Categories: MotoGP

Honda akan Segera Kehilangan Tim Satelit?

RiderTua.com – Seperti Yamaha, apakah Honda akan segera kehilangan tim satelit juga?.. Selain motor yang tak kunjung kompetitif dalam 4 tahun terakhir, Manajer HRC (Honda Racing Corporation) dihadapkan pada dilema lain. Setelah musim 2023 yang juga gagal total seperti 3 tahun sebelumnya, Marc Marquez dan Alex Rins yang notabene adalah dua pembalap terbaik memilih hengkang. Sementara itu, kontrak dengan tim LCR juga akan berakhir pada akhir tahun 2024!

Sebagai informasi, Marc Marquez (finis ke-3 dalam balapan hujan di Jepang) dan Alex Rins (menang dengan LCR Honda di Texas) adalah dua pembalap Honda RC213V yang berhasil naik podium MotoGP musim ini. Namun mereka mendambakan material yang lebih baik atau setidaknya lingkungan yang lebih baik untuk tahun 2024, untuk itulah Marc kemudian bergabung dengan Gresini Ducati dan Rins memutuskan untuk pindah ke tim pabrikan Yamaha sebagai rekan setim Fabio Quartararo.

Youtube RiderTua:

Honda akan Segera Kehilangan Tim Satelit?

Sejak tes pramusim di Sepang pada bulan Februari, suasana tegang terlihat di HRC dan Repsol-Honda, karena Marc Marquez sudah lama tidak melakukan apa pun. Bukan rahasia lagi bahwa Baby Alien ingin kembali melihat motor pemenang di pit setelah 3 tahun ‘hilang’. Namun sayangnya, hingga saat ini belum tersedia.

Dan setelah kesuksesannya di Austin pada bulan April lalu, Alex Rins tidak mendapatkan suku cadang baru. Suku cadang baru tetap hanya disediakan untuk tim Repsol. Tiga pekan setelah Le Mans, di mana Marc Marquez sangat memuji sasis Kalex, Rins tidak mendapat satu pun dari 5 sasis buatan Jerman itu untuk diuji coba.

Kemudian tim LCR Honda membangun kembali sasis lama dan Rins mempermalukan Marc Marquez pada hari Jumat di GP Mugello dengan menunjukkan performa terbaik Honda dengan menempati posisi ke-3.

Ketidakpuasan LCR Semakin Meningkat

Meskipun pemilik tim LCR Lucio Cecchinello sangat jelas berusaha untuk tidak mengungkapkan ketidakpuasannya ke publik, ada bocoran bahwa dia memiliki masalah dengan manajer HRC karena mereka gagal mempertahankan Rins di LCR untuk tahun 2024.

Kemudian Johann Zarco dijanjikan ke tim LCR selama 2 tahun. Namun ketika Marc Marquez mengumumkan kepergiannya dan tidak ada pengganti serupa yang bisa ditemukan tim Repsol, tiba-tiba pembalap asal Prancis itu akan dipindahkan ke Repsol.

Tapi Cecchinello jelas tidak ingin membuat sponsornya kecewa jika mereka mempekerjakan Iker Lecuona yang terbukti gagal di MotoGP (tanpa poin dalam 5 balapan pada tahun 2023 sebagai pengganti Rins yang cedera).

Cecchinello melakukan protes keras dan bersikeras pada perjanjian terkait dengan Zarco dan HRC. Oleh karena itu, HRC mendekati setiap kandidat yang memungkinkan mulai dari Pedro Acosta Miguel Oliveira, Aleix Espargaro hingga Maverick Vinales, tetapi semuanya sudah memiliki kontrak yang solid untuk tahun 2024.

Itu sebabnya Fabio ‘Diggia’ Di Giannantonio yang ‘dibuang’ Gresini karena masuknya Marc Marquez, kini kemungkinan besar akan mendapat tempat di Repsolmenjadi rekan setim Joan Mir. Seperti diketahui, saat ini mantan pembalap Suzuki itu hanya berada di peringkat 22 dalam klasemen. Sejauh ini dia mencetak 20 poin dalam 16 Grand Prix. Pembalap asal Mallorca Spanyol itu hanya tiga kali mencetak poin pada race hari Minggu tahun ini dan belum pernah mencetak poin dalam sprint.

Tentu saja, cedera serius yang dialami Rins juga ada hubungannya dengan sifat RC213V, yang selama bertahun-tahun telah melemparkan pembalapnya ke aspal tanpa peringatan dan meskipun kontrol traksi sudah bekerja, seringkali juga disertai dengan highside. Sudah tak terhitung berapa kali Marc Marquez cedera parah sejak dia mengalami patah lengan atas di Jerez pada tahun 2020. Beberapa angka saja sudah cukup membuat kita merinding, tapi Repsol-Honda menghitung terjadi 45 crash pada balapan akhir pekan pada tahun 2023.

