Categories: MotoGP

Kerja Fabiano Sterlacchini Sebagai Kepala Teknologi KTM MotoGP Luar Biasa!

RiderTua.com – Pada musim panas 2021, teknisi asal Italia Fabiano Sterlacchini pindah dari Ducati Corse ke KTM, di mana dia menjabat sebagai Kepala Teknologi MotoGP yang baru. Yang bertugas mengoordinasikan dan mengawasi pengembangan KTM RC16, sebagai penghubung antara Werl di Munderfing dan dua tim balap Red Bull dan Tech3 di lintasan balap.

Dalam 1,5 tahun, kinerja Sterlacchini pada proyek MotoGP KTM mendapat pujian dari bos Pit Beirer dan pembalapnya Brad Binder dan Miguel Oliveira. “Sekarang Fabiano adalah pemimpin yang jelas di sisi teknis. Kami memiliki orang-orang hebat yang membuktikan dengan 5 kemenangan MotoGP bahwa mereka dapat membangun tim yang luar biasa untuk memenangkan motor. Jadi Fabiano tidak datang untuk menunjukkan kepada kami cara bekerja,” jelas Direktur KTM Motorsport Pit Beirer sebelum tes pada bulan Februari di Sepang 2022.

Kerja Fabiano Sterlacchini Sebagai Kepala Teknologi KTM MotoGP Luar Biasa!

“Tapi kami tahu bahwa dia adalah seorang insinyur dengan keterampilan balap. Itu selalu penting. Tapi dia bukan satu-satunya, kami memiliki beberapa orang yang memahami kedua sisi yakni apa yang perlu dilakukan tim di trek balap dan apa yang harus dilakukan oleh para insinyur dan seluruh karyawan di ‘markas’ agar sukses. Fabiano sukses mengoordinasikan tugas-tugas ini dan menyumbangkan pengalamannya,” imbuh bos asal Austria itu.

Brad Binder KTM MotoGP

Bahkan sebelum musim 2022, Sterlacchini telah memberikan kesan yang menjanjikan bagi Beirer. “Saya sangat terkesan dengan kontribusi Fabiano sejak musim panas 2021. Dia pria yang baik dan akan menjadi mitra yang baik untuk tim balap,” ujar Beirer.

Sterlacchini pertama kali mendapat gambaran tentang situasi tim KTM MotoGP di trek balap, dan juga menghabiskan banyak waktu di departemen balap KTM Factory Racing di Munderfing untuk mempromosikan pengembangan lebih lanjut di semua bidang baik dengan mesin, sasis, aerodinamika dan elektronik. “Fabiano bersedia melakukan banyak upaya untuk proyek kami sejak awal,” jelas Pit Beirer.

Manajer tim Red Bull-KTM Francesco Guidotti (menggantikan Mike Leitner setelah musim 2021) tidak terlalu ikut campur dalam teknologi dibandingkan pendahulunya. Sterlacchini dan Guidotti saling mengenal satu sama lain sejak mereka bersama di Ducati, karena Guidotti berasal dari tim Pramac Ducati.

Selama ini Fabiano Sterlacchini menolak semua wawancara, dia ingin membuktikan dengan tindakan. Mulai dari musim semi 2022, dia dan timnya menganalisis dengan sangat cermat mengapa KTM tertinggal dari kompetisi setelah awal musim yang kuat (finis ke-2 Brad Binder di Qatar dan kemenangan Miguel Oliveira di Mandalika). Mereka bekerja untuk mengetahui, apakah KTM kehilangan banyak waktu pada saat mengerem, berbelok, di puncak tikungan atau saat berakselerasi. Atau sedikit di bagian mana pun?

Semua detail ini kemudian diuji pada bulan September di tes Misano, mereka membuktikan valuenya dari GP Aragon dan seterusnya, posisi grid meningkat dan defisit berkurang. Binder finis ke-4 di Aragon, ke-2 di Motegi dan Valencia, sedangkan Oliveira menang di Buriram.

