Toyota dan Deretan Mobil yang Dirakit di Indonesia

RiderTua.com – Toyota kini menghadirkan generasi terbaru dari Kijang Innova yang masih dirakit di Indonesia. Dengan varian hybrid yang ditawarkan, model ini menjadi mobil hibrida pertama yang diproduksi lokal. Namun Toyota masih memiliki sejumlah model yang dirakitnya di Tanah Air. Beberapa diantaranya juga sudah hadir lebih dari satu dekade.

Baca juga: Mobil LMPV dan LCGC Toyota Bisa Kebagian Varian Hybrid?

Toyota Memiliki Sejumlah Model yang Dirakit Lokal

Sebenarnya sejak dulu Kijang Innova (termasuk Kijang lawas) sudah diproduksi di Indonesia, dan menjadi salah satu model tertua yang masih dijual sampai sekarang. Termasuk Avanza yang diproduksi bersama kembarannya, Xenia, walau modelnya kini dirakit oleh Daihatsu. Kecuali Veloz yang tetap diproduksi oleh Toyota.

Walau Innova Zenix sudah diproduksi, tapi model lamanya tetap diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar fleet. Begitupun dengan Fortuner, dimana modelnya diekspor ke negara seperti Australia. Meskipun begitu, varian mesin diesel-nya tetap diproduksi, sedangkan mesin baru Innova masih didatangkan dari luar negeri.

(Viva)

Banyak Model

Selain Avanza, Innova, dan Fortuner, Toyota masih memiliki berbagai model rakitan lokalnya. Dari Calya, Yaris, dan Sienta, sejumlah diantaranya masih mencatatkan angka produksi yang cukup bagus. Sisanya dirakit oleh Daihatsu, dengan beberapa model seperti Avanza-Xenia, Raize-Rocky, Rush-Terios, sampai Agya-Ayla.

Sejauh ini baru Innova Zenix Hybrid yang dirakit lokal, sementara semua mobil hybrid yang dijualnya di Indonesia masih didatangkan dalam bentuk CBU. Memproduksinya secara lokal dapat memberikan harga jual yang lebih terjangkau dari harga normalnya. Walau ada sebagian besar komponen yang masih diimpor dari luar negeri, setidaknya TKDN-nya lumayan tinggi.

Toyota masih terus mempertahankan model rakitan lokalnya di Indonesia. Walau untuk elektrifikasinya belum direncanakan sampai sejauh ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: