Categories: MotoGP

Mengapa Gigi Dall’Igna Tidak Tertarik dengan Honda?

RiderTua.com – Beberapa hari lalu, Gigi Dall’Igna ditanya apakah dia membayangkan pindah ke Honda? Bukankah rotasi pekerjaan di Honda akan menjadi tantangan yang menarik, ditambah dengan gaji tahunan yang mungkin sangat menggiurkan?

“Seperti yang bisa kita bayangkan, ada beberapa pertimbangan. Saya bekerja sangat keras untuk menjadikan Ducati sebagai panutan bagi pabrikan lain. Tidak masuk akal untuk pergi sekarang.  Tentu saja media juga bisa berargumen, bahwa saya telah melakukan pekerjaan di Ducati dan mengatasi tantangan. Honda akan menghadirkan tantangan yang sama menarik dan sama hebatnya,” tegas Dall’Igna, namun dia mengaku merasa nyaman dan berada di tempat yang tepat di Ducati.

Mengapa Gigi Dall’Igna Tidak Tertarik dengan Honda?

Alberto Puig – Gigi Dall’igna

Dalam sebuah wawancara, Gigi Dall’Igna mengungkapkan apa yang masih mendorongnya dalam fase tersukses dalam karir profesionalnya di Ducati Corse, setelah akhirnya dia mewujudkan mimpinya memenangkan Kejuaraan Dunia MotoGP di Borgo Panigale pada tahun tahun ke-9 nya (dengan Pecco Bagnaia 2022).

Honda telah mengalami krisis selama 4 tahun. Mereka membeli sistem pembuangan (knalpot), swing arm, dan sasis di Eropa. Mengapa insinyur asal Italia tidak mengambil peran berpengaruh di HRC? “Saya rasa skenario seperti itu tidak mungkin terjadi di Honda. Itu sebabnya saya tidak mempertimbangkan rencana atau ide seperti itu,” jawab Gigi Dall’Igna atas pertanyaan tersebut.

Namun dia tidak serta merta menolak mentah-mentah kesempatan tersebut, karena kejadian tak terduga terjadi setiap minggunya di motorsport. “Iya benar. Benar sekali,” ujar Gigi saat itu.

Ketika ditanya tentang ambisi utamanya dalam balap motor, desainer sekaligus manajer yang brilian dan inovatif ini menjawab, “Kami ingin mengonfirmasi dan mengulangi hasil tahun 2022. Tidak mudah untuk mereproduksi hasil ini di Kejuaraan Dunia Superbike dan MotoGP. Tapi itu adalah target besar kami untuk tahun 2023. Kami juga telah memutuskan untuk memenangkan Kejuaraan Dunia Supersport untuk pertama kalinya pada tahun 2023.”

Kebetulan, pada bulan September proyek ini juga sukses dengan Nicolo Bulega yang mengendarai Panigale V2 955 cc setelah serangkaian kemenangan yang luar biasa. Dan hari Sabtu lalu, Alvaro Bautista memenangkan Kejuaraan Dunia Superbike untuk kedua kalinya berturut-turut.

Selain itu, untuk pertama kalinya Ducati Corse juga membangun motor standar untuk Kejuaraan Dunia MotoE pada tahun 2023, yang juga memastikan kepuasan di antara tim setelah 4 tahun pertama yang bermasalah dengan Energica Corsa Monster.

Dan sebelum GP Misano, diketahui bahwa manajer HRC berbelanja di paddock dan ditolak oleh semua teknisi papan atas. Lagipula motor Honda sudah ‘terperosok ke dalam lumpur’ sehingga insinyur jenius sekelas Gigi Dall’Igna pun tidak bisa menjalankannya lagi sebelum dia berusia 60 tahun.

This post was last modified on 4 November 2023 11:37

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

BMW Tak Khawatir Dengan Kehadiran Merek Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - BMW masih memimpin penjualan mobil di pasar mobil premium di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mampu mengungguli…

17 Mei 2024

Aleix Espargaro : Ingin Duetkan Pedro Acosta dan Jorge Martin di Aprilia, Vinales Kemana?

RiderTua.com -  Di usia 34 tahun, Aleix Espargaro seperti berada di persimpangan jalan dalam karirnya. Pembalap senior asal Spanyol itu…

17 Mei 2024

Alex Rins : Saya dan Fabio Quartararo Kesulitan dengan Masalah yang Sama

RiderTua.com - Lawan terberat setiap pembalap adalah rekan setimnya. Di GP Le Mans, Alex Rins dan rekan setimnya Fabio Quartararo…

17 Mei 2024

Taka Nakagami : Motor Sangat Tidak Stabil

RiderTua.com - Performa Honda RC213V masih jauh dari kata kompetitif dan permasalahannya tetap sama. Taka Nakagami adalah salah satu pembalap yang…

17 Mei 2024

Marc Marquez : Santai, Start dari P13 di Le Mans, Tim Tidak Panik

RiderTua.com - Meski meninggalkan tim pabrikan Honda, Marc Marquez menilai kepindahannya ke tim satelit Gresini merupakan sebuah langkah maju. Pada…

16 Mei 2024

Jorge Lorenzo : Ducati Bisa Mempertahankan Jorge Martin Sekaligus Marc Marquez, Ini Caranya

RiderTua.com - Mantan pembalap MotoGP Jorge Lorenzo berpendapat bahwa Ducati akan kehilangan salah satu pembalap MotoGP top mereka. Namun hal…

16 Mei 2024