Categories: MotoGP

Brad Binder: Jika Tidak Bermasalah, Jangan Utak-atik

RiderTua.com – Dengan pembaruan sasis, Brad Binder finis ke-2 di GP Valencia akhir pekan ini. Selama tes pada hari Selasa sebelum liburan musim dingin, rangka KTM RC16 kembali menarik perhatian. “Ini bukan sasis yang saya gunakan selama akhir pekan, ini versi yang lebih baru,” jelas pembalap berusia 27 tahun itu.

Pembalap asal Afrika Selatan itu menambahkan, “Saya punya banyak masalah dengan bagian depan di akhir pekan. Bermasalah saat berhenti dan berbelok. Bagian ini sangat bagus dengan motor baru ini. Motornya terasa lebih mudah dikendarai. Kita berhenti di tempat yang kita inginkan dengan lebih baik dan menikung juga lebih baik. Tapi saya sedikit kesulitan saat keluar dari tikungan. Jadi kami membutuhkan kombinasi dari semuanya.”

Tapi untuk tes Sepang tahun depan, jika di Valencia ada part yang tidak bermasalah jangan diutak-atik lagi. Misalnya mencoba hal-hal baru lagi.. Karena merubah satu bagian akan berpengaruh kepada seluruh paket motor..

Brad Binder Menyukai Motor Barunya

Yang juga terlihat baru pada KTM RC16 adalah, paket aero dengan lekukan samping pada fairing yang pertama kali terlihat seperti pada Aprilia RS-GP di musim 2022. Menurut Aleix Espargaro, konfigurasi ini terlihat jelas saat di tikungan cepat.

Apakah itu juga yang terjadi pada Brad Binder? “Sulit untuk mengatakannya. Karena ketika kami mengubah hal-hal seperti aerodinamika, kami tidak hanya mengubah itu saja, tetapi seluruh paket. Tapi paketnya terasa nyaman, saya menyukainya. Kondisi saat itu sangat berangin. Saya merasa lebih baik diterpa angin,” jawab rider berjuluk ‘Brad Attack’ itu.

Analisis terperinci sekarang ada di tangan para insinyur KTM. “Semuanya berbeda seperti fairing dan winglet. Jadi sulit untuk mengatakan apa masalahnya. Bagaimanapun, sekarang itulah tugas para insinyur untuk mengoptimalkan segalanya dan membawa paket yang lebih baik ke Sepang (tes pada bulan Februari),” ungkap Binder.

Mesin juga telah dikembangkan lebih lanjut. “Motor baru adalah kombinasi yang utuh. Karakter mesinnya sangat mirip. Saya tidak tahu bedanya, mereka tidak memberi tahu saya apa pun. Saya naik motor lalu mengendarainya dan saya memberi tahu mereka apa yang saya pikirkan,” ujar kakak Darryn Binder itu.

Akankah KTM membawa evolusi motor ini ke tes Sepang pada bulan Februari atau apakah Binder mengharapkan perubahan besar pada RC16-nya? “Hal-hal yang telah kami ubah tidak besar. Hal-hal kecil itulah yang benar-benar mengatasi masalah kami. Itu semacam filosofi baru KTM, ‘Jika tidak bermasalah, jangan sentuh’. Saya percaya mereka akan melakukan hal-hal yang dapat membuat kita lebih cepat. Saya tidak tahu apakah ini akan menjadi perubahan kecil atau besar. Kita lihat saja di Sepang,” lanjut Binder.

Pada tes Valencia, Binder berbagi garasi Red Bull KTM dengan rekan setim barunya Jack Miller untuk pertama kalinya. “Senang mendengar kesan pertamanya. Dia jelas langsung merasa cukup baik. Menurutku, kami akan menjalani musim yang baik tahun depan,” ucapnya optimis.

Karena pembalap asal Australia itu masih terikat kontrak dengan Ducati hingga akhir tahun, Miller belum bisa berkomentar secara terbuka tentang KTM. Apa yang dia katakan saat ngobrol dengan Brad? “Jujur kami sangat sibuk hari ini, saya berhasil ngobrol dengannya hanya setelah run pertama. Dia bilang dia merasa cukup baik. Saya telah mendengar beberapa komentar dari tim saya tentang beberapa poin yang sedang kami kerjakan. Saya tidak berpikir dia sangat tidak senang. Motor kami tidak buruk sama sekali. Kami masih memiliki beberapa hal yang harus dilakukan, tapi kita lihat saja nanti,” pungkas Brad Binder.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Subaru Catat Kenaikan Penjualan Mobilnya di Q1 2024

RiderTua.com - Meskipun Subaru kembali hadir di Indonesia, mereka telah menghadirkan sejumlah mobil disini. Dari SUV sampai mobil sport, semuanya…

17 Mei 2024

Mobil LCGC Daihatsu Tetap Memimpin Penjualan Bulan Lalu

RiderTua.com - Daihatsu dan beberapa merek mobil lainnya di Indonesia mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan pada April lalu. Beberapa…

17 Mei 2024

Mitsubishi Yakin Target Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Tercapai

RiderTua.com - Mitsubishi mengalami penurunan penjualan mobil yang cukup drastis di Indonesia pada bulan lalu. Tidak hanya mereka saja, banyak…

17 Mei 2024

Kawasaki Meguro K3 : Model Klasiknya Masih Dipertahankan, Harga Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Sejak tahun 1960-an, Kawasaki dan Meguro sudah lama menjalin kerja sama yang sampai sekarang pun juga masih merilis…

17 Mei 2024

Honda, Yamaha dan Aprilia Melakoni Tes di Mugello

RiderTua.com - Sesuai aturan konsesi yang baru, sebagai pabrikan yang menempati peringkat D Honda dan Yamaha memiliki kebebasan untuk melakukan…

17 Mei 2024

Subaru dan Kehadiran Merek Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil Subaru di Indonesia masih berjalan dengan bagus di tengah penurunan kondisi pasarnya pada April lalu. Sejauh…

17 Mei 2024