Categories: MotoGP

Casey Stoner : Terlalu Banyak Eletronik di MotoGP Itu Harus Dihentikan

RiderTua.com – Sebelum Pecco Bagnaia, Casey Stoner adalah satu-satunya pembalap yang berhasil memenangkan gelar juara dunia MotoGP bersama Ducati (pada 2007). Setelah kembali merengkuh gelar dunia untuk kedua kali pada 2011 (dengan Honda), pembalap yang saat itu berusia 27 tahun itu memutuskan gantung helm pada akhir musim 2012.

Casey Stoner kembali ke paddock MotoGP untuk melakukan satu lap kehormatan di GP Australia pada 2022. Yang terbaru, mantan rider asal Australia itu juga hadir di Goodwood Festival of Speed. “Saya senang kembali bertemu dengan semua orang setelah beberapa tahun,” ujar pria berusia 37 tahun itu, yang berjuang melawan sindrom kelelahan kronis dalam beberapa tahun terakhir.

Casey Stoner : Terlalu Banyak Eletronik di MotoGP Itu Harus Dihentikan

Saat itu Stoner membenarkan bahwa pengunduran dirinya salah satunya karena dia tidak lagi menikmati balapan. Dia juga menggarisbawahi hal ini saat berkunjung ke Inggris, “Saya merindukan orang-orangnya, tetapi bukan kejuaraan. Semua orang tahu masalah apa yang saya miliki dengan kejuaraan, apa yang saya suka dan tidak suka tentang hal itu.”

Apakah Stoner selalu mengikuti perkembangan di balapan? “Saya sedang merenovasi rumahku, oleh karena itu aku tidak punya televisi. Tetapi jika saya punya kesempatan, saya menonton balapan sesekali,” jawabnya.

Namun pada saat yang sama pemenang MotoGP 38 kali juga menegaskan, “Saya akan membuat beberapa perubahan pada format. Semua omong kosong itu harus pergi. Tidak ada winglet, tidak ada ride height device, tidak ada kontrol anti-wheelie, kontrol traksi dikurangi seminimal mungkin. Selain itu anggaran harus turun dan aturan harus bertahan 10 tahun sehingga pabrikan yang kalah bisa mengejar.”

“Ada separuh pembalap yang mendikte apa yang terjadi di trek, tidaklah adil dan itu bukan cara kerja kejuaraan dunia. Saya akan mengambil semuanya. Itu hanya membutuhkan aturan yang melarangnya dan itu harus dirumuskan sedemikian rupa sehingga tidak ada yang bisa menghindarinya,” tegas dua kali Juara Dunia MotoGP itu.

Stoner juga mengkritik dominasi Ducati dalam beberapa tahun terakhir, yang juga terlihat jelas di musim ini. Pasalnya dalam 8 seri pertama musim 2023, 5 pembalap Ducati masuk 6 besar di klasemen.

Stoner menjelaskan, “Yamaha memiliki sasis yang sangat bagus, tetapi kekurangan power. Di sisi lain, motor berpower tinggi, memiliki masalah menempatkan tenaga besar ini di lintasan. Setiap motor membutuhkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing agar persaingan berjalan seimbang. Tapi saat ini semua pembalap meniru yang terbaik, jadi semua pembalap berkembang ke arah yang sama.”

“Saat ini tidak ada lagi rearing up dan wheelies dengan motor. Pembalap hampir tidak memiliki masalah dalam mengendalikan motornya. Dia hanya menyalakan gas pada motor bertenaga 280 hp dan tidak terjadi apa-apa. Ini membuat frustrasi. Meskipun saya suka balapan, perkembangan ini mengecewakanku. Ada lebih banyak elektronik ketimbang Formula 1. Itu harus dihentikan,” pungkas Casey Stoner.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil Race Moto3 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera, Hasil Race Moto3 Spanyol 2024 — Race Moto3 Spanyol berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu, 28…

28 April 2024

Pembaruan Motor Sport Suzuki GSX-R600 yang Dapat Baju Baru

RiderTua.com - Meski Suzuki telah menghentikan penjualan GSX-R600 di negara dengan aturan emisi yang cukup ketat, motor sport tersebut masih…

28 April 2024

Brad Binder : Pecco Terjebak!

RiderTua.com - Sebenarnya Brad Binder memiliki peluang untuk naik podium pada sprint MotoGP di Jerez. Tetapi rider Red Bull KTM…

28 April 2024

Maverick Vinales Marah : Kondisi Trek Membahayakan Seharusnya Red Flag Dikibarkan

RiderTua.com - Setelah tampil kuat pada hari Jumat, Maverick Vinales hanya berhasil menempati posisi ke-11 di grid pada kualifikasi di trek…

28 April 2024

Pecco Bagnaia : Sering Terjadi Senggolan di Sprint Tapi Kali Ini Gila!

RiderTua.com - Kualifikasi tidak berjalan baik bagi Pecco Bagnaia sehingga hanya menempati posisi ke-7 di grid. Jalannya sprint race pada…

28 April 2024

Ke Tim Pabrikan KTM Musim Ini? Pedro Acosta : Itu Hal yang Bodoh

RiderTua.com - Pedro Acosta menyelesaikan latihan MotoGP hari pertama di Jerez dengan posisi ke-6 hanya kalah 0,4 detik dari pembalap tercepat…

28 April 2024