Categories: MotoGP

Razlan Razali : Miguel Oliveira dan Raul Fernandez 100 Persen Fit

RiderTua.com – Sebelum GP Inggris di Silverstone akhir pekan ini, bos tim RNF Aprilia Razlan Razali menjelaskan, “Liburnya panjang, tetapi pada saat yang sama bagus untuk pembalap kami. Dari apa yang saya dengar dari mereka, mereka pulih dengan baik. Mereka juga sudah kembali berlatih penuh. Bahu Miguel tampaknya kembali ke kekuatan penuh dan Raul mungkin juga memiliki ketenangan pikiran yang baik. Jadi kami perkirakan kedua pembalap 100 persen fit sekarang.”

“Masih ada 12 dari 20 balapan akhir pekan yang harus diselesaikan, musim masih panjang. Ini akan sulit, tetapi pada saat yang sama merupakan peluang bagus untuk membalikkan keadaan. Kami sedikit kurang beruntung dengan kondisi pembalap. Semoga keberuntungan ada di pihak kami sekarang sehingga kami dapat menunjukkan paruh kedua yang baik musim ini,” imbuh bos tim asal Malaysia itu.

Razlan Razali : Miguel Oliveira dan Raul Fernandez 100 Persen Fit

Setelah dihadang aral melintang di awal MotoGP musim 2023, tim satelit RNF Aprilia menaruh harapan besar pada paruh kedua musim. Kabar baiknya, Miguel Oliveira dan Raul Fernandez dinyatakan fit untuk GP Silverstone. Saat ini Oliveira dan Fernandez masing-masing hanya berada di peringkat 17 dan 23 di kejuaraan dunia setelah 8 dari 20 seri musim ini.

Oliveira khususnya, bernasib sial di awal musim karena dua kali crash (bukan karena kesalahannya sendiri) sehingga mengakibatkan cedera yang cukup serius. Pada balapan pembuka musim di Portimao, Marc Marquez menabraknya dan mengakibatkan cedera tendon pada rotator eksternal kaki kanannya sehingga membuat rider berusia 28 tahun itu terpaksa absen di balapan.

Razlan Razali

Kemudian di Jerez pada akhir April, rider asal Portugal itu ‘disingkirkan’ oleh Fabio Quartararo setelah menempati posisi ke-5 dalam sprint dan tak lama setelah dimulainya balapan utama bahu kirinya terkilir. Dislokasi bahu mengakibatkan patah tulang lengan atas dan cedera ligamen labrum anterior. Meskipun Oliveira dan dokternya memutuskan untuk tidak menjalani operasi, dia harus melewatkan seri lainnya dan kemudian terus kesulitan di bulan Juni.

Usai libur musim panas selama 5 pekan, Oliveira menjelaskan, “Istirahat panjang benar-benar membantu saya mengembalikan bahuku ke 100 persen. Saya telah mencapai tingkat kebugaran yang mendekati posisiku di awal musim. Saya sangat percaya diri dan menantikan untuk melanjutkan pekerjaan dan menjadi sangat kompetitif lagi dengan Aprilia RS-GP milikku. Itu bukan awal musim yang kami harapkan, tapi kami sekarang memasuki paruh kedua musim dengan tujuan mendapatkan hasil yang baik untuk kita semua.”

Rekan setimnya Raul Fernandez kesulitan dengan cedera arm pump di lengan kanannya di awal musim, oleh karena itu dia menjalani operasi pada awal Mei. Runner-up Moto2 tahun 2021 itu juga yakin dengan paruh kedua musim setelah liburan musim panas. “Ada waktu 5 minggu untuk mempersiapkan diri dengan sangat baik. Setelah operasi di bulan Mei, akan menarik untuk mencoba menjalani paruh kedua musim ini dengan sangat baik. Saya siap dan berharap untuk membalap lagi. Saya tidak kerasan lagi di rumah, saya hanya ingin balapan sekarang,” ujar rider berusia 23 tahun itu.

Sementara itu manajer tim Wilco Zeelenberg menjelaskan, “Menurutku kami juga kekurangan waktu dalam kualifikasi, yang menghalangi kami untuk membuat kemajuan lebih lanjut. Raul menjalani operasi. Sekalipun dia merasa baik, operasi seperti itu membutuhkan banyak kekuatan dari tubuh karena harus pulih. Dalam 5 minggu itu, dia pasti bisa kembali fit. Selain itu keluhan arm pumpnya sudah hilang, itu yang terpenting. Situasinya mirip dengan Miguel, meskipun dia tidak menjalani operasi. Tapi dia harus pulih dari cedera bahu dan kita semua tahu itu hal yang sangat kritis. Kita tidak pernah tahu seberapa parah kerusakan jaringannya. Ini akan membutuhkan waktu.”

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

GWM Ora Belum Siap Diproduksi Lokal?

RiderTua.com - GWM Ora seharusnya sudah dapat menjual mobil listriknya di Indonesia ketika pertama kali diperkenalkan beberapa bulan lalu. Namun…

9 Mei 2024

Haval Jolion akan Dirakit di Indonesia?

RiderTua.com - Haval menjadi satu dari tiga merek yang dibawa oleh Great Wall Motor (GWM) di Indonesia selain Tank dan…

9 Mei 2024

Toprak Razgatlioglu : Yamaha Tidak Punya Rencana Membawa Saya ke MotoGP

RiderTua.com - Usai meraih gelar dunia Superbike pertamanya pada tahun 2021, Toprak Razgatlioglu diberi kesempatan untuk menunggangi motor Yamaha MotoGP…

9 Mei 2024

Jadwal MotoGP Le Mans 2024 : Perburuan Gelar Dunia Jorge Martin

RiderTua.com - Pada tahun 1969, Kejuaraan Dunia Balap Motor pertama kali digelar di Sirkuit Bugatti. Trek balap di selatan Le Mans…

9 Mei 2024

Honda yang Tetap Andalkan Brio di Indonesia

RiderTua.com - Honda Brio tetap menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia, meski Toyota Kijang Innova dan Daihatsu Sigra juga…

9 Mei 2024

Stefan Bradl : Honda Sudah Berusaha Keras

RiderTua.com - HRC (Honda Racing Corporation) meminta test rider Stefan Bradl ambil bagian dalam GP Jerez dengan wild card. Namun…

9 Mei 2024