Categories: MotoGP

Raul Fernandez: Kami Sudah Mengidentifikasi Kelemahan Aprilia RS-GP

RiderTua.com – Raul Fernandez meraih waktu terbaik ke-5 dalam tes pramusim MotoGP pertama di Valencia, hanya tertinggal 0,263 detik dari pembalap pabrikan Aprilia Maverick Vinales. Sebelumnya rider RNF itu juga bersinar dengan finis di posisi ke-5 pada race hari Minggu, yang merupakan hasil terbaiknya dalam 2 tahun di kelas utama.

Pembalap asal Spanyol itu didampingi oleh tim penguji Aprilia, karena karyawan tim CryptoDATA-RNF Racing yang dibubarkan tidak lagi diperbolehkan bekerja untuk Fernandez setelah kontrak Dorna dengan tim satelit Aprilia sebelumnya itu dihentikan. Mereka masih terikat kontrak dengan RNF dan jika tidak maka mereka akan mengambil risiko gaji bulan November mereka tidak akan pernah dibayarkan karena mereka pada dasarnya memberikan bantuan untuk tim lawan.

Raul Fernandez: Kami Sudah Mengidentifikasi Kelemahan Aprilia RS-GP

Raul Fernandez

“Hari yang luar biasa, bukan? Entah kenapa, tapi saya merasa sangat baik,” ungkap Raul Fernandez yang pertama kali menunggangi RS-GP23 setelah berkompetisi sepanjang musim 2023 dengan RS-GP22 dari tahun sebelumnya dan menyelesaikan tes Valencia dalam 64 lap itu.

Raul menjelaskan, “Pada pagi hari kami menunggangi motor lama, jadi kami memiliki kecepatan dan catatan waktu yang sama seperti akhir pekan lalu. Namun, begitu saya menunggangi motor baru, saya menjadi semakin cepat. Pada akhirnya saya bisa membukukan catatan waktu 1 detik lebih baik dibandingkan Grand Prix, meskipun itu adalah hari yang sulit karena rasa sakit yang saya alami dan suhu dingin.”

“Kami berkesempatan menguji ban depan soft yang baru dari Michelin. Itu bagus karena kami merasa tidak nyaman dengan ban mediumnya saat ini. Jorge Martin mencoba medium dan langsung terjatuh,” imbuh rekan setim Miguel Oliveira itu.

Kakak Adrian Fernandez (Moto3) itu melanjutkan, “Saya senang dengan penampilan kami karena kecepatannya jauh lebih baik. Feeling dengan motornya dan terutama kepercayaan di depan jauh lebih baik. Secara keseluruhan saya merasa sangat nyaman dengan motor ini. Aprilia telah melakukan pekerjaannya dengan baik dengan motor ini. Bagiku, pembangunan berjalan ke arah yang benar dan kami tahu apa yang harus kami lakukan untuk menjadi lebih kompetitif. Menurutku saya juga memberikan masukan yang sangat baik kepada para insinyur hari ini sehingga mereka tahu di mana mereka masih perlu memberikan bantuan di musim dingin.”

Dua pekan yang lalu tepatnya di Malaysia, Raul mengambil sikap yang berbeda dan mengecam bahwa dia tidak mendapatkan suku cadang baru dari Aprilia, bahwa motor sudah terlalu jauh jaraknya alias ketinggalan sekebon dan tidak ada part baru yang dipasang selain ban dari Michelin (itupun gratis).

“Sekarang kami bisa bersiap menghadapi tes Sepang karena kami juga telah mengidentifikasi kelemahan motor. Dan para insinyur sudah mempunyai gagasan untuk masa depan,” tambah Raul.

Di bagian mana ada perbaikan RS-GP23? “Saya tidak suka dengan reaksi mesin saat saya membuka gas. Akibatnya, perilaku kemudi sedikit terganggu. Tapi itu tidak menjadi masalah bagiku karena saya lebih banyak menaruh beban pada ban depan. Pastinya kami harus berkembang jika ingin mengejar Ducati,” pungkas Raul Fernandez.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Franco Morbidelli : Pecco Memberiku Saran Tapi Kita Lihat Apakah Saya Bisa Menerapkannya di Trek

RiderTua.com - Menurut pernyataannya sendiri, Franco Morbidelli sangat mungkin akan ambil bagian dalam balapan MotoGP pembuka musim di Qatar. Usai crash…

1 Maret 2024

Suzuki Motor Indonesia Rilis Nex II Cross Model 2024, Harganya Rp 20 Jutaan

RiderTua.com - Suzuki Motor Indonesia baru saja meluncurkan Suzuki Nex II Cross model 2024 sebagai skutik ramping yang bergaya adventure.…

1 Maret 2024

Jorge Martin : Sekarang Saya Melatih Level Mentalku

RiderTua.com - Tak hanya Ducati GP24 yang terbukti mengalami kemajuan di tes Qatar, Jorge Martin juga mengidentifikasi bahwa dirinya siap…

1 Maret 2024

Berani Salip Adiknya Alex untuk Menang? Marc Marquez : Saya Lebih Memilih Minta Maaf Ketimbang Minta Izin

RiderTua.com - Menjelang dimulainya MotoGP musim 2024, Marc Marquez ditanya apakah dia siap untuk memulai musim sebagai rekan satu tim…

1 Maret 2024

Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 (FP6)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Kamis (29/2/2024), Dalam sesi tes resmi untuk kelas Moto2 hari kedua (FP6), Celestino Vietti…

1 Maret 2024

Hasil Tes Resmi Moto3 Jerez Spanyol 2024 (FP6)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Kamis (29/2/2024), Pembalap Red Bull KTM Ajo, Jose Antonio Rueda menjadi yang tercepat dalam…

1 Maret 2024