Categories: MotoGP

Miguel Oliveira Menolak GASGAS, Tetap ke Aprilia

RiderTua.com – Miguel Oliveira dikabarkan telah menolak iming-iming kontrak berdurasi 3 tahun yang ditawarkan Tim GASGAS Tech3 (KTM). Rider asal Portugal itu telah mencapai kesepakatan dengan pabrikan Aprilia dan akan diperkenalkan sebagai pendatang baru pada hari Rabu mendatang. BTW, Oliveira yang empat kali finis ke-9 di Mugello, Catalunya, Sachsenring dan di Assen kemudian finis ke-6 di Silverstone dan ke-12 di Spielberg, menandatangani kontrak awal dengan Aprilia Racing pada bulan Juni lalu.

Saat itu, pembalap berusia 27 tahun itu memutuskan untuk ambil bagian di MotoGP 2023 bersama tim satelit WithU RNF Aprilia milik Razlan Razali yang baru. Pada 29 Mei di GP Mugello, dia memberi tahu kepala krunya Paul Trevathan dan tim teknisinya di Red Bull-KTM tentang perubahan merek yang direncanakan, dan 3 minggu kemudian dia menjelaskan secara terbuka di GP Sachsenring bahwa dia akan meninggalkan KTM.

Miguel Oliveira Menolak GASGAS Tech3 Tetap ke Aprilia

Pada hari Kamis di GP Jerman, ayah sekaligus manajernya Paulo Oliveira dan putranya Miguel melakukan pembicaraan awal dengan direktur balap Aprilia Massimo Rivola. Saat itu sudah ada pembicaraan kontrak dengan Gresini Ducati, setidaknya itu adalah keinginan  Gigi Dall’Igna dan Paolo Ciabatti selaku manajemen Ducati Corse.

Namun pemilik tim Gresini Nadia Padovani tidak mau membayar biaya yang diminta, karena Alex Marquez (dia berasal dari LCR-Honda) membeli mahar sebesar 1 juta euro (RP 14,7 miliar) dari Estrella Galicia untuk musim mendatang. Di Gresini, akhirnya adik Marc Marquez itu mengambil alih tempat Enea Bastianini yang setelah meraih tiga kemenangan MotoGP pindah ke Ducati Lenovo menggantikan Jack Miller.

Namun, Oliveira tetap menjadi stok yang paling dicari di bursa transfer MotoGP bahkan selama liburan musim panas, dengan semua tim dan pabrikan yang masih memiliki tempat yang tersedia untuk mengejar rider asal Portugal itu.

Stefan Pierer selaku CEO Pierer Mobility AG dengan merek KTM, GASGAS dan Husqvarna, tidak ingin melepaskan pemenang MotoGP empat kali itu ke kompetisi tanpa sepatah kata pun.

Pada Mei lalau, Oliveira sempat mendapat tawaran dari Pierer Group untuk beralih dari Red Bull KTM Factory Team ke Tech3, karena untuk 2 tahun ke depan Jack Miller (tiga pemenang MotoGP, peringkat 4 pada 2021) akan mengambil tempat bersama Brad Binder di tim Red Bull. Oliveira tidak mau menerima ‘penurunan’ ini, sehingga dia  mempertimbangkan tawaran dari pabrikan lain.

Namun, peringkat 10 dalam klasemen itu telah mengalami fase kelemahan setelah finis di tempat ke-5 di Assen 2021 dan belum mencapai hasil 10 besar dalam 10 balapan di trek kering hingga GP Portugal pada April 2022. Meskipun dia sempat sakit mulai Agustus 2021 karena mengalami cedera tangan yang berkepanjangan di FP1 GP Styria pada awal Agustus lalu.

