Categories: MotoGP

CryptoDATA Gantikan WithU, Sponsor Utama RNF

RiderTua.com – Tim RNF Racing Team milik Razlan Razali telah dua kali kehilangan sponsor utama dalam 13 bulan. Sejak GP Australia, CryptoDATA Tech telah menjadi co-sponsor pada motor RNF-Yamaha. Di GP Valencia, perusahaan ini akan dihadirkan sebagai sponsor utama baru menggantikan WithU dari tim satelit Aprilia dengan pembalap Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. CryptoDATA Tech adalah perusahaan yang berbasis di Rumania yang mengembangkan solusi perangkat keras dan perangkat lunak untuk keamanan IT berdasarkan teknologi blockchain.

Melalui mediasi departemen pemasaran Dorna, Razlan Razali melakukan kontak dengan manajer ‘CryptoDATA Tech’ pada bulan September, yang bertindak sebagai nama event GP Austria pada tahun 2022 dan kemudian juga menyetujui sebagai sponsor pribadi Jorge Martin (Pramac Ducati).

Tetapi pada tes hari Selasa (8 November) di Valencia, duo pembalap baru tidak akan menggunakan desain 2023 dan mungkin juga tidak memakai tulisan Aprilia karena kesepakatan Yamaha untuk 2022 tidak mengizinkannya.

Tim MotoGP WithU Yamaha RNF telah memasang iklan CryptoDATA Tech pada balapan seperti di Australia dan Malaysia. “Ini adalah awal dari kerja sama jangka panjang,” kata Razlan Razali.

Di GP Sepang, beberapa karyawan perusahaan terlihat hadir pada konferensi pers rider Pramac Ducati Jorge Martin yang meraih pole position. BTW, perusahaan WispR Communication milik CryptoDATA Tech, bertindak sebagai sponsor pembalap pabrikan Aprilia Aleix Espargaro.

Seperti diketahui, di GP Styria pada Agustus 2021, sebuah kabar mengejutkan bahwa perusahaan Petronas asal Malaysia mundur setelah 3 tahun menjadi sponsor utama tim satelit MotoGP Yamaha, yang meraih runner-up kejuaraan dunia 2020 bersama Franco Morbidelli. Dua pembalapnya, Morbidelli dan Fabio Quartararo berhasil meraih total 6 kemenangan MotoGP (hanya dalam 14 balapan).

Saat itu Razlan Razali memimpin tim balap sebagai kepala tim dan Sirkuit Sepang bertindak sebagai pemilik tim. Kemudian Razali mendirikan tim sendiri, menutup tim untuk kelas Moto3 dan Moto2 dan merekrut runner-up MotoGP tiga kali Andrea Dovizioso dan pembalap Moto3 Darryn Binder yang memiliki kontrak dengan Petronas-Sprinta, untuk tim barunya Yamaha RNF 2023.

Razali dengan cepat menemukan sponsor utama baru untuk 2022 yakni perusahaan energi asal Italia WithU, dan kontrak dengan bos perusahaan Matteo Ballarin disegel selama 3 tahun. Dovi harus menyelesaikan Kejuaraan Dunia di 3 besar atau setidaknya 5 besar dengan kontrak pabrikan Yamaha dan motor 2022.

Tetapi rider berusia 36 tahun itu tampil sangat mengecewakan, dan WithU sudah dalam masalah keuangan pada bulan April sebagai akibat dari krisis energi. Karena perusahaan ‘Energi Eropa’, yang juga milik Ballerin, tidak menghasilkan listrik apa pun, dia hanya menjualnya dan harga di bursa listrik melonjak tak terkira. Pemerintah di seluruh Eropa harus menyelamatkan perusahaan energi dengan miliaran euro dalam pembiayaan sementara.

Oleh karena itu, pada bulan September WithU memutuskan keluar dari tim RNF pada akhir musim. Tapi karena ada kontrak 3 tahun, sekarang giliran pengacara untuk menyelesaikannya. Pemodal asal Italia itu akan diminta membayar penalti karena keluar dari kesepakatan lebih awal.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024

Citroen C3 Aircross akan Dikirim ke Konsumen Bulan Depan

RiderTua.com - Citroen kini menghadirkan varian baru lainnya dari C3 di Indonesia, yaitu Aircross. Layaknya C5 Aircross yang sebelumnya dirilis,…

25 April 2024