Categories: MotoGP

Jorge Martin, Opsi Yamaha Gantikan Morbidelli?

RiderTua.com – Jorge Martin, opsi Yamaha gantikan Morbidelli untuk musim 2024?.. Musim 2022 baru saja berakhir, namun di paddock MotoGP mereka sudah mulai berbicara tentang grid di 2024, tahun di mana beberapa kursi pabrikan akan tetap berpeluang diperebutkan, termasuk yang saat ini ditempati oleh Franco Morbidelli di Tim Monster Energy Yamaha.. Dan menurut beberapa rumor Yamaha sudah mendekati Jorge Martin, pembalap yang tidak puas dan kalah bersaing dengan Bastianini memperebutkan kursi Pabrikan Merah… Dan tentu saja ada nama Toprak Razgatlioglu, meskipun Yamaha akan kesulitan mencari penggantinya yang lebih baik dari Toprak di WSBK..

Untuk merekrut Martin jelas Yamaha harus membuat motor yang mampu bersaing dengan Ducati.. Karena Martin juga berfikir meskipun di tim resmi Yamaha, kalau sulit naik podium buat apa (ingat kasus Pol Espargaro)..

Pembalap Italia-Brasil itu dipromosikan ke tim resmi di pertengahan tahun 2021 yang bermasalah yang ditandai dengan perpisahan antara Yamaha dan Maverick Vinales. Pembalap asal Romawi itu memulai petualangannya dengan M1 tim resmi dalam kondisi buruk setelah menjalani operasi lutut pada bulan Juni, dan juga harus menghadapi kesulitan lain: harus membiasakan diri mengendarai M1 versil 2021 yang benar-benar berubah dan memerlukan gaya balap berbeda.

Di musim 2022 jauh dari membaik, performa Franco Morbidelli semakin tidak menentu.. Dalam 20 balapan dia hanya mampu menambah 42 poin, padahal tahun lalu dia mengumpulkan 47 poin dari 13 balapan yang diperebutkan. Posisi keseluruhannya di kejuaraan sangat menyedihkan (dia finis di peringkat ke-19 dunia), dan bisa jadi Yamaha mulai kehilangan kesabarannya.

Morbidelli menandatangani pembaruan terakhirnya hingga akhir 2023, tahun depan, Morbidelli harus melakukan perubahan radikal dari balapan pertama di Portimao jika dia ingin mendapatkan kepercayaan lagi dari Lin Jarvis.. Bos Yamaha Racing di MotoGP itu yakin bisa memulihkan Morbidelli ke performa terbaiknya tahun depan. Di mana dia mampu bersaing dengan Joan Mir memperebutkan gelar juara dunia pada 2020, meski di saat yang sama Yamaha sudah menyiapkan opsi lain untuk masa depan.

Opsi Yamaha Masa Depan

Salah satunya adalah pembalap Turki, Toprak Razgatlioglu yang saat ini masih terikat kontrak dengan WorldSBK setidaknya hingga akhir 2023. Dan saat itulah dia harus memutuskan apakah akan mengambil langkah terakhir ke Kejuaraan Dunia MotoGP, atau tetap di sana..

Memang, di Valencia, Lin Jarvis mengatakan belum tentu Toprak langsung konpeitif. “Misi Toprak adalah memenangkan Kejuaraan Dunia Superbike sebelum memikirkan opsi dan alternatif lain. Dan tidak ada jaminan bahwa Toprak akan berhasil ke MotoGP dan mengalahkan Franco Morbidelli atau siapa pun. Saya yakin Toprak memiliki potensi yang sangat besar. Kami sangat menghormati dia. Dia sudah mencoba motor MotoGP kami, tetapi kami tidak bisa berbuat lebih banyak lagi,” kata Jarvis..

Pada prinsipnya, opsi Toprak tampaknya paling logis, namun, selama seminggu terakhir ini nama menarik lainnya muncul di paddock MotoGP, dan itu tidak lain adalah Jorge Martín. Pembalap asal Madrid itu kalah dalam berebut kuris di tim pabrikan Ducati, yang akhirnya jatuh ke tangan Enea Bastianini.. Padahal awalnya Ducati yakin bahwa Martín memiliki potensi yang diperlukan untuk menjadi juara MotoGP, itulah sebabnya mereka meyakinkannya tentang kesepakatan ke tim pabrikan pada tahun 2023, atau memberinya motor dan gaji yang sama dengan ‘Bestia’. Namun Martin sepertinya tetap tidak puas jika tidak di tim pabrikan, dan Yamaha mungkin bisa menjadi pilihannya tahun mendatang..

Hanya satu masalah yang dimilik Yamaha adalah, apakah Jorge Martin mau pindah ke tim dengan motor yang masih kalah dengan Ducati yang dia kendarai sekarang?.. Apalagi motor Yamaha terbukti tidak bisa cocok dengan semua gaya balap.. Bisa saja Martin pindah ke Yamaha, namun jika tidak kompetitif, apa artinya tim resmi jika sulit menjejak podium?

Toprak Razgatlioglu-Lin Jarvis

Jorge menandatangani perpanjangan dengan PRAMAC Racing selama satu tahun, hingga akhir 2023, dan dari rumor di paddock Valencia, tampaknya Yamaha telah memperhatikannya. Ricard Jove, salah satu jurnalis paling terkenal di DAZN, meyakinkan bahwa dari apa yang dia ketahui sendiri, menurutnya telah ada pendekatan dari Yamaha kepada Jorge Martin, meskipun bukan untuk 2023, tapi untuk masa depan..

Dan jika Yamaha menginginkan pembalap seperti Jorge Martín atau bahkan Toprak Razgatlioglu, mereka perlu menciptakan motor yang mampu bersaing dengan pabrikan terbaik saat ini, Ducati, apalagi motor yang sudah ada di tangan Martin saat ini. Dan jika tahun depan dia mampu membuat motor yang kompetitif dengan semua pembalap, untuk apa mengganti Morbidelli yang sudah terbukti bahkan akan lebih berpengalaman dan lebih mengenal M1 dibanding Toprak dan Martin (yang masih butuh adaptasi paling tidak setahun)..

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024

Citroen C3 Aircross akan Dikirim ke Konsumen Bulan Depan

RiderTua.com - Citroen kini menghadirkan varian baru lainnya dari C3 di Indonesia, yaitu Aircross. Layaknya C5 Aircross yang sebelumnya dirilis,…

25 April 2024