Categories: MotoGP

Uccio Salucci : VR46 Dikelola Oleh Sekelompok Teman yang Berbagi Peran Bersama-sama

RiderTua.com – Hingga tahun 2022, Uccio Salucci merangkap jabatan sebagai Team Director dari Mooney VR46 Racing Team sekaligus sebagai Sports Director dari VR46 Riders Academy. Namun sejak 2023, ada pembagian peran yang sudah lebih jelas. Hal ini juga dimaksudkan untuk mencegah konflik kepentingan, terkait masa depan Marco Bezzecchi yang saat ini berada di peringkat 3 di klasemen pembalap.

Dalam sebuah wawancara Uccio menjelaskan, “Sekarang sedikit berubah karena sudah berkembang menjadi cukup besar. Jadi kami memutuskan untuk membagi peran, karena akan sulit untuk melanjutkan seperti itu. Jadi saya tetap di tim dan pelatih kami Carlo Casabianca mengambil alih Akademi. Hal ini tidak hanya jauh lebih baik bagi saya dan Akademi, tetapi terutama untuk para pembalap.”

Uccio Salucci : VR46 Dikelola Oleh Sekelompok Teman yang Berbagi Peran Bersama-sama

Sebagai informasi, bahkan di dalam departemen manajemen Riders Academy VR46 ada referensi orang yang berbeda untuk pembalap. Misalnya, Francesco Secchiaroli fokus untuk mengurus kebutuhan Marco Bezzecchi dan Luca Marini, sedangkan Gianluca Falcioni melakukan negosiasi untuk Pecco Bagnaia dan Franco Morbidelli.

Ketika Uccio ditanya, jadi apakah peran di VR46 telah distrukturisasi ulang dan menjadi lebih jelas? “Ya. Kami adalah sekelompok teman yang selalu melakukan hal bersama. Itu juga merupakan kekuatan kami sampai titik tertentu. Tetapi banyak hal telah berubah dan menjadi berkembang lebih besar. Itulah mengapa, diperlukan untuk mengubah situasi secara internal di VR46 dan membagi peran untuk kebaikan kita sendiri, tetapi yang utama untuk para pembalap,” jawab tangan kanan Valentino Rossi itu.

Valentino Rossi – VR46 Academy

Apakah divisi ini juga berdampak pada tim, misalnya mungkinkah kedepannya akan ada pembalap di VR46 Racing Team yang bukan berasal dari VR46 Riders Academy? “Tentu saja. Ya, itu mungkin. Akademi pasti akan mulai mencari talenta muda lagi sekarang, seperti yang telah kami lakukan di masa lalu. Tapi menurutku butuh waktu untuk itu. Setelah Marini dan Bezzecchi, saya berharap pada Vietti. Tapi kami juga harus bekerja dengan pembalap di tim yang bukan berasal dari Akademi,” jelas Allesio Salucci.

Uccio adalah direktur tim Marco Bezzecchi, tetapi tentu saja juga mengenal Francesco Bagnaia dengan sangat baik sebagai murid VR46. Bagaimana Ucci melihat hubungan antara Bez dan Pecco? Di masa lalu, adalah hal yang tidak biasa jika berteman baik dengan rival dalam perebutan gelar apalagi bekerja sama dalam latihan.

Pria asal Italia itu memaparkan, “Ya, bertahun-tahun yang lalu kami mulai menjelaskan kepada para pembalap bahwa ‘perang’ dalam olahraga ini tidak lagi berguna. Mereka harus mencoba bekerja sama dan menghormati rival kita. Dan sebagai akademi, kami berhasil, tapi ini bukan hanya tentang Pecco dan Bezzecchi. Kami juga memiliki Marini dan Bezzecchi di dalam garasi dan ada suasana yang menyenangkan, mereka saling menghormati.”

“Kami sangat senang bahwa kami berhasil melakukannya dengan cara ini, setidaknya sejauh ini. Jika mereka mulai bertarung, kita akan lihat bagaimana mengaturnya. Tapi saya tidak berasumsi itu, karena mereka adalah anak laki-laki cerdas yang tumbuh bersama. Ini adalah aspek yang membuat perbedaan besar. Mereka saling menghormati dan telah melihat bahwa yang satu menarik yang lain dan mereka dapat saling membantu,” imbuh Uccio sambil tersenyum.

Fakta bahwa para pembalap juga bekerja sama di ranch tentunya menjadi kunci sukses VR46. “Tentu, saya sangat setuju. Sangat membantu bahwa mereka selalu bersama di ranch. Mereka menghabiskan 9 jam sehari untuk berlatih bersama. Menghabiskan begitu banyak waktu bersama juga menciptakan persahabatan dan rasa respect,” pungkas Uccio Salucci.

This post was last modified on 22 Juli 2023 19:53

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Valentino Rossi : Pecco Marah Terhadap Pembalap yang Balapan Tanpa Memikirkan Rider Lain

RiderTua.com - Valentino Rossi mengungkap kemarahan muridnya Pecco Bagnaia di GP Spanyol. Meskipun rider pabrikan Ducati itu merayakan kemenangan pada…

6 Mei 2024

Gigi Dall’Igna Diperingatkan, Jika Tidak Segera Mengumumkan Duo Pabrikan Ducati 2025 Maka akan Jadi Bumerang

RiderTua.com - Selaku bos balap Ducati Corse, keputusan mengenai line-up pembalap tim pabrikan berada di tangan Gigi Dall’Igna. Namun Neil…

6 Mei 2024

Marc Marquez Berhasil Mengalahkan Alex Marquez

RiderTua.com - Suasana di garaasi tim Gresini bagus, tapi kedua bersaudara itu tetap harus saling bersaing dan mengalahkan.. Meskipun Marc…

6 Mei 2024

Logo MotoGP Akan Berubah Mulai Tahun 2025.. Ada yang Suka dan Tidak!

RiderTua.com - Logo baru MotoGP akan berubah mulai tahun 2025 meskipun dikatakan tidak akan menyenangkan semua orang, ada apa?.. Yang…

6 Mei 2024

Alex Rins Ingin Tetap Bertahan di Yamaha Meski Banyak Masalah

RiderTua.com - Alex Rins mengaku banyak pekerjaan yang harus dikerjakan di Yamaha.. Namun dia berkomitmen untuk tetap bertahan di masa…

6 Mei 2024

Masalah Ducati Terpecahkan Mereka Telah Menemukan Solusinya

RiderTua.com - Akhir pekan MotoGP di Jerez sangat positif bagi Ducati dengan tiga pebalapnya naik podium dan tes konstruktif untuk…

6 Mei 2024