Sebagai perbandingan, sejauh ini Fabio Quartararo hanya sedikit sekali mengalami crash atau cedera meski Yamaha M1 juga sedang tidak baik-baik saja.

Stefan Bradl LCR

Akankah LCR Bertahan dengan Honda untuk Tahun 2025?

Dilema lain akan dihadapi HRC di masa mendatang. Seperti Yamaha, pabrikan motor terbesar di dunia itu bisa kehilangan satu-satunya tim satelitnya jika Lucio Cecchinello tidak puas.

Suasana hati Lucio sudah lebih baik. Pasalnya, dia kini harus kembali berkompetisi di Buriram tanpa pembalap pengganti Alex Rins seperti di Sachsenring dan Jerez. Di Misano, Rins digantikan Takumi Takahashi yang kalah 5 detik pada latihan hari Jumat karena tidak mengendarai motor Honda MotoGP selama 4 tahun. Di Jepang, Rins yang ternyata masih kesakitan memutuskan mundur usai melakoni latihan pada hari Jumat sehingga tes rider Stefan Bradl turun pada hari Sabtu. Di Australia, Rins juga mengundurkan diri namun Bradl sudah dalam penerbangan pulang.

Lucio Cecchinello yang merupakan bos tim balap yang sukses (bersama Honda di MotoGP sejak 2006), telah menerima tawaran dari Suzuki, Aprilia dan KTM sebelum perpanjangan kontrak HRC terakhir dan yang terbaru ‘dirayu’ KTM untuk 2024. Namun saking setianya dengan Honda, bos tim asal Italia itu tak mau memutus kontrak dengan HRC.

Yamaha, Aprilia, dan Pierer Mobility AG telah mengumumkan bahwa mereka akan bernegosiasi lagi dengan LCR untuk tahun 2025. Bahkan Ducati bisa menjadi pilihan jika misalnya tim VR46 milik Valentino Rossi bekerja sama dengan Yamaha untuk tahun 2025.

Untuk Aprilia misalnya, LCR secara finansial jauh lebih aman dibandingkan RNF milik Razlan Razali. Terdengar rumor bahwa ada percakapan antara CEO Aprilia Racing Massimo Rivola dan Cecchinello pada tes hari Senin di Misano pada bulan September lalu.

Honda telah kehilangan banyak tim satelit MotoGP dalam beberapa tahun terakhir, misalnya Gresini Racing, Marc VDS, AB Motorsport, dan Aspar Martinez. Dan saat itu, setidaknya motor masih kompetitif.

This post was last modified on 6 November 2023 15:08

Tags: lcr
Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Gigi Dall’Igna Diperingatkan, Jika Tidak Segera Mengumumkan Duo Pabrikan Ducati 2025 Maka akan Jadi Bumerang

RiderTua.com - Selaku bos balap Ducati Corse, keputusan mengenai line-up pembalap tim pabrikan berada di tangan Gigi Dall’Igna. Namun Neil…

6 Mei 2024

Marc Marquez Berhasil Mengalahkan Alex Marquez

RiderTua.com - Suasana di garaasi tim Gresini bagus, tapi kedua bersaudara itu tetap harus saling bersaing dan mengalahkan.. Meskipun Marc…

6 Mei 2024

Logo MotoGP Akan Berubah Mulai Tahun 2025.. Ada yang Suka dan Tidak!

RiderTua.com - Logo baru MotoGP akan berubah mulai tahun 2025 meskipun dikatakan tidak akan menyenangkan semua orang, ada apa?.. Yang…

6 Mei 2024

Alex Rins Ingin Tetap Bertahan di Yamaha Meski Banyak Masalah

RiderTua.com - Alex Rins mengaku banyak pekerjaan yang harus dikerjakan di Yamaha.. Namun dia berkomitmen untuk tetap bertahan di masa…

6 Mei 2024

Masalah Ducati Terpecahkan Mereka Telah Menemukan Solusinya

RiderTua.com - Akhir pekan MotoGP di Jerez sangat positif bagi Ducati dengan tiga pebalapnya naik podium dan tes konstruktif untuk…

6 Mei 2024

Marc Marquez Tidak Tepat di Tim Pabrikan Ducati, Ini Alasannya!

RiderTua.com - Mantan pembalap Neil Hodgson menegaskan, "Marc Marquez ke tim pabrikan Ducati? Saya melihatnya tidak tepat. Tetapi kenapa mereka…

5 Mei 2024