Categories: MotoGP

Tim Satelit Aprilia yang Baru akan Segera Diumumkan, RNF bukan Tandingan VR46?

RiderTua.com – Dorna kemungkinan besar akan memperkenalkan pemilik baru tim satelit MotoGP Aprilia pada pekan depan. Seperti diketahui, 6 tim satelit telah menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun dengan Dorna Sports SL mulai 2022 hingga 2026 untuk mengikuti kejuaraan dunia MotoGP. Mereka adalah Prima Pramac Ducati, LCR Honda, Mooney VR46, Gresini Racing, GASGAS Factory Racing Tech3 dan CryptoDATA RNF Aprilia.

Namun tim RNF Racing yang merupakan kolaborasi antara Rumania-Malaysia itu belakangan ini sedang banyak gejolak. CEO CryptoDATA Ovidiu Toma menjelaskan dalam sebuah wawancara eksklusif pada hari Minggu di Valencia bahwa dia telah menginvestasikan 7 juta euro (Rp 118 miliar) di tim balap selama 1 tahun dan tidak menyangka akan berakhir di seri balap di mana kediktatoran berkuasa. Selain itu, tagihan yang belum dibayar hanya akan mencapai 1 persen dari anggaran tahunan yaitu hanya sebesar 11,6 juta euro (Rp 196 miliar).

Tim Satelit Aprilia yang Baru akan Segera Diumumkan

CryptoDATA RNF Aprilia

Di saat yang sama, Ovidiu Toma mengakui bahwa CryptoDATA belum membayar 700,000 euro (Rp 11,8 miliar) dari kesepakatan ‘hak penamaan’ untuk GP Austria 2023 di Dorna. “Namun kontrak ini tidak ada hubungannya dengan perusahaan balap RNF Racing Limited, di mana CryptoDATA memiliki 60 persen saham melalui perusahaan CDT SPORTS AND MEDIA SRL,” kata Toma. Kepala timyang dipecat Razlan Razali, memiliki 40 persen saham perusahaan yang terlilit utang ini.

‘EAI Technologies’ menyetujui kontrak hak penamaan Grand Prix Austria. “Ini adalah perusahaan terpisah dengan struktur pemegang saham yang berbeda,” jelas Toma mencoba menjelaskan kondisi perusahaannya.

Bagaimanapun, perusahaan RNF Racing Limited yang berbasis di Inggris itu telah kehilangan basis kegiatan bisnisnya pada Senin siang karena Panitia Seleksi MotoGP mencabut izinnya untuk mengikuti Kejuaraan Dunia MotoGP. Bak pepatah sudah jatuh tertimpa tangga pula, pada malam harinya Aprilia Racing memutuskan kontrak penyediaan motor untuk Raul Fernández dan Miguel Oliveira.

Sementara itu, direktur pelaksana CryptoDATA Toma juga mengumumkan bahwa pihaknya akan mengajukan gugatan terhadap Dorna. Pada hari Selasa, Toma bertemu dengan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di Madrid. Namun itu akan sia-sia. Pasalnya, saat Ovidiu Toma mendapat tanggal persidangan, kontrak MotoGP-nya yang semula disepakati hingga akhir 2026 bisa saja sudah habis. Jadi dia berada di posisi yang kurang menguntungkan dalam kompetisi dengan Dorna ini.

Pada akhir pekan lalu muncul rumor bahwa seorang investor Amerika Serikat telah menghubungi Dorna dan ingin mengambil alih slot MotoGP. Oleh karena itu, ‘turbulensi’ yang menimpa RNF tidak sepenuhnya merepotkan Dorna.

Infestor kaya asal AS adalah pengusaha sukses Justin Marks, yang memenangkan final di Phoenix Raceway bersama Ross Chastain dan tim Trackhouse NASCAR-nya pada 5 November 2023. Chastain merupakan seorang petani semangka berjanggut asal Alva-Florida, kehilangan gelar juara NASCAR 2022 untuk Trackhouse dari Joey Logano (Tim Penske Ford) dengan jarak sekitar 700 meter dan mencetak 6 poin.

Tahun lalu, kepala tim Trackhouse Racing PJ Rashidi membuat langkah unik atas permintaan bos tim Justin Marks. Pembalap asal Finlandia Kimi Raikkonen yang berusia 42 tahun sekaligus Juara Dunia Formula 1 2007 bersama Ferrari, menjadi pembalap mobil stok NASCAR di Amerika Serikat setelah mengakhiri karir Formula 1 pada akhir tahun 2021. Raikkonen berkompetisi di bekas trek Formula 1 GP di Watkins Glen untuk tim Trackhouse Project 91. Rashidi telah mengatur penampilan Raikkonen NASCAR untuk Kyle Busch Motorsports di AS pada tahun 2011.

