Categories: MotoGP

Stefan Bradl : Ada Sedikit Harapan

RiderTua.com – Usai GP Misano, tes rider HRC (Honda Racing Corporation) Stefan Bradl menegaskan, “Kami kehilangan terlalu banyak waktu di area traksi.” Sasis yang baru lebih cepat dalam time attack, tetapi performa pengeremannya masih jauh dari yang diinginkan.

Honda sudah hampir 4 tahun tidak membuat motor bertenaga, sasis Kalex juga tidak menyelesaikan masalah, dan sasis versi terbaru di antara banyak versi sasis yang digunakan Stefan Bradl di GP Misano, juga tidak akan mengubah RC213V menjadi motor pemenang. “Masalahnya tetap sama,” ungkap Bradl, yang menguji motornya selama 1,5 hari di Motegi-Jepang sebelum GP Misano.

Bradl akan berlaga di Sirkuit Internasional Buddh di India (22-24 September) dan juga di GP Jepang untuk tim LCR-Honda (29 September-1 Oktober) karena Alex Rins masih belum pulih. Misi Bradl lebih lanjut, diharapkan terjadi di Motegi.

Stefan Bradl : Ada Sedikit Harapan

Stefan Bradl menempatkan Honda di posisi ke-15 di grid pada hari Sabtu di Misano. Namun kelemahan RC213V belum bisa dihilangkan bahkan dengan sasis ini. Kurangnya traksi dan tidak adanya daya saing dalam satu fast lap tetap menjadi titik kelemahan. Selain itu, pembalap Honda yang menggunakan ban soft baru tidak dapat berkembang sebanyak pembalap dari pabrikan lain dalam melakukan time attack. “Kami hanya mendapatkan 80 persen dari kompon soft, dan 100 persen dari lainnya,” kata Bradl 2 tahun lalu.

Sekarang pembalap asal Jerman itu berkata, “Motor baru ini sedikit lebih baik untuk satu lap, menurut saya. Ternyata di kualifikasi, saya menemukan peningkatan di bidang ini. Masalah traksi masih belum terselesaikan seperti yang kita inginkan. Gap-nya masih sangat besar. Tapi feeling dengan motor baru setelah 4,5 hari masih memberi saya sedikit harapan bahwa kami bisa membuat kemajuan.”

 

Stefan Bradl – Marc Marquez

“Konsepnya benar-benar berbeda, pengendaraan motornya juga berbeda. Saya merasa, dalam hal ini sudah tidak lagi berada pada limitnya. Namun kita kehilangan lebih banyak waktu saat mengerem. Kami merasa telah menggunakan ban dengan lebih baik, namun kami masih memerlukan lebih banyak pemahaman tentang motor ini,” kata pembalap berusia 33 tahun itu.

Selama tes pramusim, Marc Marquez yakin bahwa mesin Honda 2023 memiliki power yang cukup, tetapi tidak dapat dibawa ke lintasan karena kurangnya traksi.

Apakah Stefan Bradl membagikan pendapatnya pada September 2023? “Saya tidak ingin mengatakan bahwa kami memiliki mesin terkuat, namun tentu saja kami tidak memiliki mesin terlemah. Dan memang benar bahwa kami kehilangan banyak waktu di area traksi dan oleh karena itu tidak dapat berakselerasi keluar dari tikungan dengan momentum yang cukup. Hal ini menyebabkan kita menekan roda depan secara agresif saat mencoba mengimbangi kelemahannya. Siklus ini harus diputus dengan konsep-konsep baru,” jawab test rider Honda itu.

Pada hari Jumat, Marc Marquez mengungkapkan bahwa ada banyak insinyur Jepang baru yang berada di garasi HRC. “Ya, ada banyak orang Jepang di sini. Sebenarnya itu bukan pertanda buruk,” pungkas Bradl.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Suzuki Ertiga Hybrid yang akan Mendapat Rival Baru Dari Mitsubishi

RiderTua.com - Suzuki Ertiga Hybrid menjadi satu dari tiga mobil hybrid yang dijualnya di Indonesia. Penjualannya cukup bagus, meski belum…

7 Mei 2024

Toyota Belum Juga Hadirkan Mobil Hybrid Termurahnya

RiderTua.com - Boleh dibilang Toyota mampu mendominasi penjualan mobil hybrid di Indonesia selama ini. Dari beberapa model yang dijualnya, Kijang…

7 Mei 2024

Hyundai Recall Ioniq 5 dan 6 di Indonesia Karena Ini

RiderTua.com - Penjualan mobil Hyundai di Indonesia masih cukup bagus, apalagi dari line-up mobil listriknya. Baik Ioniq 5 maupun 6…

7 Mei 2024

Neta V akan Dihentikan Penjualannya di Indonesia

RiderTua.com - Neta telah meluncurkan model terbaru dari mobil listrik V berupa V-II, dengan desain yang lebih modern. Tidak seperti…

7 Mei 2024

Chery Temukan Penyebab Masalah Patahnya Sumbu Roda Omoda 5 di Malaysia!

RiderTua.com - Sebelumnya Chery mengumumkan recall terhadap Omoda 5 di Malaysia beberapa waktu lalu. Ini dilakukan setelah terjadi dua insiden…

7 Mei 2024

Motor Adventure Baru Paling Murah Dikelasnya, CFMoto 450 MT Rilis di Indonesia

RiderTua.com - Sebuah motor adventure baru CFMoto 450 MT yang dirilis oleh PT. MForce Indonesia yang menaungi CFMoto Indonesia. Hadir…

7 Mei 2024