Categories: MotoGP

Apakah Gelar Dunia akan Diambil Marquez Tahun Depan?

RiderTua.com – Seminggu setelah menyelesaikan musim MotoGP 2023 di Valencia, FIM menggelar upacara penghargaan bagi juara kompetisi balap roda dua di Liverpool. Para pembalap yang dinobatkan sepanjang tahun ini melakukan perjalanan ke sana, di mana bintangnya adalah dominator kategori tertinggi MotoGP, Pecco Bagnaia, yang mengikuti ritme pertarungan yang dipertahankan Jorge Martin hingga balapan terakhir.

Pembalap asal Italia itu, satu-satunya pembalap bersama Marc Marquez dan Valentino Rossi yang mampu mempertahankan gelar sejak era MotoGP dimulai pada tahun 2022, mengetahui bahwa dia akan menghadapi lawan yang lebih kuat pada tahun 2024 mendatang, tepatnya saat Marc Marquez akan menunggagi motor yang sama yakni Ducati Desmosedici. Dimana dengan motor itu yang memungkinkan Pecco menjadi juara dua kali pada tahun 2023. Apakah gelar dunia akan diambil Marquez tahun depan?

Apakah Gelar Dunia akan Diambil Marquez Tahun Depan?

BTW: Pecco Bagnaia, Bulega, Canepa, Casadei hadir dalam parade bintang di FIM Gala. Pada Sabtu malam Liverpool menjadi tuan rumah FIM Awards, perayaan juara dunia dengan semua nama pemenang untuk tahun 2023.  Ada sekitar 700 orang diundang untuk merayakan acara FIM ke-58, yang diadakan tahun ini di Liverpool dan didedikasikan untuk para juara dunia dari enam cabang olahraga berbeda: Balap Sirkuit, Motocross, Trial, Enduro, Reli Lintas Alam dan Balap Trek. Acara ini dipandu oleh Barbara Pedrotti, James Toseland, Rachel Stringer dan Matthew Roberts. Sebuah acara yang juga menampilkan berbagai bintang Italia, mulai dari juara MotoGP Francesco Bagnaia hingga juara dunia MX2 Andrea Adamo, dari Nicolo Bulega, raja Supersport, hingga Mattia Casadei, juara dunia MotoE pertama, dari juara Endurance Niccolo Canepa hingga Kevin Cristino di Youth Enduro.

Piala FIM

Pertama-tama, beberapa Piala FIM dianugerahkan di Spanyol, trofi Women in Motocycling, penghargaan sepeda motor di sekolah, dan Piala FIM untuk Masa Depan, mengacu pada kompetisi universitas Motostudent. Italia dianugerahi Trofi Lingkungan, trofi “hijau” yang diberikan di Sirkuit Misano selama putaran MotoGP, diakhiri dengan Australia dan Trofi Fair Play untuk The Distinguished Gentleman’s Ride, pertemuan pembalap sepeda motor yang diadakan setiap tahun di dunia pada waktu yang sama. Beberapa penghargaan kemudian diberikan: Jorge Viegas, Presiden, menghadiahkan Medali Emas Nicolas Rodil des Valle kepada Michael Scott, seorang jurnalis yang sudah lama dan sangat berpengalaman, dan secara anumerta kepada Mike Trimby, CEO dan pendiri IRTA yang baru saja meninggal pada 8 September 2023.

FIM Gala – Pecco Bagnaia

Circuit Racing

Giovanni Copioli, wakil presiden Federmoto Internazionale, dan Paul Kingwere, direktur komisi kategori, bertugas memberikan penghargaan pertama. Juaranya adalah: Todd Ellis dan tandemnya Emmanuelle Clement, Juara Sidecar; Karel Hanika, Juara Ketahanan FIM; Mattia Casadei, juara dunia MotoE pertama; Jeffrey Buis, Juara Supersport 300; Nicolo Bulega, Juara Supersport; Angel Piqueras, Juara FIM JuniorGP; Jaume Masia, Juara Moto3; Pedro Acosta, Juara Moto2.

MotorCross

Legenda spesialisasi Dave Thorpe dan Livia Lancelot bertugas mempersembahkan medali kepada semua juara Motocross. Yakni: Aki Pihlaja, Juara FIM Snowcross; Dani Heitink, Juara Motocross Junior FIM 85cc; Mathis Valin, Juara Motocross Junior 125cc; Andrea Adamo, Juara Motocross MX2; Marvin Vanluchene dan tandemnya Nicolas Musset, Juara Motocross Sidecar; Marc-Reiner Schmidt, Juara SuperMoto FIM S1GP; Max Anstie, Juara Dunia Supercross FIM SX2. Juga dalam daftar ada: Ken Roczen, Juara Dunia Supercross WSX, dan Courtney Duncan, Juara Motocross Wanita, yang tidak hadir pada malam itu.

