Categories: MotoGP

Ayumu Sasaki Favorit Juara Dunia Moto3 2023

RiderTua.com – Peter Ottl selaku manajer Tim Liqui-Moly-Husqvarna-Moto3 yang baru, yakin Ayumu Sasaki yang menyelesaikan musim 2022 sebagai peringkat 4 Kejuaraan Dunia dapat memenangkan gelar pada tahun 2023.

Sebagai informasi, Peter Ottl telah menjalankan timnya sendiri di Kejuaraan Dunia Moto3 sejak 2016. Dia merekrut putranya Philipp untuk membalap di KTM selama 3 tahun pertama. Setelah musim 2018 dia mendirikan usaha patungan bersama Juara Dunia 6 kali Max Biaggi, yang datang sebagai mitra tim saat Phillip naik ke Moto2 dan kemudian membentuk duo pembalap di tim KTM Red Bull Tech3 dengan Marco Bezzecchi.

Peter Ottl (Husqvarna): Ayumu Sasaki Adalah Favorit untuk Gelar Moto3 2023

Sejak 2020, Peter Ottl dan Max Biaggi telah menjalankan tim balap bersama dalam usaha patungan dan merayakan setidaknya 1 kemenangan balap setiap tahun. Pada tahun 2020, bahkan Aron Canet memenangkan 3 balapan seperti pada tahun 2022 dengan Ayumu Sasaki (2 kali menang) dan John McPhee (1 kali). Sejak tahun 2021, tim Kejuaraan Dunia Moto2 itu telah berkompetisi dengan nama Tim Sterilgarda Max Eacing dengan motor Husqvarna, lebih tepatnya sebagai Tim Husqvarna Factory Racing.

Ayumu Sasaki

Tapi Ottl dan Biaggi telah berpisah meskipun terus-menerus meraih kesuksesan, itulah sebabnya pendiri tim asal Jerman itu bergabung dengan tim Liqui-Moly IntactGP di Memmingen, yang akan bersaing dengan Husqvarna untuk pertama kalinya pada tahun 2023 dan di kedua kelas kecil Kejuaraan Dunia untuk pertama kalinya.

Namun perpisahan dengan Max Biaggi (yang meyakini dirinya sebagai pemilik tim yang sah) diwarnai perseteruan dan berlarut-larut selama berbulan-bulan. Di GP Jerez pada akhir Maret, Ottl menyatakan bahwa dia ingin menjalankan tim balap pada tahun 2023 tanpa rekannya itu. Tapi IRTA dan Dorna menganggap Peter Ottl sebagai pemilik tim dan memberinya dua slot dan pendanaan harus diamankan.

Hubungan antara Biaggi dan Ottl beberapa kali sempat memanas, karena mantan pembalap berusia 53 tahun itu bersikeras selama liburan musim panas pada bulan Juli bahwa dia telah memperpanjang kontrak pembalap dengan Ayumu Sasaki setelah kemenangannya di Assen. Ottl bahkan menawarkannya ke tim Intact untuk Kejuaraan Dunia Moto2.

“Pada prinsipnya, topik ini menghilang begitu saja, karena jika kita tidak memiliki tim balap, kita tidak dapat menawarkan tempat kepada pembalap di Kejuaraan Dunia,” kata Peter Ottl.

“Pada dasarnya Sasaki ingin naik ke Moto2 jika ada kesempatan bagus. Jika itu tidak berhasil, dia akan tetap bersama kami di Moto3. Dia mempertimbangkan pilihannya dan tampaknya tidak menemukan apa pun yang meyakinkannya. Setelah itu relatif jelas bahwa dia akan tinggal bersama kami dan Husqvarna. Tapi pertama kami harus menunggu dan melihat apakah dia tidak menemukan solusi Moto2,” imbuh bos tim berusia 57 tahun itu.

Keberhasilan tim Moto3 Peter Ottl:

  • 2018: Kemenangan balap bersama Philipp Ottl dengan KTM di Jerez
  • 2019: 3 kemenangan balap bersama Aron Canet, KTM dan peringkat 2 Kejuaraan Dunia
  • 2020: Kemenangan balap dengan Romano Fenati, Husky di Misano, peringkat 14 Kejuaraan Dunia
  • 2021: Kemenangan balap dengan Romano Fenati, Husky di Silverstone, peringkat 5 Kejuaraan Dunia
  • 2022: 2 kemenangan balap bersama Ayumu Sasaki, Husky, peringkat 4 Kejuaraan Dunia
  • 2022: Kemenangan balap bersama John McPhee (Sepang), peringkat 11 Kejuaraan Dunia

Sasaki menunjukkan penampilan yang kuat di paruh kedua musim 2022 dan pada akhirnya menempati peringkat 3 di kejuaraan dunia.

