Categories: MotoGP

Herve Poncharal : Pol Espargaro Tidak Mungkin Comeback di Le Mans

RiderTua.com – Pemilik tim GasGas Tech3 Herve Poncharal akan senang apabila melihat Pol Espargaro kembali membalap untuk GP Le Mans pada 14 Mei. “Kembali ke GP Prancis sangat tidak mungkin. Tapi ketika menyangkut pembalap, kita tidak pernah bisa mengatakan tidak mungkin. Dan dipastikan Jonas Folger masih akan membalap di Jerez,” ujarnya.

Bos tim asal Prancis itu menambahkan, “Secara mental, Pol membuat kemajuan. Dan dia akan segera bisa makan normal lagi dan kemudian mendapatkan kembali kekuatannya. Tapi saya tidak tahu kapan dia bisa membalap lagi. Kita harus menunggu.”

Herve Poncharal : Pol Espargaro Tidak Mungkin Comeback di Le Mans

5 pembalap reguler MotoGP absen dari balapan hari Minggu kedua musim ini pada 2 April di Las Termas. Dan hanya 17 pembalap yang berkompetisi setelah Joan Mir juga mengalami cedera pada sprint di Argentina, sehingga tim Repsol-Honda tanpa pembalap pada race hari Minggu.

Kesengsaraan Pol Espargaro dimulai secara dramatis di Portimao seminggu sebelumnya pada hari Jumat. Di FP2, pembalap pabrikan GASGAS itu mengintai rivalnya Miguel Oliveira dimasa saat itu ban menjadi dingin dari 100 menjadi 69 derajat dan kemudian saat keduanya mencoba menyalip Maverick Vinales, mereka jatuh hampir bersamaan.

Pol Espargaro

Sementara Oliveira lolos tanpa cedera dalam crash tersebut, Pol sempat terbaring tak bergerak. Diagnosis di rumah sakit Faro sangat menyedihkan, beberapa tulang belakang patah, rahang patah dan dadanya memar.

Pada 2 hari berikutnya, Enea Bastianini (patah tulang belikat), Marc Marquez (patah tulang metacarpal pertama di sebelah kanan) dan Miguel Oliveira (cedera ligamen di kaki kanan) juga pensiun setelah crash di awal balapan hari Minggu.

Sementara Joan Mir dan Miguel Oliveira kembali beraksi di Texas, Michele Pirro menggantikan Bastianini dan Stefan Bradl menggantikan Marquez. Pol Espargaro digantikan oleh Jonas Folger, dia juga akan membalap di Jerez dan mungkin juga di Le Mans.

Pit Beirer (Motorsport Director KTM dan GASGAS) belum memikirkan kapan Pol Espargaro akan kembali ke Kejuaraan Dunia. “Pertama, kami hanya berharap Pol segera bebas dari rasa sakit lagi. Baru setelah itu, kami dapat memikirkan berapa lama rehabilitasinya akan berlangsung dan kapan kami dapat memikirkan tentang balapan lagi,” kata Beirer di Texas.

Telah terdengar dari orang-orang di sekitar tim GASGAS bahwa Pol Espargaro mungkin tidak dapat kembali ke trek balap hingga Juli atau Agustus.

2 hari pasca crash, Pol mengejutkan para dokter dengan pemulihannya yang cepat. Pembalap berusia 31 tahun itu meninggalkan rumah sakit di Madrid pada hari Senin dan kembali ke rumahnya di Andorra pada akhir pekan sebelum GP Texas.

Di Madrid, rahang yang patah harus diperbaiki dengan operasi, karena patah tulang ini juga mengganggu kemampuan mendengar di telinga kanan. Setelah intervensi bedah, rahang diimobilisasi sampai tulang rahang sembuh, yaitu diimobilisasi dengan kawat kunci. Artinya Pol Espargaro harus diberi makan cairan, dia sudah kehilangan 5 hingga 6 kg berat tubuhnya dan tidak dapat berbicara untuk saat ini. Namun dalam beberapa hari berikutnya, dikabarkan dia mulai bisa menggerakkan rahangnya dan membuka mulutnya lagi.

Untuk itulah Pit Beirer masih meminta Jonas Folger untuk turun tangan di Austin, Jerez, dan Le Mans.

Karena memar di dada dan cedera tulang belakang, diperkirakan waktu pemulihan yang lebih lama dan rehabilitasi ekstensif. Itu sebabnya Pol Espargaro kemungkinan besar masih akan melewatkan satu balapan atau lebih di bulan Juni.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

MotoGP Dibeli Liberty Media? Dominasi Rider Italia Dan Spanyol Berakhir?

RiderTua.com - Setelah membeli Formula 1, American of Liberty Media pun berusaha mengamankan MotoGP dengan tawaran sebesar 4 miliar euro…

29 Maret 2024

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024