Juara Trial dan Enduro

Penghargaan untuk spesialisasi ini datang dari Ignacio Verneda dan Thierry Michaud, direktur komisi Trial, dimulai dengan juara Emma Bristow, dan kemudian dilanjutkan dengan juara X-Trial Toni Bou, juara Trial2 Billy Green dan juara Trial3 George Hemingway. Berikut adalah juara enduro yang diberikan oleh direktur komisi khusus FIM John Collins bersama Françoise Emery: Billy Bolt, Juara FIM SuperEnduro; Kevin Cristino, Juara FIM Youth Enduro; Jed Etchells, Juara Junior Enduro; Jane Daniels, Juara Enduro Wanita; Brad Freeman, Juara E3 Enduro; Steve Holcombe, Juara E2 Enduro; Josep Garcia, Juara E1 Enduro; Manuel Lettenbichler, Juara Hard Enduro; Mitch Brightmore, Juara Junior Hard Enduro.

Track Racing

Berikutnya giliran para bintang Track Racing, dengan Legenda Barry Briggs dan Direktur FIM Track Racing Armando Castagna memberikan medali kepada juara khusus. Secara berurutan, mereka adalah: Rasmus Karlsson, Juara Dunia FIM Speedway SGP3; diikuti oleh Mateusz Cierniak, Juara Dunia FIM Speedway Under 21 SGP2; lalu ‘gladiator’ Martin Haarahiltunen, Juara Dunia Ice Speedway; Martin Smolinski, Juara Dunia Lintasan Panjang; terakhir Ervin Krajčovič, Juara Dunia FIM Flat Track.

Juara berdasarkan Negara

Ada kategori kejuaraan dunia yang dimenangkan berdasarkan kebangsaan, yaitu muncul sebagai tim untuk negaranya. Presiden FIM Jorge Viegas kembali tampil di atas panggung, mempersembahkan seluruh medali yang diperoleh di kategori ini, dimulai dari Inggris Raya yang menjadi juara Trial of Nations putri, sedangkan Spanyol mengamankan kemenangan di kategori putra. Amerika Serikat meraih prestasi ganda di FIM International Six Days Enduro, mengamankan trofi putri dan putra. Nations Long Track diraih Belanda, sementara Polandia muncul di Speedway, gelar U-21 dan Piala Dunia. Terakhir Perancis yang membawa pulang empat penghargaan: International Six Days Enduro Junior, Junior SuperMoto of Nations, SuperMoto of Nations dan Motocross of Nations.

Balap Ketahanan dan Juara Tahun ini

François Ribeiro kemudian naik ke panggung untuk memberikan penghargaan kepada juara dunia kategori ini: YART Yamaha menjadi tim juara berkat Niccolò Canepa, Marvin Fritz dan Karel Hanika. Terakhir, sekali lagi diberikan oleh Jorge Viegas, untuk “juara terakhir (tahun ini)”, dimulai dengan juara Rally-Raid Luciano Benavides, juara TrialGP Toni Bou, kemudian juara FIM EnduroGP Steve Holcombe. Berikutnya dengan juara Speedway Grand Prix Bartosz Zmarzlik, lalu giliran raja baru MXGP Jorge Prado, juara Superbike Alvaro Bautista, dan terakhir juara dunia MotoGP Francesco Bagnaia.

This post was last modified on 4 Desember 2023 21:45

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Mitsubishi Yakin Target Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Tercapai

RiderTua.com - Mitsubishi mengalami penurunan penjualan mobil yang cukup drastis di Indonesia pada bulan lalu. Tidak hanya mereka saja, banyak…

17 Mei 2024

Kawasaki Meguro K3 : Model Klasiknya Masih Dipertahankan, Harga Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Sejak tahun 1960-an, Kawasaki dan Meguro sudah lama menjalin kerja sama yang sampai sekarang pun juga masih merilis…

17 Mei 2024

Honda, Yamaha dan Aprilia Melakoni Tes di Mugello

RiderTua.com - Sesuai aturan konsesi yang baru, sebagai pabrikan yang menempati peringkat D Honda dan Yamaha memiliki kebebasan untuk melakukan…

17 Mei 2024

Subaru dan Kehadiran Merek Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil Subaru di Indonesia masih berjalan dengan bagus di tengah penurunan kondisi pasarnya pada April lalu. Sejauh…

17 Mei 2024

BMW Tak Khawatir Dengan Kehadiran Merek Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - BMW masih memimpin penjualan mobil di pasar mobil premium di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mampu mengungguli…

17 Mei 2024

Aleix Espargaro : Ingin Duetkan Pedro Acosta dan Jorge Martin di Aprilia, Vinales Kemana?

RiderTua.com -  Di usia 34 tahun, Aleix Espargaro seperti berada di persimpangan jalan dalam karirnya. Pembalap senior asal Spanyol itu…

17 Mei 2024