Paling tidak karena peningkatan performa yang kuat sejak akhir Mei 2022, seminggu yang lalu Stefan Pierer mengajukan Oliveira (merayakan 16 kemenangan balap di tiga kelas dengan KTM dan dua kali menjadi runner-up di KTM) tawaran menggiurkan di Spielberg. “Saya menawarkan Miguel kontrak 3 tahun untuk Tim GASGAS Tech3,” ungkap Stefan Pierer di Austria.

Namun, Bos perusahaan asal Austria itu tidak terlalu berharap bahwa Paulo dan Miguel Oliveira akan berubah pikiran. “Saya tidak berpikir Miguel akan membalap bersama kami pada 2023 karena dia menandatangani letter of intent di Aprilia,” kata Pierer 8 hari lalu.

“Tapi kami meyakinkannya sebelum balapan di Spielberg bahwa, Tech3 akan menjadi tim pabrikan kedua yang nyata di masa depan. Dia tidak tahu itu ketika kami menawarinya pindah ke Tech3 pada bulan Mei. Jika dia tahu sebelumnya bagaimana tim Tech3 akan disusun di masa depan, dia mungkin akan tetap tinggal. Itu sedikit menyakitinya ketika kami lebih memilih Jack Miller di tim Red Bull. Tapi begitulah adanya. Jika dia menolak, ada lowongan di Tech3,” imbuhnya.

KTM Masih Menunggu Oliveira

Oliveira harus memutuskan sampai Jumat lalu. Dia dan ayah manajernya Paulo belum berkomentar untuk saat ini. Tim GASGAS Tech3 KTM dan Herve Poncharal juga tertutup.

Dikabarkan oleh media Jerman, Oliveira menolak tawaran Stefan Pierer tersebut. Aprilia Racing dan tim WithU-RNF akan berkomunikasi sebelum GP Misano bahwa tim satelit pada 2023 akan terdiri dari Miguel Oliveira dan Raul Fernandez (8 kemenangan Moto2 pada tahun 2021) dan akan dilengkapi dengan mesin RS GP22.

“Kami menginginkan seorang pembalap dengan pengalaman MotoGP di tim satelit yang masih baru, dan talenta muda yang menjanjikan mungkin,” kata Rivola dan Razali pada Juni lalu.

“Mungkin Miguel akan kembali kepada kami dalam 1 atau 2 tahun. Pintu masih terbuka untuknya,” kata Stefan Pierer.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Pedro Acosta : Tak Ada Pembalap KTM yang Berani Mengeluhkan Getaran Pada Motor?

RiderTua.com - Seperti pada seri sebelumnya, penampilan Pedro Acosta di Le Mans juga membuat kagum. Rookie tim GASGAS Tech3 itu…

17 Mei 2024

Subaru Catat Kenaikan Penjualan Mobilnya di Q1 2024

RiderTua.com - Meskipun Subaru kembali hadir di Indonesia, mereka telah menghadirkan sejumlah mobil disini. Dari SUV sampai mobil sport, semuanya…

17 Mei 2024

Mobil LCGC Daihatsu Tetap Memimpin Penjualan Bulan Lalu

RiderTua.com - Daihatsu dan beberapa merek mobil lainnya di Indonesia mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan pada April lalu. Beberapa…

17 Mei 2024

Mitsubishi Yakin Target Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Tercapai

RiderTua.com - Mitsubishi mengalami penurunan penjualan mobil yang cukup drastis di Indonesia pada bulan lalu. Tidak hanya mereka saja, banyak…

17 Mei 2024

Kawasaki Meguro K3 : Model Klasiknya Masih Dipertahankan, Harga Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Sejak tahun 1960-an, Kawasaki dan Meguro sudah lama menjalin kerja sama yang sampai sekarang pun juga masih merilis…

17 Mei 2024

Honda, Yamaha dan Aprilia Melakoni Tes di Mugello

RiderTua.com - Sesuai aturan konsesi yang baru, sebagai pabrikan yang menempati peringkat D Honda dan Yamaha memiliki kebebasan untuk melakukan…

17 Mei 2024