Brad Binder gagal meraih kemenangan untuk pertama kalinya di musim MotoGP ketiganya, tetapi dia berhasil menempati peringkat 6 di klasemen pembalap dan Red Bull-KTM  berada di peringkat 2 di klasemen tim 2022.

Apa yang berubah pada Binder sejak Sterlacchini mengambil alih komando teknis di KTM? Dalam sebuah wawancara, dengan panjang lebar Binder menjelaskan, “Fabiano tentu punya cara pendekatan yang berbeda dari Mike Leitner. Fabiano jauh lebih spesifik dan terarah ketika ditanya tentang apa yang diubah pada motor. Dia mencoba melihat masalah kita dan mencoba menyelesaikannya. Dia hanya mengubah hal-hal yang berhubungan langsung dengan masalah kita.”

“Kemudian dia menemukan cara untuk membuat semuanya berjalan ke arah yang benar, atau setidaknya ke arah yang menurut para insinyur adalah yang terbaik. Kemudian mereka melakukan segalanya untuk membuat ide mereka berhasil. Tidak ada perubahan drastis di tahun 2022, hanya langkah-langkah kecil. Terkadang ada perubahan kecil di depan, di lain waktu di bagian belakang, sekali lagi sedikit bantuan untuk akselerasi yang lebih baik.”

“Atau beberapa dukungan dengan perilaku pengereman. Semua langkah kecil ini tidak terasa masif saat ini, tetapi jika digabungkan semuanya membuat kita melaju beberapa 0,… detik lebih cepat. Mungkin 0,2 atau 0,3 detik yang membuat perbedaan di MotoGP akhir-akhir ini. Menemukan gap adalah masa lalu di MotoGP. Kita harus menjaga margin kecil.”

Miguel Oliveira yang berhasil memenangkan 5 balapan MotoGP bersama KTM, juga memuji Sterlacchini. “Fabiano adalah tambahan yang bagus untuk tim teknis kami. Dia berusaha untuk mengenal motor lebih baik, untuk memahami apa yang dibutuhkan pembalap dan mengubah pengetahuan itu menjadi solusi dari waktu ke waktu. Tentu saja, butuh beberapa saat sebelum kami melihat hasilnya,” pungkas pembalap Crypto DATA RNF Aprilia itu.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Jika Tidak Ada Kontak di Lap Pertama Saya Bisa Finis di 5 Besar

RiderTua.com - Sementara rekan setimnya Maverick Vinales mendominasi GP Amerika, Aleix Espargaro finis ke-7 setelah terjadi kontak di awal balapan.…

16 April 2024

Toyota Dkk Tidak Naikkan Harga Small SUV Bulan Ini

RiderTua.com - Toyota memang memiliki berbagai macam model SUV yang dijualnya di Indonesia. Seperti small SUV Raize yang dijual bersama…

16 April 2024

Cara Enea Bastianini Menghemat Ban, Mulai ‘Ngepush’ Pada 8 Lap Terakhir

RiderTua.com - Setelah meraih dua kali podium berturut-turut, Enea Bastianini berhasil menempati peringkat 2 di klasemen. Rider pabrikan Ducati itu…

16 April 2024

Motor Adventure Baru MV Agusta LXP Enduro Veloce, Versi untuk Jalan Raya

RiderTua.com - Pabrikan asal Italia yakni MV Agusta kembali meluncurkan motor adventure baru dengan nama MV Agusta LXP Enduro Veloce…

16 April 2024

Pedro Acosta : Maverick Vinales Benar-benar Tak Tersentuh

RiderTua.com - Saat start di GP Amerika, Pedro Acosta melesat bak roket dan langsung memimpin balapan untuk beberapa lap. Saat…

16 April 2024

All New Mitsubishi Triton Raih Lima Bintang Dari Tes Tabrak Australasian NCAP

RiderTua.com - Mobil pikap Mitsubishi, yaitu Triton, telah mendapatkan model generasi terbarunya sejak tahun lalu di Thailand. Pikap double cabin…

16 April 2024