Categories: MotoGP

Alex Rins Kagum: Yamaha Benar-benar Motor yang Berbeda

RiderTua.com – Bersama Yamaha, Alex Rins menyelesaikan tes resmi pramusim pertama MotoGP di posisi ke-19 di Valencia. Pembalap berusia 27 tahun itu tertinggal 1,3 detik dari waktu terbaik yang dicetak oleh Maverick Vinales (Aprilia) dan lebih lambat 0,5 detik dari rekan setimnya Fabio Quartararo, yang menyambutnya dengan hangat di Yamaha pada hari Senin.

“Saya merasa cukup baik dengan motornya. Kami membagi hari menjadi dua bagian. Di pagi hari saya membalap dengan set-up Fabio, itu hanya tentang menyelesaikan lap. Itu juga untuk mendapatkan posisi stang dan pengaturan pijakan kaki yang tepat. Sore harinya kami berkonsentrasi pada banyak lap dan mencoba dua fairing berbeda. Sejauh yang saya bisa menilai motornya, salah satu varian ini bekerja lebih baik,” jelas Rins.

Alex Rins Kagum: Yamaha Benar-benar Motor yang Berbeda

Alex Rins Yamaha MotoGP

Bagaimana feeling Alex Rins setelah menunggangi Yamaha dibandingkan dengan Suzuki sebelum mengalami cedera bersama Honda pada 2023? “Ini adalah motor yang sangat berbeda. Saya bisa berbelok ke tikungan dengan lebih banyak tekanan pada rem depan. Itu bagus, kami bisa mengimbanginya dalam hal catatan waktu. Motornya terasa cukup mulus, lebih dari yang saya harapkan. Kami masih harus menyesuaikan perangkat elektronik dengan gaya balapku dan juga ride-by-wire,” jawab rider asal Spanyol itu.

Rins menambahkan, “Saat ini perbedaan konsep mesin bukanlah perbedaan terbesar, melainkan aerodinamis. Dengan Yamaha saya memiliki banyak kecenderungan wheelie saat angin kencang. Motornya berputar dengan baik, tapi saya harus menunjukkan masalah wheelie. Saat kami mencoba fairing lainnya, lebih sedikit wheelie. Dilihat seperti ini, perbedaannya hilang dari mesinnya.”

Mengenai penggunaan hak konsesi terkait pengujian, Rins mengatakan, “Kami sedang mengerjakan perencanaannya. Semakin banyak tes berarti kita dapat mencoba lebih banyak hal.”

Kapan Rins ingin menambahkan tes lagi untuk 22 balapan MotoGP? “Mungkin saat tes shakedown, saya tidak tahu. Istriku tidak senang, mungkin dia tidak tahu kami akan melakukan tes shakedown. Saya merasa baik karena itu membuat saya merasa lebih siap menghadapi musim baru,” jelas Rins.

Di Yamaha, Rins kembali bekerja dengan Yuta Shimabukuro, yang dia kenal sejak masih di Suzuki. “Bagus sekali kami memiliki dia di tim. Dia memiliki banyak pengalaman dengan Suzuki dan kemudian menghabiskan 1 tahun di GASGAS bersama KTM. Saya menyadari bahwa saya membuat keputusan yang baik. Dia meminta sikap serupa seperti di Suzuki dan itu berhasil dengan baik. Dari perspektif itu, kami memiliki banyak hal untuk diuji dan dicoba, itu bagus!” pungkas Alex Rins.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Jorge Martin : Sekarang Saya Melatih Level Mentalku

RiderTua.com - Tak hanya Ducati GP24 yang terbukti mengalami kemajuan di tes Qatar, Jorge Martin juga mengidentifikasi bahwa dirinya siap…

1 Maret 2024

Berani Salip Adiknya Alex untuk Menang? Marc Marquez : Saya Lebih Memilih Minta Maaf Ketimbang Minta Izin

RiderTua.com - Menjelang dimulainya MotoGP musim 2024, Marc Marquez ditanya apakah dia siap untuk memulai musim sebagai rekan satu tim…

1 Maret 2024

Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 (FP6)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Kamis (29/2/2024), Dalam sesi tes resmi untuk kelas Moto2 hari kedua (FP6), Celestino Vietti…

1 Maret 2024

Hasil Tes Resmi Moto3 Jerez Spanyol 2024 (FP6)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Kamis (29/2/2024), Pembalap Red Bull KTM Ajo, Jose Antonio Rueda menjadi yang tercepat dalam…

1 Maret 2024

Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 (FP5)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera — Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 hari kedua sesi kelima (FP5) : Kamis…

29 Februari 2024

Hasil Tes Resmi Moto3 Jerez Spanyol 2024 (FP5)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera — Hasil Tes Resmi Moto3 Jerez Spanyol 2024 hari kedua sesi kelima (FP5) : Kamis…

29 Februari 2024