Cryptodata RNF MotoGP Team

Pada tahun 2024, tim Trackhouse di AS akan memiliki sponsor utama baru yang menguntungkan dengan merek bir ‘Busch light’ dan akan mengendarai Chevrolet Camaro dari General Motors. Markas tim berada di Concorde, Carolina Utara.

Pemilik tim sekaligus pembalap Justin Marks kini akan berinvestasi di balap roda dua dan mengambil alih tim satelit RNF Aprilia sebelumnya beserta para pembalap dan teknisi. Delegasi dari Trackhouse dengan konsultan Jeremy Appleton (sebelumnya di Alpinestars dan Triumph) datang ke GP Austria pada bulan Agustus untuk melakukan kontak awal.

Bagi Dorna, masuknya Trackhouse adalah ‘win win sulotion’, karena tim Razali telah tiga kali kehilangan sponsor utamanya dalam 3 tahun terakhir (setelah Petronas pada 2021, lalu WithU, sekarang CryptoDATA) dan bukan tim balap yang terbukti stabil.

Kejuaraan Dunia MotoGP dimaksudkan untuk berkembang di pasar Amerika yang besar, dan mitra perencanaan yang serius dan jangka panjang seperti Justin Marks dengan hasrat terhadap motorsport di level tertinggi sangat cocok dengan konsep ini.

Belum diketahui apakah Amerika akan memberikan konsesi finansial kepada pemilik RNF saat ini dan, misalnya mengambil alih kontrak sewa truk dan hospitality, agar bisa bersiap menghadapi musim yang akan datang lebih cepat dan pada saat yang sama meringankan kekhawatiran keuangan Toma dan Razali.

Di Kejuaraan Dunia MotoGP, Dorna membagikan slot MotoGP secara free alias gratis. Dan jika sebuah tim balap dibubarkan, pemegang hak balap komersial akan mengambil kembali posisi start tersebut.

Namun peraturan yang berbeda berlaku di Formula 1. Ada yang disebut ‘dana anti dilusi’. Pada dasarnya adalah biaya masuk yang harus dibayar oleh setiap tim F1 baru yakni sebesar 200 juta dolar (Rp 3 triliun). Namun, bukan promotor Kejuaraan Dunia Liberty Media atau bahkan asosiasi olahraga otomotif dunia FIA yang akan menerima jumlah yang fantastis ini, melainkan jumlah yang cukup besar ini akan dibagi ke tim-tim F1 sebelumnya.

This post was last modified on 1 Desember 2023 11:02

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Assen Perpanjang Kontrak MotoGP dan Superbike Hingga 2031

RiderTua.com - Jika kita sebut nama salah satu sirkuit pasti kita akan mengingat kejadian atau aksi dari pembalap yang tak…

4 Mei 2024

Jika Jack Miller Didepak KTM Karena Pedro Acosta, Kemana Dia akan Pergi?

RiderTua.com - Tempat Jack Miller di tim Red Bull KTM sedang berada di ujung tanduk. Karena, rookie sensasional Pedro Acosta…

4 Mei 2024

Marc Marquez : Saya Cukup Pintar Menyerah pada Waktu yang Tepat Saat Duel Melawan Pecco di Jerez

RiderTua.com - Marc Marquez meraih podium perdana (finis ke-2) di balapan utama untuk Ducati di GP Jerez. Sebenarnya kemenangan ada dalam…

4 Mei 2024

Dua Mobil Wuling Pimpin Penjualan Mobil Listrik di Q1 2024

RiderTua.com - Wuling sudah tidak bisa diragukan lagi jika berbicara soal penjualan mobil listriknya. Sebab dalam beberapa bulan terakhir, mereka…

4 Mei 2024

Tesla Dipastikan Takkan Terganggu Oleh Kehadiran BYD di Indonesia

RiderTua.com - Tesla mampu menjadi merek mobil listrik terlaris di dunia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Walau mereka hadir di…

4 Mei 2024

Toyota: Mobil Hybrid Masih Unggul Dari Mobil Listrik di Indonesia

RiderTua.com - Toyota masih memiliki sedikit model BEV yang dijual di Indonesia, dengan bZ4X sebagai model yang dijualnya sejauh ini.…

4 Mei 2024