Fabio Quartararo: Benar-benar Buruk

RiderTua.com – Sehari setelah pengumuman perpanjangan kontraknya dengan Yamaha, Fabio Quartararo menyelesaikan latihan bebas hari pertama GP Catalunya di posisi ke-9, kalah 1 detik dari pembalap tercepat Aleix Espargaro (Aprilia). Mengenai kondisi grip yang rendah di Circuit de Barcelona-Catalunya, pembalap MotoGP asal Prancis itu mengatakan, “Kondisi gripnya sangat buruk. Tentu saja, ada motor yang bisa beradaptasi lebih baik dengan kondisi ini. Tapi kondisi treknya benar-benar buruk. Ketika kita memakai ban baru, kita harus meningkat secara signifikan apakah itu dalam kondisi dingin atau panas.”

Fabio Quartararo: Benar-benar Buruk

Namun pembalap pabrikan Yamaha itu menilai, kondisi di FP3 pada Sabtu pagi akan lebih akomodatif dengan banyaknya abrasi karet di lintasan. “Ya, kami berharap begitu. Karena kami tahu bahwa kami punya masalah dengan tingkat grip yang rendah, sementara Aprilia sangat cepat, seperti di Argentina. Kami mengalami masalah. Kecepatan saya juga 0,6 atau 0,7 detik lebih lambat dari Aleix,” ungkap Fabio merujuk pada Aleix Espargaro yang menjadi pembalap tercepat pada hari itu.

“Pada pemanasan ini kita bisa merasakan apakah kita lambat atau tidak. Saya merasa lambat, tetapi pada saat yang sama saya merasa tidak bisa lebih cepat lagi. Di tikungan 3, 4 dan 9 saya membuka throttle dan kesulitan dengan roda yang mengalami spin. Kemudian kita harus mengendalikannya. Balapan saya sangat bagus, tapi saya sangat lambat,” imbuh Juara Dunia 2021 itu.

“Ini adalah trek di mana kita harus menunggu lama. Ini semua tentang grip dan saya tidak bisa lebih baik dalam mengejar waktu, karena saya tidak punya grip lebih. Saya kesulitan saat menarik gas. Kalah 0,1 detik di sini, 0,1 detik di sana dan pada akhirnya kalah hampir 1 detik dari Aleix Espargaro,” imbuh rider asal Nice-Prancis itu.

El Diablo menambahkan, “Tapi kami tahu bahwa, kita selalu punya cengkeraman yang lebih baik di trek ini karena semakin banyak abrasi di trek. Saya harap gripnya akan meningkat seiring berjalannya akhir pekan. Seharusnya tidak hujan dan ada lebih banyak abrasi setiap hari. Saya berharap kami dapat meningkatkan kecepatan kami secara besar-besaran pada hari Minggu. Karena saat ini saya pikir hanya Aleix yang bisa punya kecepatan yang sangat cepat. Dia 0,5 detik lebih cepat.”

Apakah Quartararo juga khawatir tentang keausan ban, mengingat balapan 24 lap pada hari Minggu? “Ini tidak seperti keausan ban meningkat saat kita berputar. Masalahnya saat ini adalah kami lambat dan bannya menurun. Keausan tidak membuat saya khawatir. Saya lebih khawatir karena saya merasa lambat. Saya pikir banyak pembalap akan mengatakan hal yang sama. Sangat sulit untuk melihat potensi kita ketika kondisi trek sangat buruk,” pungkas Quartararo.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page