Categories: MotoGP

Kenapa Suzuki Tiba-tiba Bisa Menang di Akhir Musim?

Ada Dua Alasan

Pertama, meski Suzuki awalnya berjanji bahwa anggaran 2022 akan digunakan sepenuhnya dan pengembangan tidak akan terpengaruh, jelas bahwa masalah teknis tetap mengalami kemunduran. Tentu, tweak aneh terus dilakukan (bahkan tes pribadi hanya beberapa hari sebelum balapan terakhir di Jepang), tetapi aliran normal komponen baru yang dikembangkan untuk tahun 2023 dipotong lebih awal.

Kedua, pukulan yang jauh lebih besar adalah berdampak terhadap mental. Suzuki dikenal sebagai tim paling bahagia dan ramah di paddock. Banyak yang telah ditulis tentang bagaimana Brivio berhasil membangun tim pabrikan yang terasa seperti keluarga tetapi ketika tersiar kabar bahwa keluarga ini akan berpisah setelah tahun 2022, keretakan mulai muncul.

Tentu saja tidak ada argumen, tapi prioritas berubah orang-orang mulai mencari pekerjaan, prestasi kerja jelas menurun dan mental terlihat anjlok, diperburuk oleh sejarah panjang performa yang buruk dan cedera pembalap.

Jadi ketika sampai pada balapan ketiga terakhir musim ini di Phillip Island, tidak banyak yang diharapkan. Bahkan mengingat kehebatan GSX-RR di trek yang sangat cocok dengan konsep Suzuki.

Tapi ada fenomena tertentu dalam balapan di mana terkadang kita hanya perlu berpikir bahwa kita lebih kuat dari yang kita kira di atas kertas untuk menemukan jalan kembali.

Pembalap sering bingung saat tiba di trek favorit atau balapan kandang. Dalam olahraga sedekat MotoGP, kepercayaan diri sama pentingnya dengan kemampuan teknis. Dan Alex Rins datang ke Phillip Island dengan sangat percaya diri ketimbang 6 bulan terakhir.

Tentu saja, sifat alami balapan di trek ikonik Australia juga membantu. Rins mampu melakukan pertarungan di mana keunggulan kecepatan menikungnya merupakan nilai tambah yang besar. Rins tumbuh menjadi petarung hebat dan memberikan kemenangan yang sesuai dengan kepercayaan dirinya dan melebihi ekspektasi.

Sementara Sepang tidak bisa menjadi trek pengulangan seperti itu, Valencia memiliki potensi. Sekarang Suzuki kembali ke barisan pembalap penuh, kekurangan yang sebelumnya merugikan Suzuki berkat jumlah data yang dikumpulkan tidak mencukupi karena hanya satu pebalap cepat yang dimasukkan sementara yang lain (Joan Mir) cedera.

Final Kejuaraan Dunia berakhir dengan luar biasa, dengan kemenangan kedua Alex Rins dalam tiga balapan. Dan dalam dua kemenangan itu terdapat sedikit potensi yang bisa dimiliki versi terakhir GSX-RR.

Secara teknis lebih baik ketimbang mesin 2021 dan hanya diganggu dengan masalah lain. Seandainya kedua pebalap menjalani musim bebas cedera dan menandatangani kontrak dengan Suzuki untuk tahun depan, segalanya bisa menjadi sangat berbeda di tahun 2022.

Page: 1 2 3

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Kolaborasi Yamaha dengan FILA, Luncurkan Fazzio Edisi Spesial

RiderTua.com - Salah satu skutik Yamaha yang berkolaborasi dengan FILA yakni sebuah brand fashion terkenal, menghasilkan edisi spesial dari Fazzio…

25 April 2024

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024