Kijang Innova Zenix Baru Bisa Diekspor Tahun Depan?

RiderTua.com – Kijang Innova Zenix telah diluncurkan di Indonesia sebagai model generasi ketiga. Tidak seperti mobil hybrid lainnya yang didatangkan secara CBU, model ini sudah diproduksi secara lokal. Rencananya Kijang Innova Zenix bakal diekspor mulai tahun depan. Dari 4 ribu unit yang diproduksi, separuh diantaranya akan dikirim ke luar negeri.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Resmi Dirilis, Kini Dengan Mesin Hybrid!

Kijang Innova Zenix Diekspor Tahun Depan

Memang sejak awal, Kijang Innova sudah lama diproduksi di Tanah Air dan menjadi salah satu andalan Toyota. Model ini tampil sebagai model generasi ketiga yang lebih sporty dan modern, tentunya lebih ramah lingkungan dengan mesin hybrid terbarunya. Walau harga jualnya kini lebih mahal, tapi model ini sudah dirakit lokal layaknya model lamanya.

Toyota memastikan kalau TKDN yang dimiliki Innova Zenix sudah melebihi 60 persen, walau tidak setinggi model lainnya. Tapi setidaknya ini memungkinkannya untuk dijual dengan harga sedikit lebih terjangkau. Terlebih Toyota sudah berencana untuk mengekspor Kijang Innova Zenix ke sejumlah negara, layaknya model generasi lamanya.

(Toyota Astra Motor)

Produksi Lokal

Produksi Innova di Indonesia bisa memproduksi hingga 4 ribu unit tiap bulannya, dan dari angka tersebut, separuh diantaranya akan diekspor ke luar negeri. Negara tujuannya berada di kawasan Asia, Amerika Selatan bagian tengah, Afrika, dan Timur Tengah. Mereka melihat sejumlah negara di kawasan tersebut memiliki permintaan akan mobil hybrid yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, Innova Zenix Hybrid yang akan diprioritaskan untuk dikirim ke sejumlah negara di kawasan ini. Akan ada dua tahap yang dilakukan mulai tahun 2023, dimana Asia, Amerika Selatan, dan Afrika yang didahulukan, baru setelahnya Timur Tengah. Walau belum dijelaskan apakah model konvensionalnya memang tidak diperuntukkan untuk pasar ekspor atau tidak.

India sendiri baru bisa mendapatkan Innova generasi terbaru mulai tanggal 25 November mendatang. Modelnya bakal dirakit lokal, dengan nama Innova Hycross.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: