Ducati Enea Bastianini Punya Ekor ‘Pokemon’: Desmosaurus!

RiderTua.com – Untuk pertama kalinya Enea Bastianini muncul di Silverstone pada Jumat sore dengan sayap spoiler baru di Ducati GP21-nya, yang menurut pembalap asal Italia itu membuat motornya menjadi seperti Pokemon. “Mengendarai motor MotoGP selalu memicu emosi yang luar biasa, motor ini benar-benar kuat,” ujar pembalap yang disapa Bestia itu. Sebelum jeda musim panas, rider Gresini Racing itu mengalami beberapa kali kesulitan.  Dan pada latihan bebas hari Jumat di Silverstone, pembalap berusia 24 tahun itu menempati posisi ke-8 di timesheets gabungan.

Ducati ‘Pokemon’ Desmosaurus!

Lebih lanjut Bestia mengatakan, “Sesi pertama sulit tetapi berguna untuk kembali ke motor dan menemukan feelingnya. Kemudian di FP2 saya mencoba lebih menekan. Perburuan waktu berjalan cukup baik, saya cukup puas. Kami belum mencapai 100 persen, tetapi saya bisa mengatakan bahwa kami telah membuat langkah yang bagus dibandingkan dengan akhir paruh pertama musim ini.”

“Hal positifnya adalah, tampaknya saya telah mendapatkan kembali feeling saya di depan. Roda belakang masih agak goyah saat keluar dari tikungan, jadi kami harus memperbaikinya. Tapi saya tentu harus mengambil langkah lain ketika memilih trek. Sejauh ini saya senang,” imbuhnya.

Terlepas dari hasilnya, banyak mata tertuju pada Bastianini di FP2 Jumat sore. Karena dalam hal aerodinamika, pabrikan asal Borgo Panigale-Italia itu selalu berinovasi. Aprilia untuk pertama kalinya menguji spoiler belakang di Mugello pada akhir Mei, yang mengingatkan pada sayap belakang Formula 1 yang kecil. Setelah liburan musim panas, kini Ducati memasang sayap samping di belakang jok Desmosedici milik Bastianini dan Jorge Martin.

Seperti setiap terobosan aerodinamis, produk baru ini banyak dibicarakan di paddock. Beberapa pengamat mengatakan bentuknya menyerupai layang-layang. Rider Yamaha Fabio Quartararo berkata, “Ini terlihat seperti Fast & Furious.”

Bastianini sendiri sambil tersenyum mengatakan, “Saya melihat foto-fotonya, itu terlihat seperti Pokemon. Itu bagus, saya suka desainnya. Ketika saya pertama kali melihat sayapnya, reaksi saya adalah, ‘Wow.’ Itu hanya membuat lebih sulit untuk naik motor, setelah itu tidak buruk.”

Bagaimana feeling Pokemon GP21 saat membalap? “Perasaannya bagus untuk saat ini. Besok kami harus mengujinya dengan lebih baik dan membandingkannya dengan versi normal. Penting untuk memahami apakah itu lebih baik atau tidak. Tapi kesan pertama saya bagus, terutama di rem lebih stabil. Sepertinya tidak buruk untuk kecepatannya juga,” jawab Bestia.

Jika dipastikan pada hari Sabtu bahwa catatan waktu dan feeling lebih baik dengan sayap baru, Bestia tidak akan mengesampingkan alat itu untuk ikut race hari Minggu.

BTW, Jorge Martin belum ingin membuat penilaian. Tetapi rider muda Pramac itu mengungkapkan, “Rasanya sedikit lebih sulit dalam perubahan arah dan sedikit lebih baik di lintasan lurus. Pada akhirnya ini adalah tentang kompromi, kami masih harus menganalisis apakah lebih baik dengan atau tanpa sayap.”

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page