Pemilik KymiRing Bangkrut?

RiderTua.com – Pada tahun 2020, 2021 dan 2022, operator KymiRing harus membatalkan kejuaraan dunia balap motor di Finlandia. Penyebab utamanya dikatakan sebuah media Jerman karena kekurangan dana. Penghentian konstruksi berulang kali harus memaksa menunda proyek, bahkan 2 bulan sebelum balapan digelar pada 10 Juli 2022, paddock, akses jalan dan jalur ambulans belum diaspal. Itu sebabnya Dorna, FIM dan IRTA membatalkan GP Finlandia pertama setelah 40 tahun. Kini seperti yang sudah diperkirakan, lintasan balap itu dikabarkan mengalami kebangkrutan. Diperkirakan pada 2023 hanya akan ada 20 seri lagi.. Bagaimana kalau Indonesia punya dua sirkuit MotoGP, seperti Spanyol yang lebih dari satu.. 😁

Pemilik KymiRing Bangkrut?

Semua pekerjaan konstruksi yang diperlukan harus selesai pada 20 September, kemudian KymiRing bisa dimasukkan dalam kalender GP untuk 2023. Tapi itu tidak akan terjadi lagi karena pemiliknya telah mengalami kebangkrutan. Dengan itu, harapan menggelar balap bergengsi Formula 1 pun pupus, karena Finlandia juga memimpikan balapan kandang bersama Valtteri Bottas.

Sekarang menjadi jelas bahwa, trek balap sepanjang 4,6 km yang dibangun di dekat Iitti atau sekitar 110 km timur laut Helsinki itu mungkin tidak akan pernah menjadi tuan rumah balapan kejuaraan dunia. GP Motocross pada Agustus mendatang juga akan menjadi korban kebangkrutan. Namun tes MotoGP sempat berlangsung di lokasi konstruksi pada Agustus 2019 dengan semua tes rider dari Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, KTM dan Aprilia.

Kisah sedih trek balap Skandinavia yang diidam-idamkan para operator bermata biru menggelar GP sepeda motor sejak 2018 silam, kini telah mendapat giliran yang tak lagi mengejutkan siapa pun, karena tak hanya subsidi kontroversial dari pemerintah otoritas lokal dan perusahaan yang terkait dengan mereka, yang muncul dalam kondisi yang tidak jelas.

Surat kabar harian Iltalehti melaporkan bahwa perusahaan konstruksi Maanrakennus Pekka Rautiainen ky dan Macra oy mengajukan laporan kebangkrutan terhadap KymiRing di Pengadilan Distrik Paijat-Häme pada Selasa (28 Juni).

Menurut aplikasi, kreditur telah membuat klaim terhadap KymiRing dalam jumlah sekitar EUR 370.000 (Rp 5,7 miliar) dan EUR 264.000 (Rp 4 miliar). Kedua kreditur mengajukan klaim mereka melalui perintah pembayaran tertanggal 13 Juni, tetapi pemilik KymiRing tidak dapat membayar hutangnya.

Riku Ronnholm selaku CEO fasilitas KymiRing pada hari Rabu mengumumkan bahwa dia belum menerima aplikasi kebangkrutan. Oleh karena itu, Ronnholm tidak ingin membuat pernyataan lebih lanjut. Sementara itu, kebangkrutan trek balap telah dilaporkan di radio Finlandia.

Dengan proyek KymiRing, sekitar 30 juta euro (Rp 466 miliar) untuk biaya konstruksi tenggelam, operator menerima subsidi 6,5 juta euro (Rp 101 miliar) dari kas negara dan benar-benar mengacaukannya.

Untuk promosi acara MotoGP yang dibatalkan, manajer KymiRing juga menerima sekitar 500.000 euro (Rp 7,7 miliar) dari Lahti Events Oy, yang 100 persen sahamnya dimiliki oleh kota Lahti ikut tergelincir jauh ke zona merah sebagai akibat dari kesepakatan ini.

Berapa banyak tiket untuk GP Finlandia pada 10 Juli yang telah terjual, dan apakah penonton akan mendapatkan uang mereka kembali? Kebetulan, tiket untuk 3 hari paling mahal berharga 379 euro (Rp 5,8 juta).

Kebangkrutan ini berarti, pada 2023 hanya akan ada 20 balap motor lagi, Finlandia akan dibatalkan dan sejauh ini tidak ada kandidat serius lainnya. Bagaimana kalau Indonesia punya dua sirkuit MotoGP, seperti Spanyol yang lebih dari satu..

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page