Toyota Bakal Suntik Mati Innova Diesel?

RiderTua.com – Toyota disebutkan akan segera menghadirkan mobil hybrid rakitan lokal pertamanya di Indonesia. Kijang Innova disebut yang bakal mendapat varian ramah lingkungannya lebih dulu pada akhir tahun nanti. Namun Toyota juga diprediksi akan menghentikan produksi Innova Diesel. Gawatnya lagi, varian ini tidak diproduksi lagi mulai bulan depan.

Baca juga: Toyota Ingin GR Yaris Lebih Bertenaga Lagi?

Toyota akan Hentikan Produksi Innova Diesel

Selain model baru, Innova juga membutuhkan varian ramah lingkungan untuk dijual di Tanah Air. Sebelumnya Toyota sempat menampilkan Kijang Innova EV Concept di pameran IIMS 2022 akhir Maret lalu. Namun mereka lebih memilih untuk mengenalkan varian hibridanya, barulah versi listrik murninya bisa dipertimbangkan untuk diproduksi.

Dengan dihadirkannya varian hybrid ini, maka Innova akan menjadi mobil hybrid pertama Toyota yang dirakit lokal. Jelas karena selama ini mobil hibridanya selalu didatangkan dari Thailand atau Jepang. Namun ini juga berarti versi mesin diesel-nya harus dihentikan penjualannya.

(Motor1)

Innova EV?

Dari informasi yang beredar belakangan ini, Innova Diesel akan dihentikan produksinya mulai bulan depan. Jelas ini dilakukan agar Toyota dapat mempersiapkan model hibridanya sebelum dirilis akhir tahun nanti. Memang agak disayangkan, sebab Innova sudah lama dikenal dengan mesin diesel yang menjadi ciri khasnya.

Tapi apa boleh buat, Toyota tidak memiliki pilihan lain selain harus menyuntik mati varian dieselnya. Terlebih mesin jenis ini menghasilkan emisi lebih banyak ketimbang mesin bensin biasa, dan itu dapat berpengaruh pada harga jualnya. Mungkin ini terdengar masuk akal, sebab kini pajak mobil tidak lagi didasarkan pada kapasitas mesin atau jenis mobilnya, melainkan emisi yang dihasilkannya.

Walau demikian, masih tersisa beberapa minggu lagi sebelum Innova Diesel disebut akan disuntik mati bulan Oktober 2022. Jadi tak heran mengapa model ini mendapat diskon besar-besaran dari tenaga penjualnya.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: