyak podium dalam jangka waktu yang ditentukan.

Jika suatu hari nanti Pierer Mobility AG (misalnya di MV Agusta tahun 2027) lebih memilih pengembangan terpisah dan oleh karena itu juga akan dievaluasi secara terpisah dalam kejuaraan konstruktor, maka dia harus membuktikan kepada MSMA bahwa merek KTM dan GASGAS adalah beda meskipun memiliki payung yang sama. Pierer Group mewakili dua proyek MotoGP yang sangat berbeda dan oleh karena itu homologasi terpisah harus dilakukan. Bahkan harus dibuktikan kepada GPC bahwa tidak ada pertukaran data dan informasi antara kedua pabrikan di kelas MotoGP.

“Dalam kasus seperti ini, saya berharap akal sehat tetap berlaku dan filosofi asli serta maksud dari peraturan kami dihormati,” kata seorang petinggi yang tidak mau disebutkan namanya.

Bagaimanapun, proyek semacam itu harus terlebih dulu disetujui oleh MSMA dan kemudian oleh Komisi Grand Prix. Jadi pasti ada perbedaan, misalnya rasio bore-stroke, sudut silinder, dan juga pada bagian tenaga tertentu. Seperti diketahui, kapasitas mesin akan berkurang dari 1.000 menjadi 850 cc pada tahun 2027.

“Menurutku, hanya motor 4-silinder dengan bore (diameter dalam) tertentu yang akan diluncurkan pada tahun 2027. Oleh karena itu, mesin 3-silinder tidak mungkin dilakukan meskipun konsep seperti itu secara teknis menarik,” kata desainer mesin KTM Ing. Kurt Trieb.

Kurt Trieb menganggap pengembangan internal MV Agusta untuk tahun 2027 menarik secara teknis. Mengingat situasi geopolitik, inflasi, dan suku bunga yang tinggi, saat ini belum jelas apakah Pierer Mobility AG akan mampu membiayai masuknya MV-Agusta ke MotoGP 850 cc pada tahun 2027 karena kemampuan teknis dan ekonominya.

Hanya sekali sejak dimulainya era baru 4-tak MotoGP pada tahun 2002, sebuah proyek dihentikan oleh otoritas yang bertanggung jawab yakni tim Harris WCM yang terdiri dari Bob McLean dan Peter Clifford harus menarik sepeda motornya dari Kejuaraan Dunia MotoGP tahun 2003 sebelum dimulainya musim di Suzuka-Jepang karena mesin 4- silinder in-line 990 cc terlalu mirip dengan mesin superbike Yamaha R1 dan tidak diklasifikasikan sebagai prototipe. Baru pada bulan September di GP Portugal, konversi Yamaha R1 tim Harris WMC dihomologasi sebagai prototipe.

This post was last modified on 30 Desember 2023 06:46

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Antrian Pesanan Toyota Vellfire Kini Mencapai Enam Bulan!

RiderTua.com - Toyota Alphard dan Vellfire di Indonesia kini mendapatkan model generasi terbarunya setelah sekian lama. Kedua mobil MPV mewah…

5 Mei 2024

Status Quo Kontrak Pembalap MotoGP : Ducati Panas..!

RiderTua.com - Sudah ada beberapa perubahan di bursa transfer fase awal MotoGP musim 2024. Saat ini 16 dari 22 pembalap…

5 Mei 2024

Skutik Italia yang Klasik, Lambretta Resmi Rilis G350 Series II

RiderTua.com - Lambretta, merupakan pabrikan motor asal Italia yang punya desain skutik klasik legendaris. Baru-baru ini mereka telah meluncurkan skutik…

5 Mei 2024

Davide Brivio Ingin Membawa Trackhouse Aprilia Seperti Suzuki

RiderTua.com - Davide Brivio, Manajer tim Trackhouse itu bertujuan untuk mempertemukan mantan pembalap Suzuki Joan Mir dan Alex Rins dalam…

5 Mei 2024

Gresini Mengalami Momen Emas Sejak Marquez Tiba

RiderTua.com - Carlo Merlini, manajer tim Gresini, antusias usai podium diraih Marc Marquez di Jerez. Kemenangan keenam tim satelit di…

5 Mei 2024

KTM Menemukan Sesuatu yang Menarik di Tes Jerez

RiderTua.com - Francesco Guidotti, manajer tim KTM, menyampaikan pendapatnaya setelah tes terakhir, apakah kita akan melihat motor KTM RC16 yang…

5 Mei 2024