Ayumu Sasaki – Peter Ottl – John McPhee

Peter Ottl menjelaskan, “Selalu jelas bagi saya bahwa kami akan terus bersamanya. Karena setelah musim 2021, laju tim lain di Sasaki relatif bisa dikendalikan. Saya telah menganalisis penampilannya selama beberapa tahun terakhir. Saya akan melihatnya berada di peringkat 6 di Kejuaraan Dunia 2021 di Tech-3-KTM jika dia tidak cedera. Dia berpeluang untuk membalap ke depan. Itulah mengapa, dia adalah pilihan yang sangat baik bagi saya untuk tahun 2022. Saya pikir Ayumu memberi kami pujian karena memercayai kemampuannya sejak awal ketika tim lain tidak begitu tertarik.”

Setelah dua kemenangan di Assen dan Spielberg pada 2022 dan 7 hasil top 3 lainnya, pembalap asal Jepang berusia 22 tahun itu dianggap sebagai kandidat peraih gelar dunia 2023 yang logis.

“Ya, sebagai peringkat 4 di Kejuaraan Dunia dan tiga pembalap di depannya semuanya pindah ke Moto2. Secara teoritis itu akan menjadi gilirannya, tetapi selalu ada pembalap yang kuat. Meski demikian, Ayumu adalah salah satu favorit gelar dunia bagi saya,” imbuh Ottl.

Peter Ottl menyebutkan beberapa para rival kuat. “Masia di Leopard pasti akan menjadi topik bersama dengan beberapa lainnya yang telah menonjol di tahun 2022, seperti Oncu, Munoz, Moreira, Holgado, dan sebagainya. Pembalap ini pasti semuanya akan kuat,” lanjutnya.

Apa kekuatan Sasaki? “Selama seluruh sesi latihan, dia secara konsisten bekerja sendiri dalam persiapan balapan. Dia mampu mengelola ini sendiri. Dan dia belajar bahwa jika tidak cukup untuk naik podium, dia harus finis ke-4 atau ke-5. Karena konsistensi adalah prasyarat untuk meraih gelar. Auymu membuat beberapa kesalahan lagi tahun ini. Saya berasumsi bahwa jika dia mengambil langkah kecil terakhir sekarang, dia benar-benar bisa bertarung untuk gelar,” pungkas Ottl yakin.

This post was last modified on 27 Desember 2022 06:04

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Peugeot Hentikan Penjualan Mobilnya di Indonesia?

RiderTua.com - Peugeot telah hadir di Indonesia selama lebih dari tiga tahun, walau mereka baru menjual tiga model. Ketiganya terdiri…

3 Mei 2024

BYD Mulai Membuka Pemesanan Dolphin Varian Termurah

RiderTua.com - BYD telah menghadirkan tiga mobil listrik andalannya di Indonesia, yaitu Atto 3, Dolphin, dan Seal. Meskipun begitu, ketiganya…

3 Mei 2024

Pedro Acosta Bukan Pembalap Biasa, Dia Sangat Unik.. Ini Bedanya!

RiderTua.com - Bos teknis KTM MotoGP Sebastian Risse terkesan dengan performa awal luar biasa yang ditunjukkan rookie Pedro Acosta di…

3 Mei 2024

Pedro Acosta Bersiap Teken Kontrak Baru dengan KTM

RiderTua.com - Pedro Acosta dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk menandatangani kontrak baru dengan KTM. Rookie berusia 19 tahun itu tampil mengesankan…

3 Mei 2024

Kelemahan Motor RS-GP24? Ini Kata Direktur Teknik Aprilia

RiderTua.com - Direktur Teknik Aprilia, Romano Albesiano, menjelaskan apa yang kurang dari RS-GP dan anak buahnya untuk membidik gelar juara…

3 Mei 2024

Maverick Vinales : Meski Ada Tawaran Bagus Saya Ingin Bertahan di Aprilia

RiderTua.com - Meskipun Ducati mendominasi MotoGP di awal musim 2024, Maverick Vinales dan Aprilia mampu bersaing dengan hasil yang sangat mengesankan.…

3 Mei 2024