Categories: MotoGP

Asa KTM di MotoGP Musim 2023

RiderTua.com – Kesinambungan dalam hasil harus menjadi target utama KTM di MotoGP musim 2023. Dimana kelemahan paling menonjol dari pabrikan asal Austria itu justru kurangnya konsistensi. Selama musim dingin, struktur KTM kembali diperkuat dengan teknisi dari kompetitor.

Penambahan teknisi terbaru tersebut adalah Alberto Giribuola, yang bekerja di Ducati sebagai kepala kru Enea Bastianini dan sebelumnya Andrea Dovizioso. Seorang insinyur yang paham Ducati dan Gigi Dall’Igna luar dalam. Jack Miller juga membawa serta kepala krunya, Cristhian Pupulin. Meski begitu, Stefan Pierer selaku CEO Pierer Mobility AG mengaku tidak mengurangi sumber daya untuk proyek MotoGP-nya.

Asa KTM di MotoGP Musim 2023

Stefan Pierer sama bertekadnya, ketika harus berpegang pada beberapa karakteristik teknis dari motor yang bergerak ke arah yang berbeda dari lawan. Kita berbicara tentang rangka baja dan Suspensi WP milik grup KTM.

Jack Miller – Brad Binder

Dua aspek penting yang membuat Pierer menentukan pilihan untuk menyesuaikan dengan apa yang dianggap standar dalam bidang tersebut bahkan tidak dipertimbangkan. Namun, untuk bermain dengan kartu yang sama dengan rival mereka, Austria tidak segan-segan memburu teknisi dari kompetitor untuk menerapkan pengetahuan mereka di WP.

Tidak tahu mengapa mereka kompetitif di satu trek tapi kalah di trek berikutnya. Hal ini membuat pusing para insinyur KTM. Mereka juga bekerja untuk menjadi lebih kompetitif di lap cepat. Karena kurangnya kecepatan dalam memperebutkan posisi start yang baik ini, sering kali merugikan mereka di tahun 2022.

Pencarian jawaban ini juga menentukan kebijakan pembalap KTM dan GASGAS untuk tahun 2023. Dengan merekrut Jack Miller, KTM berniat mengambil pengalaman pembalap asal Australia itu pada motor referensi kelas MotoGP yakni Ducati dan ‘daya gempurnya’ pada satu lap di balapan.

“Kami percaya kami membutuhkan pembalap yang bisa memberi kami kesan berbeda dari apa yang harus kami ambil langkah selanjutnya,” kata manajer tim Red Bull KTM Francesco Guidotti.

Tidak hanya Miller yang kembali ke keluarga KTM dari Ducati, tetapi juga Pol Espargaro. “Pol adalah ‘pembalap lokal’ yang mengenal motor kami dengan sangat baik dan kembali dengan pengalaman bekerja dengan Honda. Pol juga setuju untuk mencoba ‘sesuatu’ di balapan akhir pekan jika diperlukan,” imbuh Guidotti.

Brad Binder selaku ujung tombak merek, Jack Miller seorang co-rider menarik yang merupakan jaminan kesuksesan di wet race dan harus menambah jumlah kemenangan. Ditambah GASGAS dengan Pol Espargaro, seorang pembalap pengembangan dan di atas kertas pilihan yang bagus untuk sprint race beserta Augusto Fernandez. Rookie berusia 25 tahun tersebut dipanggil karena Miguel Oliveira menolak ‘diturunkan’ ke tim satelit Tech3. Penting untuk diingat bahwa Oliveira memberi KTM kemenangan terbanyak di MotoGP, yakni 5 kemenangan.

Catatan terakhir, dari 4 pembalap KTM untuk tahun 2023, hanya Augusto Fernandez yang memiliki kontrak 1 tahun. Pembalap lain sudah meneken kontrak hingga tahun 2024. Hal itu akan membuat sang pendatang baru di kelas tersebut sejak awal berada di bawah tekanan, karena bisa dilihat bahwa Pedro Acosta memiliki peluang bagus untuk naik ke MotoGP pada 2024. Dan kita tahu bahwa sebenarnya, rookie MotoGP harus diberi waktu 2 tahun saat ini.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024