Sprint Race Tahun Depan ‘Memaksa’ Dani Pedrosa Turun Balap Lagi!

RiderTua.com – Di usia 37 tahun, Dani Pedrosa mengaku masih dalam kondisi prima. Menikmati masa pensiunnya ini dia jauh dari hiruk pikuk perjalanan keliling dunia selama sembilan bulan dalam setahun, pria asal Catalunya itu, menghabiskan sebagian waktunya mengembangkan KTM RC16 MotoGP sambil menikmati hidup dan akhirnya tergerak untuk berpacu dengan mobil sport Lamborghini. Mengapa balapan sprint (sprint race) yang mulai diperkenalkan tahun depan akan memaksa wildcard baru untuk Dani Pedrosa di MotoGP?.. Singkat kata: Dengan format sprint race tahun depan, butuh strategi baru dan Dani Pedrosa akan ikut merasakan ‘balapan singkat’ itu untuk membantu KTM menyusun siasat menghadapi pola baru kompetisi.. Karena sebelum ada sprint race tim hanya fokus ke Kualifikasi (single lap) untuk menentukan starting grid..

Juara dunia tiga kali itu (125cc dan 250cc) pada tahun 2023 akan menjadi musim kelimanya sebagai tes rider untuk KTM, pekerjaan yang dilakukan pembalap Spanyol itu dengan senang hati dan dia akan terus melakukannya selama tubuhnya masih mampu bertahan dan KTM puas dengan pekerjaan yang dilakukan mantan rider dengan nomor #26 itu sepanjang musim.

Selama tes terakhir yang diselesaikan Dani di Jerez, dia berbicara tentang masa depannya dan rencananya untuk tahun 2023 dan 2024, menjelaskan bahwa niatnya adalah untuk tetap melanjutkan membantu pengembangan motor KTM, berkontribusi untuk meningkatkan performa RC16 di lintasan, “Saya masih menikmati balapan, itu hal terindah di dunia. Selama saya bisa cepat dan saya bisa memberikan umpan balik yang tepat kepada para insinyur KTM, saya akan terus maju,” kata Dani.

Dia menambahkan,”Saya akan selalu melanjutkan dengan syarat manajemen KTM ingin mempertahankan saya di sini dan mereka yakin bahwa saya masih bisa berguna bagi mereka. Selama itu, saya ingin melanjutkan.”

Wildcard Menunggu

Sejak pertama kali bergabung dengan KTM pada 2019, Pedrosa hanya menjalani balapan satu kali (tahun 2021), di Red Bull Ring, balapan di mana Dani berpartisipasi dengan satu tujuan: untuk memahami bagaimana balapan MotoGP berkembang sekarang untuk bekerja pada pengembangan RC16 di masa depan. Dan sekarang di MotoGP akan diperkenalkan balapan sprint mulai 2023, Pedrosa yakin ini adalah waktu yang ideal untuk melakukan wildcard lagi.

Dani Pedrosa
Dani Pedrosa

“Ya, ada kemungkinan akan balapan.. Tahun depan akhir pekan akan berubah dengan balapan sprint, yang akan digelar dengan jarak menengah, dan itu mengubah (strategi) seluruh balapan akhir pekan,” kata Pedrosa..

Bisa jadi dengan alasan yang sama untuk memahami kondisi persaingan dengan formaty baru, wildcard Dani Pedrosa dimungkinkan… Untuk mendapatkan pengalaman dalam balapan pendek baru ini (Sprint Race). karena dalam balapan harus mengerti perubahan apa yang harus dilakukan pembalap resmi untuk dapat menghadapi sprint race dengan baik. “Jadi ya, melakukan balapan akan menarik, jadi ketika saya melakukan tes lagi nanti, saya akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang apa itu dibutuhkan dan apa yang tidak (setelah adanya Sprint Race atau balapan singkat dengan strategi baru),” katanya.

Dengan adanya balapan sprint berarti akan perubahan penting dalam hal pengorganisasian setiap akhir pekan.. Berbeda dengan apa yang terjadi hingga saat ini, sesi latihan pada hari Jumat akan menentukan siapa yang lolos ke Q2, sehingga banyak pembalap akan memilih untuk meningkatkan time-attack mereka menjadi yang tercepat hanya untuk satu lap daripada melatih kecepatan balapan (race pace) mereka, dan di situlah Dani juga akan merenungkan metode kerja baru yang juga akan mempengaruhi pengembangan tes pribadinya.

“Saat saya melakukan tes, misalnya, saya menggunakan sepasang ban dan mendorongnya sampai saya menyelesaikannya.. Sering kali saya berada di lintasan dengan ban bekas selama tes. Sekarang, di balapan, sepertinya para pembalap akan sering balapan dengan ban baru, karena keputusan siapa yang masuk atau tidak. Q2 akan berlangsung pada hari Jumat. Konsepnya berbeda”, kata Pedrosa, lebih bersemangat untuk bersaing dengan KTM lagi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives