Categories: MotoGP

Carlo Pernat: Honda Jangan Membuat Motor untuk Marquez Saja

RiderTua.com – Manajer senior Carlo Pernat memberikan penilaiannya tentang musim 2023. Selain itu manajer asal Italia itu juga memiliki saran untuk Honda seputar Marc Marquez dan pendatang baru Joan Mir dan Alex Rins.

“Honda harus merombak motornya yang sedang dalam masalah. Semua hal baik yang dilakukan Yamaha pada tes sebelumnya di Barcelona dan Misano sepertinya menguap di Valencia, dan Fabio Quartararo cukup kecewa. KTM sedang bekerja tetapi belum siap. Aprilia tampil buruk dalam 5 balapan terakhir dan kehilangan konsesi, kita tidak bisa melupakan itu meski mereka telah membuat langkah besar,” ujar Pernat.

Carlo Pernat: Meski Mahal Honda Harus Mengikuti Dua Jalur Pengembangan

Pada tahun 2022 Ducati sukses meraih ‘Triple Crown yang dipimpin oleh juara dunia Pecco Bagnaia. Carlo Pernat sebagai manajer pendatang baru Ducati Lenovo Enea Bastianini, mengharapkan musim 2023 menjadi tahun kejayaan lagi bagi pabrikan asal Borgo Panigale itu.

Alberto Puig – Marc Marquez

“Ducati memiliki segalanya untuk mendominasi, motor dan pembalap. Dan saya tidak hanya berbicara tentang juara dunia Bagnaia dan Bastianini, tetapi juga Bezzecchi dan Martin. Buat saya, Ducati tetap favorit,” tegas Pernat.

Pernat menambahkan, “Lawan Ducati selalu sama yakni Fabio Quartararo dan Marquez jika fisiknya fit 100 persen. Mungkin kita akan melihat sesuatu dari KTM juga, tapi saya rasa mereka belum siap. Saya minta maaf untuk Aprilia, tapi saya tidak akan melihat mereka di pertarungan kejuaraan lagi. Mereka tampil mengecewakan di balapan terakhir musim lalu. Saya tidak percaya bahwa Aleix dapat mengulangi musim seperti yang dia tunjukkan selama 3/4 musim di tahun 2022. Dan Vinales mengalami banyak pasang surut, saya belum melihat dia dalam posisi untuk memenangkan Gelar Dunia.”

Setelah musim yang membuat frustrasi Honda, tentunya ada fokus khusus pada pengembangan RC213V lebih lanjut, juga berkaitan dengan pendatang baru Alex Rins dan Joan Mir.

Pernat sempat terkejut saat dimintai saran tentang topik ini. “Sebagai bos Honda, saya akan melakukan dua pengembangan terpisah, meskipun mahal. Karena jika mereka mengembangkan motor untuk Marquez, dua rider lainnya tidak akan mampu menanganinya, tidak ada seorang pun. Itu tanda tanya besar.”

Mantan manajer legenda MotoGP Valentino Rossi itu melanjutkan, “Mereka harus bekerja dua kali lebih keras. Mereka harus mengandalkan Marc, karena dia adalah sosok yang luar biasa, untuk menyiapkan motor seperti yang dia inginkan. Dan pada saat yang sama melakukannya pengembangan kedua untuk pembalap lain. Jika tidak, mereka dalam masalah.”

“Kita tentu harus memuji Marquez atas comeback dan kemauannya. Tetapi ketika kita berbicara tentang berada di depan dan mengalahkan yang lain, masih ada tanda tanya mengingat level pembalap dan motor saat ini,” imbuh Pernat.

Bagi Pernat sangatlah jelas, Honda terjebak dalam kekacauan. “Apa yang mereka lakukan jika tetap berpegang pada Marquez? Apakah mereka juga berkembang untuk yang lain? Saya akan melakukannya untuk semua pembalap dan menghabiskan lebih banyak uang,” pungkas Pernat menggarisbawahi pandangannya tentang berbagai hal yang terjadi di Honda.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024