Aki Soak, Penyebab Motor Yamaha Toprak Razgatlioglu Mogok!

RiderTua.com – Juara Dunia Superbike Toprak Razgatlioglu kembali nirpoin alias mengalami nol poin keduanya musim ini di balapan pertama (race-1) Misano, kali ini motor Yamaha R1 nya mogok. Toprak Razgatlioglu memulai balapan Misano di lap pertama dengan ganas dari posisi starting grid p-2 dan, seperti biasa, secara agresif dan spektakuler melesat di depan 25 orang di depan Jonathan Rea (Kawasaki) dan Alvaro Bautista (Ducati). Dari lap 4 hingga 14 pembalap Turki itu berada di posisi ketiga, lalu Yamaha-nya mogok..

Dan ternyata ada konektor listrik yang lepas, baterai R1 tidak dapat diisi lagi, benar-benar habis dan akhirnya mesin mati. Mesin balap superbike dirancang sedemikian rupa sehingga elektronik hanya berfungsi selama ditenagai oleh battery…. walah ngono to cak, karena baterai atau aki soak..! ( Soak adalah kata serapan dari bahasa Belanda: zwak yang artinya lemah atau tidak kuat lagi, dalam hal ini baterai atau aki)..

(Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..! baca: terms-of-service-Copyright)

Toprak Razgatlioglu
Toprak Razgatlioglu

Juara dunia yang kecewa itu kemudian membatalkan semua wawancara media. Hanya promotor Dorna yang mendapat wawancara video singkat dan hanya terbatas media yang diundang secara khusus ke hospitality Yamaha untuk pertemuan pribadi.

“Pertama mesinnya salah pengapian, lalu mati… Hal pertama yang terlintas di kepala saya adalah ‘terjadi lagi’. Tahun lalu saya mengalami kegagalan di mana rasanya sama. Tapi bukan berarti aku jahat. Saya jauh lebih kesal karena saya tidak merasa baik di atas motor seperti yang saya lakukan tahun lalu. Saya selalu memiliki tempat pertama dalam pikiran, tetapi di sini saya hanya bisa berjuang untuk tempat podium. Tahun lalu saya sangat kuat di trek ini, tahun ini tidak seperti itu. Itu mengganggu saya. Saya harus mengerem lebih awal dari biasanya sebelum setiap tikungan karena motor tidak bisa diperlambat. Itu adalah masalah besar.”

Baterai /aki Yamaha YZF- R1
Baterai /aki Yamaha YZF- R1

Toprak belum memenangkan balapan tahun ini dan sudah 77 poin di belakang pemimpin klasemen Bautista… “Kami tidak memulai musim dengan baik.. Kami tidak beruntung tahun ini. Saya tidak memikirkan tentang klasemen keseluruhan lagi, saat ini sepertinya sudah berakhir bagi saya. Yang bisa saya lakukan adalah mencoba memenangkan balapan. Tapi motornya tidak terasa seperti itu. itu terjadi tahun lalu, saya tidak bisa menikmati mengendarainya dan saya tidak bisa mengendarai dengan gaya saya. Itu mengejutkan saya,” tambahnya..

Sulit menang

Toprak menyimpulkan… “Motornya harus menjadi lebih baik. Jika kita bisa melakukan itu, segala sesuatu yang lain akan mudah bagi kita. Saya selalu mencoba yang terbaik, tetapi saya juga membutuhkan motor yang bagus. Motor adalah kata yang salah, Yamaha adalah motor yang bagus. Yang saya maksud adalah suara yang bagus. Tahun lalu saya menyatu dengan motor, itu ‘motor saya’. Kami telah meningkatkan motor untuk tahun ini, itu benar. Tapi saya tidak senang dengan beberapa area. Oleh karena itu kami akan mengubah beberapa bagian”. (Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..! baca: terms-of-service-Copyright)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page