Categories: MotoGP

Raul Fernandez: Kami Sudah Mengidentifikasi Kelemahan Aprilia RS-GP

RiderTua.com – Raul Fernandez meraih waktu terbaik ke-5 dalam tes pramusim MotoGP pertama di Valencia, hanya tertinggal 0,263 detik dari pembalap pabrikan Aprilia Maverick Vinales. Sebelumnya rider RNF itu juga bersinar dengan finis di posisi ke-5 pada race hari Minggu, yang merupakan hasil terbaiknya dalam 2 tahun di kelas utama.

Pembalap asal Spanyol itu didampingi oleh tim penguji Aprilia, karena karyawan tim CryptoDATA-RNF Racing yang dibubarkan tidak lagi diperbolehkan bekerja untuk Fernandez setelah kontrak Dorna dengan tim satelit Aprilia sebelumnya itu dihentikan. Mereka masih terikat kontrak dengan RNF dan jika tidak maka mereka akan mengambil risiko gaji bulan November mereka tidak akan pernah dibayarkan karena mereka pada dasarnya memberikan bantuan untuk tim lawan.

Raul Fernandez: Kami Sudah Mengidentifikasi Kelemahan Aprilia RS-GP

Raul Fernandez

“Hari yang luar biasa, bukan? Entah kenapa, tapi saya merasa sangat baik,” ungkap Raul Fernandez yang pertama kali menunggangi RS-GP23 setelah berkompetisi sepanjang musim 2023 dengan RS-GP22 dari tahun sebelumnya dan menyelesaikan tes Valencia dalam 64 lap itu.

Raul menjelaskan, “Pada pagi hari kami menunggangi motor lama, jadi kami memiliki kecepatan dan catatan waktu yang sama seperti akhir pekan lalu. Namun, begitu saya menunggangi motor baru, saya menjadi semakin cepat. Pada akhirnya saya bisa membukukan catatan waktu 1 detik lebih baik dibandingkan Grand Prix, meskipun itu adalah hari yang sulit karena rasa sakit yang saya alami dan suhu dingin.”

“Kami berkesempatan menguji ban depan soft yang baru dari Michelin. Itu bagus karena kami merasa tidak nyaman dengan ban mediumnya saat ini. Jorge Martin mencoba medium dan langsung terjatuh,” imbuh rekan setim Miguel Oliveira itu.

Kakak Adrian Fernandez (Moto3) itu melanjutkan, “Saya senang dengan penampilan kami karena kecepatannya jauh lebih baik. Feeling dengan motornya dan terutama kepercayaan di depan jauh lebih baik. Secara keseluruhan saya merasa sangat nyaman dengan motor ini. Aprilia telah melakukan pekerjaannya dengan baik dengan motor ini. Bagiku, pembangunan berjalan ke arah yang benar dan kami tahu apa yang harus kami lakukan untuk menjadi lebih kompetitif. Menurutku saya juga memberikan masukan yang sangat baik kepada para insinyur hari ini sehingga mereka tahu di mana mereka masih perlu memberikan bantuan di musim dingin.”

Dua pekan yang lalu tepatnya di Malaysia, Raul mengambil sikap yang berbeda dan mengecam bahwa dia tidak mendapatkan suku cadang baru dari Aprilia, bahwa motor sudah terlalu jauh jaraknya alias ketinggalan sekebon dan tidak ada part baru yang dipasang selain ban dari Michelin (itupun gratis).

“Sekarang kami bisa bersiap menghadapi tes Sepang karena kami juga telah mengidentifikasi kelemahan motor. Dan para insinyur sudah mempunyai gagasan untuk masa depan,” tambah Raul.

Di bagian mana ada perbaikan RS-GP23? “Saya tidak suka dengan reaksi mesin saat saya membuka gas. Akibatnya, perilaku kemudi sedikit terganggu. Tapi itu tidak menjadi masalah bagiku karena saya lebih banyak menaruh beban pada ban depan. Pastinya kami harus berkembang jika ingin mengejar Ducati,” pungkas Raul Fernandez.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Penjualan Mobil Hybrid Suzuki Catatkan Hasil yang Positif

RiderTua.com - Suzuki telah mencatatkan hasil penjualan mobil yang cukup bagus selama bulan Maret 2024 di Indonesia. Tercatat ada kenaikan…

27 April 2024

Toyota Hadirkan Dua Mobil Listrik Terbarunya!

RiderTua.com - Toyota kini memiliki sejumlah mobil listrik yang dijualnya di pasar global. Salah satunya bZ4X yang menjadi andalannya di…

27 April 2024

Toyota Alphard Kini Lebih Irit Bahan Bakar Dengan Teknologi Hybrid

RiderTua.com - Mobil hybrid Toyota di Indonesia kini cukup banyak modelnya dan dijual dalam harga yang bervariasi pula. Kebanyakan modelnya…

27 April 2024

Jorge Martin : Motor Tidak Ada Getaran!

RiderTua.com - Meski berada di posisi ke-5 dalam timesheet pada latihan hari Jumat di Jerez, Jorge Martin merasa dirinya jauh…

27 April 2024

Chery Tingkatkan Kapasitas Produksi Omoda E5!

RiderTua.com - Penjualan mobil Chery selama beberapa bulan terakhir di Indonesia masih cukup bagus. Terlebih bagi mobil listrik terbarunya, Omoda…

27 April 2024

Dua Motor Ducati Baru yang Segera Meluncur di Indonesia!

RiderTua.com - Seperti yang kita tau, Ducati punya pilihan model yang cukup fantastis dan desainnya keren-keren. Nanti pada tanggal 3-5…

27 April 2024