Categories: MotoGP

Fabio Quartararo : Kami Butuh Lebih Banyak Downforce untuk Bertarung

RiderTua.com – Fabio Quartararo yang sempat kesulitan dalam menjalani GP Spanyol pada hari Minggu, menjadi pembalap Yamaha tercepat dengan menempati posisi ke-3 secara keseluruhan pada tes resmi Jerez. Selisih 0,151 detik dari waktu terbaik yang dibukukan Marco Bezzecchi (Mooney VR46).

“Kami memiliki beberapa part yang diuji, tetapi tidak ada yang istimewa. Kami tahu di mana masalahnya, tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa tahun ini karena kami tidak bisa mengubah mesin. Bukan hanya akselerasi. Kami tidak bisa menggunakan power karena kami kesulitan dengan wheelie. Kami perlu mengendalikannya, tapi jika kami menggunakan winglet yang lebih besar, maka kami tidak akan cepat di trek lurus. Ini masalah yang terus mempengaruhi banyak orang,” keluh juara dunia 2021 itu.

Fabio Quartararo : Kami Butuh Lebih Banyak Downforce untuk Bertarung

Untuk Yamaha, Fabio Quartararo punya pesan khusus, “Usai balapan, saya memperjelas di mana masalahnya. Terserah mereka untuk menemukan solusinya.”

Sebagai informasi, orang Jepang membawa konfigurasi aero yang berbeda pada tes Senin di Spanyol. Ada juga dua varian sasis dan versi knalpot dengan pipa knalpot ganda.

Quartararo dengan rajin melakukan putarannya dan berakhir di posisi ke-3 pada timesheet dengan catatan waktu 1:36,725 menit. Marco Bezzecchi hanya terpaut 0,151 detik dari waktu terbaik hari itu.

Usai tes, rider asal Nice-Prancis itu menjelaskan, “Saya akan mengatakan bahwa saya sedikit lebih bahagia ketimbang hari Minggu. Kami secara khusus mengerjakan performa pada ban baru dengan sedikit bahan bakar di dalam tangki, dan saya melakukan putaran cukup awal saat suhu lintasan masih di atas 50 derajat Celcius. Saya ingin melihat perbedaannya dan kami dapat mengumpulkan data yang bagus, dan itu positif.”

“Tapi kecepatannya sendiri bagus sepanjang balapan akhir pekan. Tetapi kami memiliki beberapa kesulitan yang perlu kami atasi. Melakukan fast lap dan mengikuti lawan adalah satu hal berbeda. Kecepatan ada di sana dan kami memiliki lebih banyak power, tetapi dua winglet kecil. Kami membutuhkan lebih banyak downforce untuk bertarung. Itu dia. Dan mampu menyalip lawan dan tetap dekat, itulah masalah utama kami,” jelas pembalap berusia 24 tahun itu.

Mengenai bagian aero baru, knalpot dan sasis baru, El Diablo mengungkapkan, “Knalpot terdengar sangat berbeda, bahkan di motor. Ini tentang melihat apakah kita bisa mendapatkan top speed dengan itu. Tapi trek ini lebih tentang bagaimana kita keluar dari tikungan 5. Jadi sulit untuk benar-benar mengujinya.”

“Dengan Aero kami mencoba winglet yang berbeda tetapi mirip dengan yang sebelumnya, bahkan bagi saya sedikit lebih buruk jadi saya tidak membutuhkannya. Kami juga punya sasis yang baru tetapi sulit untuk mendapatkan umpan balik yang baik. Itu pasti tidak lebih buruk, tetapi itu berlaku untuk trek ini di sini. Jika kami memiliki perbandingan langsung di Le Mans, kami akan tahu lebih banyak.”

Mengenai uji coba sistem radio, Fabio Quartararo mengatakan, “Ini tentu bagus untuk keadaan darurat, tetapi kita harus membatasi diri pada informasi yang terkait dengan keamanan. Seharusnya tidak banyak orang yang berbicara, sulit ketika kita tiba-tiba mendengar sesuatu saat membalap.”

“Tapi ini adalah langkah keamanan yang pasti masuk akal, jika misalnya motor bermasalah di trek atau ada red flag. Jadi kita harus menggunakannya saat keadaan menjadi sulit. Ini juga ringan dan kecil, tapi tidak terlalu nyaman. Dalam hal ini, prototipe masih perlu disesuaikan,” pungkas rekan setim Franco Morbidelli itu.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Chery Siapkan Model Omoda Terbaru Lainnya?

RiderTua.com - Kesuksesan Chery dalam menghadirkan Omoda 5 di pasar global menjadi alasan dihadirkan varian listriknya, yaitu Omoda E5. Sejak…

20 April 2024

Alex Rins : Motor Kami Sangat Lamban..!

RiderTua.com - Setelah Suzuki mundur dari MotoGP pada 2022, Alex Rins memutuskan pindah ke tim LCR pada 2023. Ini artinya…

20 April 2024

GWM Tank 500 yang Dibanderol Lebih Dari Rp 1 Miliar

RiderTua.com - GWM Tank telah menghadirkan mobil SUV andalannya di Indonesia bulan lalu. Dikenal sebagai Tank 500, model SUV bermesin…

20 April 2024

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024